Telkomsel Berikan Tips Cegah Penipuan Call Forward

Penulis adam

Penyanyi Maia Estianty mengalami penipuan oleh oknum mitra pengemudi Gojek. Saldo akun GoPay Maia dicuri oleh oknum tersebut hingga terkuras habis. Tidak hanya itu, akun WhatsApp, Tokopedia, hingga kartu kredit milik Maia pun, diambil alih.

Istri dari pengusaha Irwan Mussry itu, menceritakan kronologi kenapa bisa mengalami penipuan yang dialaminya. Maia Estianty diminta untuk memasukan kode tertentu yang ternyata digunakan oleh oknum tersebut untuk mengambil alih nomor telepon.

“Tiba2 tuh sopir ojol bilang motor mogok, trus dia call mau ganti ubah sopir, dia minta gw klik 21 0821 78912261# … tau apa yg terjadi? ternyata itu code kita sedang me FORWARD Data telpon kita ke dia,” tulis Maia Estianty sebagai caption unggahan Instagramnya.

Setelah tahu bahwa data teleponnya telah diambil, Maia Estianty langsung menghubungi provider seluler yang digunakan, yakni Telkomsel, untuk menonaktifkan fitur call forwarding (pengalihan panggilan) data yang digunakan oknum peretas.

Jadi, salah satu teknik yang digunakan oleh oknum ini adalah memanfaatkan fitur Call Forwarding. Itu adalah aktivitas pengalihan komunikasi baik telepon dan SMS dari suatu nomor ponsel ke nomor ponsel lainnya.

Telkomsel sendiri menyatakan metode call forward dapat dilakukan di semua layanan operator seluler selagi hal itu diaktifkan oleh pengguna. Ketika seseorang melakukan Call Forwarding dengan cara menekan *21 (dilanjutkan dengan nomor ponsel tujuan forward)#, semua SMS dan panggilan akan masuk ke nomor tujuan tersebut.

GM External Corporate Communications Telkomsel, Aldin Hasyim, menjelaskan call forward atau call divert adalah fitur yang umumnya disediakan oleh semua operator seluler dan berfungsi agar pelanggan dapat mengalihkan panggilan ketika nomor yang dituju sedang dalam beberapa kondisi. Kemudian, Fitur Call Forward hanya bisa diaktifkan oleh pemilik nomor seluler yang bersangkutan.

“Kondisi seperti pengalihan untuk semua panggilan, panggilan tidak terjawab (no reply), nomor sedang sibuk (on busy), dan nomor sedang tidak aktif atau berada di luar jangkauan (not reachable),” kata Aldin, dalam keterangan persnya.

Telkomsel kemudian berbagi tips untuk mengaktifkan maupun me-non-aktifkan fitur call forwarding ini di layanannya melalui kode USSD.

Berikut rinciannya:

  1. Pengalihan untuk semua panggilan
  • tekan * * 21 * nomor tujuan pengalihan # Yes/OK
  • untuk membatalkan tekan ##21# Yes/OK
  1. Panggilan tidak terjawab (no reply)
  • tekan * 61 * nomor tujuan pengalihan # Yes/OK
  • untuk membatalkan tekan ##61# Yes/OK
  1. Nomor sedang sibuk (on busy)
  • tekan * * 67 * nomor tujuan pengalihan # Yes/OK
  • untuk membatalkan tekan ##67# Yes/OK
  1. Nomor sedang tidak aktif atau berada di luar jangkauan (not reachable)
  • tekan * * 62 * nomor tujuan pengalihan # Yes/OK
    • Semua fitur Call Forwarding di atas juga bisa dinon-aktifkan melalui USSD sebagai berikut:
  • tekan ##002# Yes/OK atau dari Menu “Divert” , pilih “Clear All Divert” lalu tekan “Yes/OK”

BACA JUGA

Leave a Comment