Manfaatkan Ekonomi Digital Untuk Turunkan Gini Ratio

Penulis Teguh Suyudi

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan saat ini negara-negara G20 yang memiliki ekonomi terbesar di dunia tengah berupaya untuk mengoptimasikan ekonomi digital untuk mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial atau gini ratio.

Rudiantara memaparkan tiga kunci untuk mendorong ekonomi digital. Pertama, sharing ekonomi dengan mengembangkan UMKM yang telah dilakukan beberapa start up. Ketika setiap orang yang memiliki akses telepon seluler bisa dengan mudah memanfaatkan teknologi digital untuk memberikan nilai tambah bagi usaha ekonomi.

Kedua adalah workforce digitalization yaitu melalui digital ekonomi dapat membuka lapangan pekerjaan masyarakat.

Terakhir, kata Rudiantara, adalah mempercepat inklusi keuangan agar masyarakat memiliki akses penuh ke lembaga finansial.

https://www.itech.id/wp-content/uploads/2018/08/Ledakan-Ekonomi-Digital.png

Ledakan Ekonomi Digital di Indonesia (Wearesocial, 2018)

“Tinggal bagaimana caranya memanfaatkan kanal, artinya jumlah pengguna handphone di Indonesia ada 128 juta, namun tidak lebih dari 100 juta masyarakat punya rekening di bank, ada 80 sampai 90 juta kanal yang bisa dimanfaatkan agar masyarakat Indonesia mendapatkan akses keuangan dalam bentuk apapun,” ungkap Rudiantara di Jakarta, (27/8).

Rudiantara menyampaikan, Indonesia perlu melakukan antisipasi untuk memposisikan diri terkait adanya pembahasan di beberapa negara-negara G20 yang akan mendorong sistem digital currency berbasis pembayaran bitcoin.

Baca juga:

Datacomm Dan Aliansi Partner Luncurkan Solusi Core Digital Terpadu

BACA JUGA

Leave a Comment