Kini Buka Rekening Mandiri Syariah Bisa Lewat Online

Penulis adam

PT Bank Syariah Mandiri meluncurkan fitur pembukaan rekening dalam jaringan atau online, Kamis (5/12/2019). Calon nasabah dapat menggunakan ponsel pintar untuk mengakses Mandiri Syariah Mobile.

Direktur Utama Mandiri Syariah Toni EB Subari mengungkap hadirnya fitur pembukaan rekening online tersebut guna menjawab tantangan di era digital. “Insya Allah prosesnya tidak lebih dari 10 menit dan langsung bisa transaksi baik transfer, penarikan tunai tanpa kartu ATM, dan lain-lain,” kata Toni dalam keterangan resmi, Sabtu (14/12/2019).

Ada tiga tahapan untuk membuka rekening secara online setelah mengunduh Mandiri Syariah Mobile. Langkah pertama calon nasabah memilih jenis tabungan yang diinginkan (mudharabah atau wadiah), kemudian menginput data diri (KTP elektronik) dan melakukan verifikasi dengan video call.

Toni menjelaskan bahwa saat ini tingkat ketergantungan masyarakat terhadap media digital khususnya ponsel terbilang tinggi. Pun hal ini diikuti dengan keterbatasan waktu masyarakat untuk berurusan dengan bank, khususnya bagi kaum urban.

Adapun bank mencatat hingga November 2019 jumlah transaksi melalui kanal elektronik naik 27,57% secara tahunan (year-on-year/yoy) atau menjadi lebih dari 87 transaksi. Mandiri Syariah Mobile berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan tersebut dengan mencatat kenaikan transaksi sebesar 103% yoy.

Sementara itu sejumlah bank umum konvensional juga telah melakukan hal serupa. Calon nasabah tidak perlu lagi melakukan tatap muka secara langsung dengan teller bank untuk memenuhi syarat know your customer (KYC).

BACA JUGA

Leave a Comment