Perguruan tinggi di Indonesia saat ini semakin serius untuk memanfaatkan media sosial sebagai strategi marketing dan branding mereka.
RevoU merilis studi data Peta Digital Universitas di Indonesia yang merangkum pertumbuhan platform digital berbagai universitas di Indonesia pada tahun 2022.
“Hasilnya, Universitas negeri mendominasi peringkat 10 besar dengan pengunjung website terbanyak, UGM dan UI kembali bersaing sengit di beberapa area, seperti jumlah pengunjung website, dan jumlah pengikut di Instagram, Twitter, dan LinkedIn,” tulis RevoU di siaran pers, 21/08/2023.
Universitas Udayana berhasil mempertahankan posisinya di #1 dengan konten video terbanyak di YouTube sebanyak 3,700 video.
Dari total 8 kategori yang di teliti, Universitas Gunadarma, Trisakti, Binus, dan Telkom berhasil meraih peringkat top 10 di berbagai kategori mewakili Universitas Swasta di Indonesia.
Di studi kali ini, RevoU mengumpulkan 15 universitas dari seluruh Indonesia, baik universitas negeri maupun swasta pada periode Q3 tahun 2023.
Temuan Utama Dari Riset Ini
#1 Universitas Gadjah Mada & Universitas Indonesia masih bersaing sengit untuk mendapatkan posisi utama di beberapa kategori seperti:
- Jumlah pengikut di Instagram #1 UGM (1 Juta) & #2 UI (871K)
- Jumlah pengikut di Twitter #1 UI (1.2 Juta) & #2 UGM (1.1 Juta)
- Jumlah pengikut di LinkedIn #1 UI (281K) & #2 UGM (214K)
- Jumlah pengikut TikTok #1 UGM (202K) & #2 UI (27K)
#2 UI, UGM, UB, ITB, dan UNPAD kembali menduduki posisi 5 teratas dengan pengikut LinkedIn terbanyak.
#3 BINUS berhasil menduduki posisi #1 dengan konten video terbanyak di TikTok sebanyak 1.500 video.
#4 ITS menduduki posisi #1 dengan jumlah konten terbanyak di beberapa media sosial seperti Instagram (6.2K), Twitter (89.3K), dan Youtube (2.9K).
#5 ITS, UI, dan Telkom University menduduki peringkat 3 teratas dengan produksi konten terbanyak di Instagram dan Twitter.
Elemen Apa Saja yang Diteliti?
Untuk mendapatkan data universitas di Indonesia yang memiliki media sosial terbaik, RevoU mengumpulkan dan membandingkan beberapa data di bawah ini:
- Jumlah pengikut di media sosial (Instagram, Twitter, LinkedIn, YouTube, TikTok)
- Jumlah konten di masing-masing platform media sosial kampus
- Strategi konten di media sosial universitas di Indonesia
Data terakhir diambil pada tanggal 1 Agustus 2023. Menggunakan QS World Ranking 2024 untuk menyaring 15 universitas terbaik di Indonesia.
Baca juga: PIDI 4.0 Jalin Perguruan Tinggi Siapkan SDM Hadapi Era Industri 4.0