ItWorks
  • Home
  • TOP Digital Awards
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • TIK Talks
  • More
    • Expert
    • ICT Profile
    • Fintech
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto
No Result
View All Result
  • Home
  • TOP Digital Awards
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • TIK Talks
  • More
    • Expert
    • ICT Profile
    • Fintech
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto
No Result
View All Result
ItWorks
No Result
View All Result

Ditopang Strategi Digital Unified Retail, MAPA Tumbuh Signifikan di Kuartal-2 2021

Teguh Imam Suyudi
3 August 2021 | 13:00
rubrik: Digital
MAP Active

MAP Active

Share on FacebookShare on Twitter

PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA), mengumumkan kinerja keuangan kuartal ke-2. Penjualan bersih MAPA pada kuartal ke-2 tahun 2021 tercatat sebesar Rp1,6 triliun, dengan margin laba kotor 43,4%. Laba usaha mencapai Rp155,9 miliar, dengan EBITDA Rp308,4 miliar dan laba bersih sejumlah Rp91,6 miliar. MAPA adalah anak perusahaan PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP) yang bergerak di bidang sports, kids dan leisure.

Pada semester pertama tahun 2021 yang berakhir pada 30 Juni, penjualan bersih MAPA mencapai Rp2,9 triliun, sementara margin laba kotor sebesar 43,2%. Laba usaha dibukukan sebesar Rp189,3 miliar, EBITDA Rp495,9 miliar dan laba bersih Rp92,2 miliar.

MAPA mengalami pertumbuhan yang signifikan di kuartal kedua dengan penjualan yang melonjak lebih dari 25% dibandingkan kuartal pertama, ditopang oleh strategi digital Unified Retail yang terus membaik di pasar domestik Indonesia, ditambah dengan meningkatnya penjualan selama periode Lebaran pada bulan Mei.

Peluncuran berbagai produk merek ternama untuk Running, Leisure wear, Fitness dan Kids, berhasil menangkap momentum full price yang kuat, sehingga membantu menutupi turunnya penjualan jangka pendek, akibat lock down pandemi Covid 19 yang berkepanjangan pada pasar internasional di Filipina, Thailand dan Vietnam.

Kinerja MAPA di Indonesia berhasil mencapai target, meski menghadapi sejumlah tantangan termasuk pembatasan jam operasional mal, serta berbagai kendala logistik di tengah berlansungnya pandemi Covid19.

Ratih D. Gianda, VP of Investor Relations, Corporate Communications dan Sustainability MAP Group mengungkapkan, “MAPA mengawali kuartal ke-2 dengan sangat baik dan terus akan berkembang. Perusahaan telah meraih pertumbuhan pendapatan dan keuntungan yang sangat baik dari kanal online multi brand dan mono brand, didukung oleh peluncuran produk eksklusif para brand partner terpilih, yang menunjang perbaikan margin dan memberikan kontribusi langsung kepada laba bersih.”

BACA JUGA:  Putus asa untuk menghubungi eksekutif, beberapa vendor cybersecurity menggunakan kebohongan dan memeras

Margin laba kotor meningkat selama 4 kuartal berturut-turut didukung oleh pemanfaatan program loyalty MAP CLUB yang memungkinkan MAPA untuk dapat menargetkan para anggota secara khusus terhadap berbagai merek sports atau merek-merek pilihan lainnya.  Sementara itu, perbaikan tambahan di dalam fungsi analisa data produk, memudahkan alokasi produk-produk baru yang lebih baik untuk dipasarkan pada setiap gerai, sehingga mendukung peningkatan keuntungan.

Ratih mengatakan, “Kami terus melipatgandakan kemampuan analisa data, terutama untuk anggota program loyalty. Hal ini memungkinkan kami untuk melakukan segmentasi produk yang tepat, pada lokasi dan waktu yang tepat, sehingga secara signifikan mengurangi aktivitas promosi dibandingkan kuartal-kuartal sebelumnya, sekaligus menjangkau spektrum pelanggan online yang lebih luas di seluruh wilayah usaha.”

Penjualan digital meningkat lebih dari 20% pada kuartal ke-2 dipicu oleh peningkatan investasi pemasaran digital MAPA secara signifikan untuk mendukung strategi Unified Retail dalam melayani para pembeli sesuai dengan kenyamanan mereka, baik secara online ataupun offline.

Kontribusi penjualan digital mencapai lebih dari 12% di kuartal ke-2 dipicu oleh investasi pada peluncuran situs baru Skechers, New Balance, dan Crocs yang mulai menuai hasil, sedangkan platform market place menunjukkan pertumbuhan lebih dari 30% pada periode tersebut. Sementara itu, pada semester pertama tahun 2021, gerai multi brand online seperti Planet Sports dan Kidz Station tumbuh hampir dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Menghadapi potensi tantangan ke depan sehubungan dengan pandemi Covid di Indonesia, Ratih menjelaskan, “Kami terus membangun bisnis perusahaan dari perspektif jangka panjang dan meyakini bahwa MAPA memiliki sumber daya untuk menangani tantangan jangka pendek sebagai dampak dari pandemi. MAPA akan tetap berinvestasi dalam merek-merek atau konsep ritel baru, yang dapat dimanfaatkan di seluruh platform Unified Retailbaik dari penjualan onlinemaupun offline. Kami percaya bahwa strategi ini dapat mengoptimalkan tingkat kunjungan para pembeli yang akan memaksimalkan potensi MAPA.”

BACA JUGA:  Dinas Pariwisata Sumbar Adopsi Mobility Insight dari Telkomsel

Di masa yang akan datang, MAPA menyadari bahwa kinerja jangka pendek akan tetap berfluktuasi akibat Covid 19, namun perusahaan akan terus membangun infrastruktur ritel di tingkat regional, termasuk meluncurkan platform loyalty pada kuartal pertama 2022. Fokus berkelanjutan pada investasi digital untuk menyatukan gerai dan situs eCommerce saat ini sedang berlangsung, sementara peluang ekspansi regional dengan para brand partner terpilih akan tetap menjadi prioritas.

“Potensi masa depan kami berpusat pada strategi jangka panjang. Kami yakin terdapat banyak peluang besar untuk memperluas pertumbuhan regional perusahaan melalui segmen usaha Sports, Leisure dan Kids,” tutur Ratih menyimpulkan.

Baca: Digiplus, Gerai Ritel Pertama MAP untuk Perangkat Elektronik Multibrand

Tags: MAPMap Aktif Adiperkasa
Previous Post

TaniHub Terus Tingkatkan Pelayanan di Masa Pandemi

Next Post

Sony Perkenalkan Alpha ZV-E10, Kamera Interchangeable Lens Terbarunya

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TOP DIGITAL AWARDS

Hanwha Life)

Terus Berinovasi, Hanwha Life Raih Golden Star Trophy di TOP Digital Awards 2024

Teguh Imam Suyudi
23 December 2024 | 19:00

BPJS Kesehatan Sabet Golden Trophy TOP Digital Awards 2024

BPJS Kesehatan Sabet Golden Trophy TOP Digital Awards 2024

Ahmad Churi
14 December 2024 | 23:19

Kazee Digital Indonesia Borong Dua Penghargaan di Ajang TOP Digital Awards 2024

Kazee Digital Indonesia Borong Dua Penghargaan di Ajang TOP Digital Awards 2024

Ahmad Churi
6 December 2024 | 21:25

Kesia Raih Penghargaan Bintang 4 TOP Digital Awards 2024

Kesia Raih Penghargaan Bintang 4 TOP Digital Awards 2024

Ahmad Churi
6 December 2024 | 06:35

Sharing Session TOP Digital Awards 2024

TOP Leader Berbagi Kisah Sukses Digitalisasi di Sharing Session TOP Digital Awards 2024

Teguh Imam Suyudi
5 December 2024 | 17:00

Load More

TERPOPULER

  • Amar Bank: “Layanan Bank Digital Bukan Hanya untuk Menambah Jumlah Nasabah, yang Terpenting untuk Edukasi Keuangan”

    Amar Bank: “Layanan Bank Digital Bukan Hanya untuk Menambah Jumlah Nasabah, yang Terpenting untuk Edukasi Keuangan”

    1 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Acer Hadirkan Copilot+ PC Terbaru, Swift Edge AI dan Swift Go AI

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Majalah i-tech edisi Juni

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kabupaten Cirebon Terapkan Smart City untuk jadi Kabupaten Cerdas dan Hebat

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Guncang Pasar, POCO Rilis 3 Smartphone Baru

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
iklan bni

ICT PROFILE

Kaspersky Tunjuk Country Manager Pertamanya untuk Indonesia

Kaspersky Tunjuk Country Manager Pertamanya untuk Indonesia

Fauzi
28 May 2025 | 11:15

Perusahaan keamanan siber, Kaspersky, mengumumkan penunjukan Defi Nofitra sebagai Country Manager pertamanya untuk Indonesia, dengan fokus strategis pada segmen perusahaan...

Cloudera Tunjuk Leo Brunnick Jadi Chief Product Officer

Cloudera Tunjuk Leo Brunnick Jadi Chief Product Officer

Fauzi
28 March 2025 | 14:00

Cloudera, platform true hybrid untuk data, analitik dan AI, mengumumkan penunjukan Leo Brunnick sebagai Chief Product Officer, hari ini (28/3/2025)....

EXPERT

Menjembatani Teknologi Masa Kini dan AI di Masa Depan

Fauzi
16 June 2025 | 13:59

Oleh Matt Hicks, President and Chief Executive Officer, Red Hat Di kalender, ada 365 hari dalam satu tahun. Namun dalam...

Tiga Prioritas untuk Rumah Sakit Cerdas Masa Depan

Tren Kendaraan Terkini Buka Peluang Bagi Perombakan Software Machine Vision

Fauzi
5 June 2025 | 13:38

Oleh: Eric Ananda, Country Lead Indonesia, Zebra Technologies Pasar kendaraan listrik dan hybrid di Indonesia mengalami pertumbuhan luar biasa dalam...

TIK TALKS

Stephanus Oscar – Data Center dengan Kapasitas 6 Megawatt di Jakarta | It Works Podcast #5

Stephanus Oscar – Data Center dengan Kapasitas 6 Megawatt di Jakarta | It Works Podcast #5

redaksi
16 August 2022 | 15:30

Di masa akan datang banyak aplikasi yang akan membutuhkan low latency connectivity. Lalu apa kaitannya dengan Edge DC yang hadir...

Edward Samual – Memproses Data dari Hulu Sampai Hilir | It Works Podcast #4

Edward Samual – Memproses Data dari Hulu Sampai Hilir | It Works Podcast #4

redaksi
15 August 2022 | 12:30

Bagaimana cara mengolah Big Data sehingga dapat divisualisasikan, serta bagaimana dapat melakukan analitik dan dapat memprediksikan apa yang harus dilakukan...

  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Email

Itworks - Inspire Great & Telco for Business Performance | All Rights Reserved

  • Home
  • TOP Digital Awards
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • TIK Talks
  • More
    • Expert
    • ICT Profile
    • Fintech
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto