Fazz Agen merilis sebuah yang berisi tren transaksi transfer dan PPOB (Payment Point Online Bank) selama bulan Ramadan dan tips menarik yang dapat dimanfaatkan oleh para Agen Fazz untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan mereka.
Dalam eBook ini, Fazz Agen menyoroti perubahan perilaku konsumen yang terjadi di berbagai sektor, termasuk pembelian kategori PPOB, transaksi e-commerce, penggunaan pulsa dan data, hingga pembelian token listrik PLN. Menariknya, kami melihat peningkatan signifikan dalam berbagai aspek transaksi selama bulan Ramadan.
“Kami melihat tren peningkatan transaksi yang menarik selama bulan Ramadan, terutama dalam kategori pembelian produk PPOB dan layanan transfer. Ini merupakan kesempatan bagi seluruh Agen Fazz untuk memaksimalkan pendapatan mereka dengan materi edukasi berupa eBook dari kami dan promo lengkap yang kami tawarkan. Peluncuran kampanye #RamadanPenuhPeluang adalah bentuk dukungan Fazz Agen untuk seluruh Agen Fazz di seluruh Indonesia.” ujar Gadis Qonita selaku Head of Marketing Fazz Agen, lewat siaran pers, 26/03/2024.
Pada kategori pembelian saldo e-wallet, berdasarkan data Fazz Agen 2023, terlihat adanya peningkatan permintaan isi ulang e-Wallet seperti DANA (naik 1.77%), ShopeePay (naik 8%), dan Gopay (naik 17%) selama bulan Ramadan.
Sementara itu, pada kategori pembelian pulsa, tercatat kenaikan 7.12% untuk Telkomsel dan Indosat naik 20.39%. Di kategori paket data, terjadi pula kenaikan untuk pembelian paket internet XL yang naik 27% dan 6% kenaikan pembelian provider Tri.
Selain permintaan isi ulang saldo e-wallet, pulsa, dan paket data, Fazz Agen juga memberikan wawasan akan adanya potensi kenaikan pada penggunaan token listrik PLN selama bulan Ramadan hingga menjelang Idulfitri. Pasalnya, berdasarkan data dari Fazz Agen, permintaan pembelian token listrik PLN 100RB naik 8.01%, PLN 50RB naik 7,17%, dan PLN 20RB naik 1,08% selama periode tersebut.
Begitu pula pada layanan transfer. Menurut prediksi, perputaran uang di bulan Ramadan diperkirakan akan naik hingga 15% YoY, dengan peningkatan signifikan dalam layanan transfer uang melalui bank dan lembaga keuangan non-bank. Berdasarkan data internal Fazz Agen, 7 hari sebelum Idulfitri merupakan waktu tertinggi konsumen melakukan order transfer, khususnya pada bank tujuan BCA dan Bank Mandiri. Kenaikan ini dimulai 2 minggu sebelum Idulfitri.