ItWorks
  • Home
  • TOP Digital Awards
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • TIK Talks
  • More
    • Expert
    • ICT Profile
    • Fintech
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto
No Result
View All Result
  • Home
  • TOP Digital Awards
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • TIK Talks
  • More
    • Expert
    • ICT Profile
    • Fintech
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto
No Result
View All Result
ItWorks
No Result
View All Result

Mengenal Tasia, Asisten Virtual 24 Jam Dari Auto2000

Teguh Imam Suyudi
15 February 2019 | 13:00
rubrik: Digital
Mengenal Tasia, Asisten Virtual 24 Jam Dari Auto2000

Jajaran Manajemen Auto2000 bersama perwakilan Front Liner, Jakarta (14/2) (Foto: Auto2000)

Share on FacebookShare on Twitter

Auto2000 baru saja memperkenalkan Tasia yaitu chatbot ‘seorang’ asisten virtual 24 jam bagi pelanggan. Menurut Martogi Siahaan, Chief Executive Auto2000, Tasia akan berperan sebagai customer care yang menyapa para pelanggan yang mengakses dengan sapaan ‘Auto Family’.

Fitur Yang Dimiliki Tasia

Pertama, pembelian kendaraan yang meliputi info katalog, harga mobil, hingga pencarian tipe kendaraan yang cocok untuk konsumen.

Kedua, booking service dimana pelanggan Auto2000 dapat melakukan pemesanan servis berkala atau perbaikan kendaraan Toyota via Tasia, untuk dikerjakan di bengkel resmi Auto2000 atau mengorder layanan THS – Auto2000 Home Service;

Ketiga, fitur tracking status servis dan pembelian mobil. Dimana pelanggan dapat mengecek langsung proses pembelian kendaraannya atau proses servis mobilnya di bengkel.

Keempat, fitur info kredit untuk informasi persyaratan kredit dan perhitungan simulasi kredit.

Kelima, Frequently Asked Question (FAQ).

Keenam, informasi lokasi cabang/bengkel resmi Auto2000 terdekat, serta informasi lain seputar produk dan servis Auto2000.

Tasia, Chatbot Otomotif Pertama di Indonesia Dari Auto2000

Cara ‘Ngobrol’ Dengan Tasia

Tasia, chatbot dari Auto2000

Untuk chating dengan Tasia, kita hanya perlu membuka browser dan masuk ke halaman auto2000.co.id. Temukan widget berwarna biru muda di pojok kanan bawah, kemudian tap/klik, dan Tasia akan menyapa pelanggan menggunakan Bahasa Indonesia.

Tasia juga sudah tersedia di WhatsApp 0822-8980-2000, namun untuk saat ini baru bisa membantu melakukan booking service. Tak perlu khawatir karena semua data pemilik mobil Toyota akan dijaga kerahasiaannya dan hanya akan dipergunakan untuk keperluan transaksi Auto2000 yang dipilih oleh konsumen.

Tasia di WhatsApp

Contoh Obrolan Dengan Tasia

Kita hanya perlu mengajak ngobrol Tasia dengan menulis “mau servis dong” atau pilih menu Booking Service yang ada di menu utama chatbox Tasia. Setelah itu kita bisa memilih opsi booking service di bengkel atau order layanan THS – Auto2000 Home Service.

BACA JUGA:  Menkominfo Dorong Pemanfaatan Kecerdasan Buatan untuk Layanan Pemerintah

Lalu, Tasia akan mengajak kita ‘berkenalan’ dengan meminta nama dan data diri untuk kebutuhan identifikasi servis. Ikuti petunjuk yang Tasia berikan hingga kita mendapat bukti reservasi booking service, dan selanjutnya akan dihubungi petugas bengkel/THS.

Bila kita ingin beli mobil Toyota dan ingin melakukan simulasi kredit, kita dapat mengajak ngobrol Tasia. Contohnya dengan menulis: “saya mau beli (tulis model mobil Toyota yang diinginkan)”, dan selanjutnya ikuti petunjuk yang Tasia berikan. Setelah katalog kendaraan muncul, pilih menu lainnya pada tipe kendaraan pilih. Lanjutkan dengan pilih menu Credit Simulation dan ikuti petunjuk Tasia berikutnya hingga kita mendapat simulasi harga rujukan, jumlah uang muka atau down payment (DP), serta estimasi jumlah cicilan perbulan.

Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan, Tasia secara instan akan menjawab pertanyaan kita secara langsung. Tasia akan membaca chat atau mengetik jawaban atas pertanyaan kita.

Namun, perlu diingat bahwa ‘usia’ Tasia masih belia sehingga bisa saja ia menjawab “Mohon maaf, Tasia belum mengerti?” terhadap pertanyaan yang kita ajukan

Jangan kuatir karena ke depannya menggunakan artificial intelligent yang terus diperkaya dengan berbagai informasi, Tasia akan bisa menjawab seluruh kebutuhan konsumen Auto2000.

Pengembangan Tasia ke Depan

Saat ini fitur Tasia yang lebih lengkap sedang dipersiapkan di WhatsApp, termasuk dalam aplikasi Auto2000 Mobile. Serta akan dikembangkan di kanal social media atau platform layanan digital Auto2000 lainnya.

Berdasarkan penelusuran yang dilakukan redaksi It Works, chatbot Tasia dibangun menggunakan platform dari dalam negeri yaitu InMotion.

Platform chatbot yang dikembangkan InMotion dikenal dengan brand 3Dolphins.

3Dolphins berbasiskan AI (Artificial Intelligence) dengan segala kemampuannya seperti Natural Language Processing (NLP) dan Machine Learning. Pendekatan ini memungkinkan bisnis memiliki chatbot yang lebih luwes, sesuai karakter orang Indonesia yang gemar chatting, sambil mempertahankan fungsi utamanya melayani customer.

BACA JUGA:  Akselerasi Pasar Asia Tenggara, Qiscus Umumkan Transformasi AI

3Dolphins terdiri dari 2 solusi yaitu: Social CRM, berupa omni channel contact center, dan ChatBot, yang menggunakan Artificial Intelligence.

Saat ini, kedua solusi ini telah dapat digunakan di 16 platform: Email, SMS, WhatsApp, Telegram, Blackberry Messenger, Facebook, Facebook Messenger, Instagram, Twitter, LINE, Skype, Microsoft Team, YouTube, Web Live Chat, Mobile Live Chat, dan Customer Walk-In.

 

Tags: 3Dolphinsauto2000ChatbotInMotiontasia
Previous Post

3 Alasan Smartphone Rentan Terhadap Serangan Siber

Next Post

Penyedia layanan transportasi online asal Cina, Didi, memberhentikan 15% tenaga kerjanya

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TOP DIGITAL AWARDS

TOP Digital Awards 2025: Kata.ai Perkuat Layanan Digital Berbasis AI Dorong Transformasi Bisnis di Indonesia

TOP Digital Awards 2025: Kata.ai Perkuat Layanan Digital Berbasis AI Dorong Transformasi Bisnis di Indonesia

Albarsah
13 November 2025 | 13:45

TOP Digital Awards 2025: Digitalisasi Tingkatkan Kinerja dan Performa Patra Jasa

TOP Digital Awards 2025: Digitalisasi Tingkatkan Kinerja dan Performa Patra Jasa

Albarsah
13 November 2025 | 11:31

blibli-pelopor-keamanan-ecommerce

TOP Digital Awards 2025: Blibli Pelopor Keamanan Industri E-Commerce

Mi’roji
13 November 2025 | 10:00

TOP Digital Award 2025: Berkat Digitalisasi Layanan Publik Kota Madiun Efisien dan Transparan

TOP Digital Award 2025: Berkat Digitalisasi Layanan Publik Kota Madiun Efisien dan Transparan

Abi Abdul Jabbar Sidik
12 November 2025 | 23:13

TOP Digital Awards 2025: Bank BPD Kalbar Tingkatkan Alokasi Biaya Kejar Digital Banking

TOP Digital Awards 2025: Bank BPD Kalbar Tingkatkan Alokasi Biaya Kejar Digital Banking

Ahmad Churi
12 November 2025 | 23:06

Load More

TERPOPULER

  • Amar Bank: “Layanan Bank Digital Bukan Hanya untuk Menambah Jumlah Nasabah, yang Terpenting untuk Edukasi Keuangan”

    Amar Bank: “Layanan Bank Digital Bukan Hanya untuk Menambah Jumlah Nasabah, yang Terpenting untuk Edukasi Keuangan”

    1 shares
    Share 0 Tweet 0
  • TOP Digital Awards 2025: BAZNAS RI Tunjukkan Keunggulan Transformasi Digital yang Layak Ditiru

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • TOP Digital Awards 2025: Digitalisasi Tingkatkan Kinerja dan Performa Patra Jasa

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • TOP Digital Awards 2025: Kata.ai Perkuat Layanan Digital Berbasis AI Dorong Transformasi Bisnis di Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Dukung Beban Kerja Agentic AI Terdistribusi, Cisco Luncurkan Platform Unified Edge Baru

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
iklan bni
cover it works
cover it works

ICT PROFILE

andris-masengi-outsystens-indonesia

Andris Masengi Pimpin OutSystems Indonesia, Dorong Inovasi Low-Code Berbasis AI

Teguh Imam Suyudi
1 November 2025 | 17:00

OutSystems, pemimpin global dalam platform pengembangan low-code berbasis AI, resmi menunjuk Andris Masengi sebagai Country Leader untuk Indonesia. Langkah ini...

Waspada Titik Wi-fi Publik Piala Dunia 2018 Punya Masalah Keamanan

Kaspersky Tunjuk Simon Tung Pimpin Wilayah ASEAN

Ahmad Churi
22 October 2025 | 10:03

ItWorks- Kaspersky, perusahaan keamanan siber dan privasi digital global, mengumumkan penunjukan Simon Tung sebagai General Manager baru untuk ASEAN (Perhimpunan...

EXPERT

Cloudera Akuisisi Taikun, Cloudera Hadirkan Pengalaman Cloud untuk AI di Mana Pun

Perlindungan Data Dimulai dengan Visibilitas dan Kontrol

Fauzi
23 October 2025 | 13:14

Oleh: Carolyn Duby, Field CTO and Cyber Security GTM Lead, Cloudera Seiring maraknya AI membuat peningkatan baik volume maupun value...

Zebra Dukung Sektor Manufaktur Indonesia Genjot Produktivitas dan Pangsa Pasar

Berapa Banyak Perusahaan Pengiriman Paket yang Melewatkan Fitur AI dan Keamanan

Fauzi
13 October 2025 | 16:30

Oleh: Eric Ananda, Country Lead Indonesia, Zebra Technologies Pada Maret tahun ini, sebuah layanan pos milik negara mengumumkan penghentian semua...

TIK TALKS

Stephanus Oscar – Data Center dengan Kapasitas 6 Megawatt di Jakarta | It Works Podcast #5

Stephanus Oscar – Data Center dengan Kapasitas 6 Megawatt di Jakarta | It Works Podcast #5

redaksi
16 August 2022 | 15:30

Di masa akan datang banyak aplikasi yang akan membutuhkan low latency connectivity. Lalu apa kaitannya dengan Edge DC yang hadir...

Edward Samual – Memproses Data dari Hulu Sampai Hilir | It Works Podcast #4

Edward Samual – Memproses Data dari Hulu Sampai Hilir | It Works Podcast #4

redaksi
15 August 2022 | 12:30

Bagaimana cara mengolah Big Data sehingga dapat divisualisasikan, serta bagaimana dapat melakukan analitik dan dapat memprediksikan apa yang harus dilakukan...

  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Email

Itworks - Inspire Great & Telco for Business Performance | All Rights Reserved

  • Home
  • TOP Digital Awards
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • TIK Talks
  • More
    • Expert
    • ICT Profile
    • Fintech
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto