Home Indeks Tips & Trick Cara menggunakan Google Maps untuk membantu seseorang menemukan Anda

Cara menggunakan Google Maps untuk membantu seseorang menemukan Anda

Cara menggunakan Google Maps untuk membantu seseorang menemukan Anda

Google Maps sangat bagus untuk membantu Anda menemukan jalan bahkan membantu Anda menemukan mobil Anda – tetapi aplikasi ini juga dapat membantu orang lain menemukan Anda.

Google Maps memiliki fitur yang sering diabaikan yaitu berbagi keberadaan real-time Anda dengan seseorang sehingga mereka dapat melihat dengan tepat di mana Anda berada, bahkan jika Anda sedang bergerak, dan kemudian menavigasi ke lokasi Anda. Anda dapat menggunakan fitur yang sama untuk membuat orang yang tepercaya mengawasi kemajuan perjalanan Anda ke tempat tertentu dan tahu persis kapan Anda akan tiba.

Bagian terbaik? Semuanya sangat mudah dilakukan. Kuncinya adalah mengetahui ke mana harus mencari.

Bagikan lokasi real-time Anda

Saat Anda ingin seseorang dapat melacak lokasi Anda:

Buka aplikasi Maps di perangkat iOS atau Android Anda

Ketuk titik biru, yang mewakili lokasi Anda saat ini, lalu pilih “Share location” dari menu yang muncul. (Jika ini untuk pertama kalinya Anda menggunakan Google Maps untuk tujuan semacam itu, ponsel Anda mungkin meminta Anda untuk mengotorisasi aplikasi untuk mengakses kontak Anda sebelum melanjutkan)

Jika Anda ingin membagikan lokasi Anda untuk waktu tertentu, pilih opsi “1 hour”, lalu gunakan tombol biru plus dan minus untuk menambah atau mengurangi waktu sesuai kebutuhan

Jika Anda ingin berbagi lokasi tanpa batas waktu – hingga Anda mematikannya secara manual – pilih opsi “Until you turn this off “

Cara menggunakan Google Maps untuk membantu seseorang menemukan AndaDi Android, pilih orang yang ingin Anda bagikan lokasi Anda dari daftar kontak yang disarankan atau pilih aplikasi (seperti Gmail atau Pesan) untuk mengirim tautan pribadi. Anda juga dapat memilih untuk menyalin tautan ke papan klip sistem Anda dan kemudian menempelkannya di mana pun Anda suka.

Cara menggunakan Google Maps untuk membantu seseorang menemukan AndaPada iPhone, ketuk “Select People” untuk memilih seseorang dari kontak Anda, pilih “Message” untuk mengirim tautan pribadi ke seseorang di aplikasi perpesanan Anda, atau pilih “More” untuk mengirim tautan pribadi melalui layanan komunikasi lain. Ponsel Anda mungkin meminta Anda untuk memberi Google Maps akses yang berkelanjutan ke lokasi Anda sebelum bergerak maju.

Jika Anda membagikan lokasi Anda di dalam Google Maps itu sendiri, dengan memilih kontak yang berbeda dengan pengiriman tautan melalui aplikasi eksternal, maka orang yang Anda bagikan lokasi Anda akan mendapat pemberitahuan di telepon mereka. Selain itu, ketika Anda memilih “Location sharing” di menu samping Maps, Anda akan melihat ikon di atas untuk Anda dan orang yang berbagi dengan Anda. Pilih ikon orang tersebut, dan sebuah bilah di bagian bawah layar akan memungkinkan Anda berhenti berbagi, membagikan lokasi Anda lagi, atau meminta orang tersebut membagikan lokasi mereka kepada Anda.

Cara menggunakan Google Maps untuk membantu seseorang menemukan Anda

Untuk menghentikan Google Maps agar tidak membagikan lokasi Anda secara manual:

Buka aplikasi Maps, dan cari bilah “Sharing your location” di bagian bawah layar

Ketuk “x” di sebelah baris yang mengatakan bagaimana dan berapa lama lokasi Anda dibagikan

Bagikan kemajuan perjalanan Anda

Saat Anda ingin seseorang dapat melihat lokasi Anda dan perkiraan waktu kedatangan saat Anda dalam perjalanan ke tujuan tertentu:

Buka aplikasi Maps, dan mulailah menavigasi ke tujuan Anda

Geser ke atas pada bilah di bagian bawah layar (di mana sisa waktu perjalanan Anda ditampilkan), lalu pilih “Share trip progress” dari menu yang muncul

Pilih nama orang yang ingin Anda bagikan kemajuan Anda atau pilih aplikasi yang ingin Anda gunakan untuk dibagikan

Jika Anda ingin berhenti membagikan kemajuan Anda sebelum perjalanan Anda selesai:

Geser ke atas lagi pada bilah di bagian bawah layar

Pilih “Stop sharing” dari menu yang muncul

Sumber: theverge.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here