Sebanyak 21 juta pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sudah onboarding ke ekosistem digital karena program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).
“Sebelum adanya program Gernas BBI, UMKM yang terhubung ekosistem digital hanya sekitar delapan juta unit,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat menghadiri penutupan Gernas BBI di Kota Padang, Sumatera Barat, lewat keterangan resmi, Jakarta, Sabtu, 17/09/2022.
Kegiatan dalam Gernas BBI Sumatra Barat 2022 dipusatkan di tiga kota, yaitu Bukittinggi, Payakumbuh, dan Padang.
Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo menargetkan 30 juta UMKM bisa terdaftar di e-commerce hingga tahun 2024. Jika target tersebut tercapai, maka akan bisa menggerakkan ekonomi Indonesia hingga 1,7 persen dan membuka dua juta lapangan pekerjaan baru. Potensi transaksi pembelian dalam negeri ditargetkan Rp500 triliun dan tulang punggungnya ada pada UMKM.
Menurut Sandiaga adanya fakta gerakan ini mendorong UMKM terdigitalisasi menunjukkan program itu banyak membantu pelaku UMKM dalam beradaptasi, berinovasi, dan berkolaborasi dengan pemasaran dan penjualan secara digital (online).
“Jangan hanya sebatas bangga dengan buatan Indonesia, tapi mari membeli produk buatan Indonesia,” ajak Menparekraf.