Bank Mandiri dan BNI Bakal Genjot Transaksi QR di Mesin EDC tahun ini

Penulis adam

Jumlah mesin Electronic Data Capture (EDC) perbankan yang bisa menerima transaksi dengan teknologi Quick Response (QR) code semakin banyak sejalan dengan mulai berlakunya secara penuh standarisasi QR Code Indonesia Standard (QRIS) sejak 1 Januari 2020.

Sejak tahun 2019. sejumlah bank terus mengejar ketersediaan atau roll out penerimaan transaksi QR Code melalui EDC agar bisa melayani transaksi QR code yang baik. PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) misalnya, sudah menambah fitur QR Code di separuh mesin EDC yang dimiliki perseroan.
Saat ini, Bank Mandiri sudah memiliki 225.000 mesin EDC. Pada tahun 2020 akan ditambah sebanyak 20.000 mesin lagi.

Sepanjang 2019, transaksi QR pada mesin EDC Bank Mandiri memang belum besar baru sekitar 0,3% dari total transaksi EDC. Namun, diperkirakan akan terus meningkat tahun ini sejalan dengan implentasi QRIS.

“Share transaksi QR melalui EDC ditargetkan meningkat jadi 1%-3% tahun ini,” kata SEVP Transaction Banking and Retail Sales Bank Mandiri Thomas Wahyudi pada KONTAN, Kamis (2/1).

Total sales volume transaksi mesin EDC Bank Mandiri tahun lalu mencapai Rp 121 triliun. Transaksi itu masih didominasi oleh kartu debit dan kartu kredit dengan porsi 84% dan uang elektronik e-money 15%.

Sementara PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) telah berhasil melakukan roll out QR code pada seluruh mesin EDC yang ada saat ini sesuai dengan QRIS. “Implementasi QRIS oleh Bank Himbara mengikuti LinkAja,” kata VP E-Channel BNI Fajar Kusuma Nugraha. Jumlah mesin EDC BNI hingga akhir 2019 mencapai 200.000 an. Tahun ini akan ditambah sebanyak 30.000- 40.000 mesin EDC lagi.

Mengingat bisnis QR LinkAja masih relatif baru, maka kontribusinya ke transaksi mesin EDC BNI masih di bawah 1%. Total transaksi LinkAja BNI hingga Desember 2019 masih 27 miliar lewat EDC dengan sales volume transaksi 0,042% dari total transaksi.

Transaski EDC BNI sepanjang 2019 meningkat 23% dibandingkan tahun sebelumnya. Namun, Fajar tidak merinci jumlahnya. Sebagian besar transaksi masih menggunakan kartu kredit dan kartu debit.

Tahun ini, BNI menargetkan transaksi mesin EDC meningkat 24%-25%. Transaksi dengan menggunakan QR diharapkan bisa mencapai 3%-5%.

BACA JUGA

Leave a Comment