Auto2000 baru saja memperkenalkan Tasia yaitu chatbot ‘seorang’ asisten virtual 24 jam bagi pelanggan. Menurut Martogi Siahaan, Chief Executive Auto2000, Tasia akan berperan sebagai customer care yang menyapa para pelanggan yang mengakses dengan sapaan ‘Auto Family’.
Fitur Yang Dimiliki Tasia
Pertama, pembelian kendaraan yang meliputi info katalog, harga mobil, hingga pencarian tipe kendaraan yang cocok untuk konsumen.
Kedua, booking service dimana pelanggan Auto2000 dapat melakukan pemesanan servis berkala atau perbaikan kendaraan Toyota via Tasia, untuk dikerjakan di bengkel resmi Auto2000 atau mengorder layanan THS – Auto2000 Home Service;
Ketiga, fitur tracking status servis dan pembelian mobil. Dimana pelanggan dapat mengecek langsung proses pembelian kendaraannya atau proses servis mobilnya di bengkel.
Keempat, fitur info kredit untuk informasi persyaratan kredit dan perhitungan simulasi kredit.
Kelima, Frequently Asked Question (FAQ).
Keenam, informasi lokasi cabang/bengkel resmi Auto2000 terdekat, serta informasi lain seputar produk dan servis Auto2000.
Tasia, Chatbot Otomotif Pertama di Indonesia Dari Auto2000
Cara ‘Ngobrol’ Dengan Tasia

Untuk chating dengan Tasia, kita hanya perlu membuka browser dan masuk ke halaman auto2000.co.id. Temukan widget berwarna biru muda di pojok kanan bawah, kemudian tap/klik, dan Tasia akan menyapa pelanggan menggunakan Bahasa Indonesia.
Tasia juga sudah tersedia di WhatsApp 0822-8980-2000, namun untuk saat ini baru bisa membantu melakukan booking service. Tak perlu khawatir karena semua data pemilik mobil Toyota akan dijaga kerahasiaannya dan hanya akan dipergunakan untuk keperluan transaksi Auto2000 yang dipilih oleh konsumen.

Contoh Obrolan Dengan Tasia
Kita hanya perlu mengajak ngobrol Tasia dengan menulis “mau servis dong” atau pilih menu Booking Service yang ada di menu utama chatbox Tasia. Setelah itu kita bisa memilih opsi booking service di bengkel atau order layanan THS – Auto2000 Home Service.
Lalu, Tasia akan mengajak kita ‘berkenalan’ dengan meminta nama dan data diri untuk kebutuhan identifikasi servis. Ikuti petunjuk yang Tasia berikan hingga kita mendapat bukti reservasi booking service, dan selanjutnya akan dihubungi petugas bengkel/THS.
Bila kita ingin beli mobil Toyota dan ingin melakukan simulasi kredit, kita dapat mengajak ngobrol Tasia. Contohnya dengan menulis: “saya mau beli (tulis model mobil Toyota yang diinginkan)”, dan selanjutnya ikuti petunjuk yang Tasia berikan. Setelah katalog kendaraan muncul, pilih menu lainnya pada tipe kendaraan pilih. Lanjutkan dengan pilih menu Credit Simulation dan ikuti petunjuk Tasia berikutnya hingga kita mendapat simulasi harga rujukan, jumlah uang muka atau down payment (DP), serta estimasi jumlah cicilan perbulan.
Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan, Tasia secara instan akan menjawab pertanyaan kita secara langsung. Tasia akan membaca chat atau mengetik jawaban atas pertanyaan kita.
Namun, perlu diingat bahwa ‘usia’ Tasia masih belia sehingga bisa saja ia menjawab “Mohon maaf, Tasia belum mengerti?” terhadap pertanyaan yang kita ajukan
Jangan kuatir karena ke depannya menggunakan artificial intelligent yang terus diperkaya dengan berbagai informasi, Tasia akan bisa menjawab seluruh kebutuhan konsumen Auto2000.
Pengembangan Tasia ke Depan
Saat ini fitur Tasia yang lebih lengkap sedang dipersiapkan di WhatsApp, termasuk dalam aplikasi Auto2000 Mobile. Serta akan dikembangkan di kanal social media atau platform layanan digital Auto2000 lainnya.
Berdasarkan penelusuran yang dilakukan redaksi It Works, chatbot Tasia dibangun menggunakan platform dari dalam negeri yaitu InMotion.
Platform chatbot yang dikembangkan InMotion dikenal dengan brand 3Dolphins.
3Dolphins berbasiskan AI (Artificial Intelligence) dengan segala kemampuannya seperti Natural Language Processing (NLP) dan Machine Learning. Pendekatan ini memungkinkan bisnis memiliki chatbot yang lebih luwes, sesuai karakter orang Indonesia yang gemar chatting, sambil mempertahankan fungsi utamanya melayani customer.
3Dolphins terdiri dari 2 solusi yaitu: Social CRM, berupa omni channel contact center, dan ChatBot, yang menggunakan Artificial Intelligence.
Saat ini, kedua solusi ini telah dapat digunakan di 16 platform: Email, SMS, WhatsApp, Telegram, Blackberry Messenger, Facebook, Facebook Messenger, Instagram, Twitter, LINE, Skype, Microsoft Team, YouTube, Web Live Chat, Mobile Live Chat, dan Customer Walk-In.














