Apple akan menyelidiki aplikasi Absher buatan Arab Saudi

Penulis Teguh Suyudi

Aplikasi buatan Arab Saudi yang dapat digunakan untuk melacak para wanita dan mencegah mereka bepergian akan diselidiki oleh Apple, kata chief executive-nya, Tim Cook.

Dalam sebuah wawancara dengan NPR, Tim Cook mengatakan dia tidak mengetahui aplikasi Absher tetapi akan memeriksanya.

Aplikasi, yang menawarkan akses ke layanan pemerintah, telah dikritik oleh kelompok-kelompok hak asasi manusia.

Senator Demokrat Ron Wyden telah meminta Apple dan Google untuk menghapusnya dari toko mereka.

Ini Alasan Apple Memilih Bikin iPhone di Tiongkok daripada di AS

Wanita di Arab Saudi perlu mendapatkan izin untuk meninggalkan negara dari wali laki-laki, biasanya ayah atau suami.

Aplikasi Absher, yang dirancang untuk berbagai layanan pemerintah, seperti memperbarui SIM, membuat proses mengizinkan atau melarang perjalanan dengan jauh lebih mudah, dan hal itu dapat dilakukan melalui smartphone.

Awalnya aplikasi ini dirancang untuk Kementerian Dalam Negeri, dan telah digunakan selama beberapa tahun dan diunduh lebih dari satu juta kali.

Investigasi dari situs web Insider mengungkapkan bagaimana aplikasi Absher digunakan oleh wali laki-laki untuk mendaftarkan istri, saudara perempuan dan anak perempuan untuk membatasi atau mengizinkan perjalanan internasional.

Para wali laki-laki itu itu menerima pemberitahuan jika wanita tanggungannya berusaha untuk meninggalkan negara itu.

Human Rights Watch mengatakan: “Aplikasi seperti ini dapat memfasilitasi pelanggaran hak asasi manusia, termasuk diskriminasi terhadap perempuan.”

Dalam sebuah surat terbuka kepada kedua perusahaan, dalam menanggapi laporan tersebut, senator Wyden menulis: “Ini berita yang tidak bagus bahwa monarki Saudi berupaya membatasi dan menekan perempuan Saudi, tapi perusahaan-perusahaan Amerika seharusnya tidak membantu atau memfasilitasi praktek patriarki pemerintah Saudi.”

Aplikasi ini juga telah digunakan oleh beberapa wanita untuk secara diam-diam mengubah pengaturan pada ponsel wali pria mereka sehingga memungkinkan mereka untuk melakukan perjalanan, lapor Insider.

Sumber: BBC.com

BACA JUGA

Leave a Comment