Peran data center sebagai infrastruktur vital yang mendukung proses bisnis operasional data perusahaan menuntut kita harus cermat dalam menentukan penyedia layanan data center yang tepat dan dapat diandalkan.
CEO Telkomsigma, Iskriono Windiarjanto menjelaskan, “Layanan Data Center harus diserahkan kepada provider dengan track-record terbaik dari segi aspek ketahanan dan keamanan layanan yang dikelola secara best practice, dan mengacu pada standar internasional.”
Jika melihat kacamata konsumen, mereka tentu tidak peduli apa itu server down, gangguan teknis dan sebagainya, mereka berprinsip dan berharap bahwa layanan yang disediakan perusahaan dapat diperoleh secara real-time dan kapanpun mereka inginkan secara Always ON.
“Dengan adanya tiga data center enterprise yang berada di Serpong, Sentul, dan Surabaya, Telkomsigma dapat menyediakan layanan data center yang bersifat “Always On”. Layanan Data center Telkomsigma dirancang dengan mengacu pada standar internasional Uptime Institute Tier III dan Tier IV, berikut didukung konektivitas dari Telkom Indonesia dengan cakupan yang sangat besar,” kata Iskriono Windiarjanto.
Untuk kebutuhan pelanggan SME, Telkomsigma menyediakan layanan data center di 12 kota yang tersebar di Indonesia, yaitu Jakarta, Serpong, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Batam, Medan, Bali, Balikpapan, Makassar, dan Manado. Lokasi data center Telkomsigma dipastikan akan terus bertambah seiring meningkatnya kebutuhan solusi ICT di industri 4.0 dan juga untuk mendukung teknologi Edge Computing.
Di level Asia Tenggara, Telkomsigma juga telah memperoleh pengakuan dari lembaga sertifikasi internasional, Uptime Institute, sebagai Data Center yang pertama menerima Sertifikat Tier III OPERATIONS dengan Peringkat GOLD. Sertifikasi ini memperkuat kemampuan Data Center Telkomsigma untuk menghindari kesalahan, menjaga fungsionalitas TI, dan mendukung operasional yang efektif. Proses Sertifikasi Tier memastikan operasional selaras dengan tujuan bisnis organisasi, ekspektasi availability.
Selain itu, keberhasilan Data Center Telkomsigma Surabaya tahun ini dalam melalui proses audit Tier Certification of Constructed Facility (TCCF) dari Uptime Institute, akan menjadi perolehan Sertifikat Tier IV FACILITY pertama bagi penyedia layanan Data Center di Indonesia.
Telkomsigma juga memiliki ketersediaan layanan Data Center secara menyeluruh dan bersifat carrier neutral data center. Data center yang dikelola Telkomsigma tersebar di seluruh Indonesia dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan layanan pusat data baik untuk bisnis berskala SME hingga Enterprise.
Dengan keunggulan tersebut, Telkomsigma siap melakukan take action guna mengelola seluruh Data Center Services berbagai perusahaan dari segala segmen industri yang ingin berfokus pada bisnis utama, dengan proses migrasi singkat hanya dalam hitungan jam.
Baca juga:
Telkomsigma Hadirkan Mobile Cloud dan Portal Cloud
Gandeng Telkomsigma, Taspen Lakukan Digitalisasi Pelayanan Pembayaran Pensiun
Telkomsigma Digitalkan Indonesia Melalui Mobile Cloud Applications