Xiaomi Gelar Kampanye #MikirBaruKirim: Bersama Kita Lawan Hoax

Penulis redaksi

Xiaomi Indonesia menggelar diskusi edukatif seputar dampak negative dari pemberitan hoax. Diskusi ini disebut sejalan dengan salah satu program pemerintah untuk membangun dunia maya melalui internet cerdas, sehat dan aman akan menuju masyarakat cerdas, kreatif dan produktif di Indonesia melalui kampanye #MikirBaruKirim: Bersama kita lawan hoax bersama dengan komunitasnya di Jakarta, Mi Fans.

Diskusi edukatif ini juga didukung oleh praktisi handal dari kalangan awak media yang memiliki visi sama dengan Xiaomi untuk mengurangi dampak negatif dari pemberitaan hoax.

Xiaomi Indonesia menyadari aduan konten bermuatan negatif sepanjang 2019 telah mencapai 431.065 aduan masyarakat, dimana konten hoax berjumlah 15.361 aduan, sesuai dengan laporan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo). Menurut Elin Yunita Kristanti dari Liputan6.com, salah satu alasan menyebarkan hoax itu adalah iseng atau mencari atensi tapi bisa berbahaya sekali jika dibiarkan.

Kesadaran masyarakat sangat diperlukan untuk menghentikan penyebaran hoax, salah satu tindakan proaktif yang dapat dilakukan masyarakat adalah dengan melaporkan akun atau berita hoax serta tidak melakukan komen atau berbagi ke media sosial lainnya. Jika sudah terlanjur tersebar yang dapat dilakukan adalah banjiri internet dengan konten positif atau benar.

Sementara Farid Assifa dari Kompas.com menambahkan, masyarakat juga dapat memverifikasi kebenaran dari berita tersebut dengan melihat sumber beritanya (apakah kredibel atau tidak) dan melakukan pencarian secara online.

Ke depannya, Xiaomi berkomitmen untuk terus aktif berkontribusi mewujudkan internet cerdas di Indonesia dengan membuka kerjasama dengan banyak pihak yang dapat memudahkan program pemerintah dalam memberantas berita hoax.

“Mari kita terus bersama-sama menjadi cerdas, baik dalam memilih produk maupun dalam berinternet,” papar Xiaomi dalam keterangan resminya. (Fauzi)

BACA JUGA

Leave a Comment