Era digital telah tiba. PT Pos Indonesia (Persero) mulai memasuki era digitalisasi dengan menghadirkan layanan POSGIRO Mobile (PGM).
Platform digital ini dibuat untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi layanan pos di seluruh Indonesia. POSGIRO Mobile adalah platform digital berbasis rekening Giro pos yang diberikan kepada pemilik rekening giro pos.
Sehingga pemilik rekening dapat mengakses layanan Giro pos dan layanan transaksi keuangan pos lainnya secara mobile.
Direktur Jaringan dan Layanan Keuangan PT Pos Indonesia (Persero), Ihwan Sutardiyanta, mengatakan, POSGIRO Mobile adalah jawabkan atas kebutuhan masyarakat yang serba cepat. Pelanggan Kantor Pos diberikan kemudahan dan fasilitas layanan transaksi keuangan secara mobile yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja.
“Layanan ini merupakan transformasi Pos Indonesia di era digital. Karena, pada dasarnya Giro pos sudah hadir melayani masyarakat sejak puluhan tahun yang lalu,” katanya dalam siaran persnya, Senin (9/3).
Selain itu, layanan Giropos selama ini digunakan juga untuk mendukung program-program Pemerintah, seperti penyaluran dana bantuan pemerintah ke berbagai penjuru di wilayah Indonesia.
“Ini adalah sebuah platform yang dibangun untuk semua layanan. Kami bangun layanan aplikasinya, kita punya giro ada pos giro mobile.
Artinya, ini alat untuk nasabah bertransaksi, mulai dari top up, transaksi pembayaran, remitansi, bisa tarik tunai pula di kantor pos dan Indomaret,” papar Ihwan.
Apalagi, layanan pos sudah terhubung dengan 400 billers mulai dari PLN, multifinance, pajak dan lainnya. Juga jaringan kantor pos yang jumlahnya mencapai 4.500 di seluruh Indonesia.
Ke depan, Pos Indonesia juga akan menjalin kerja sama dengan semua perbankan, untuk kemudahan mengakses ATM.
Dengan adanya GIROPOS Mobile, diharapkan dapat melengkapi jaringan dan titik layanan (Point of Sales) PT Pos Indonesia (Persero) yang sudah tersedia sebelumnya, ekitar 58.700 titik dalam bentuk Kantorpos, Agenpos, Mobile Postal Service, dan lain-lain di seluruh Indonesia.
“POSGIRO Mobile ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia.
Terutama memudahkan mereka dalam mengakses layanan keuangan yang disediakan Pos Indonesia,” jelas Ihwan.
Dengan POSGIRO Mobile ini, pelanggan Kantor pos tidak perlu datang langsung, antri di Loket. Cukup menggunakan handphonenya dari mana saja bisa melakukan apa saja.
Seperti bayar-bayar, kirim uangnya di Rekening Giropos baik ke tujuan sesama Rekening Giropos maupun kepada bukan pemegang rekening Giropos melalui pengiriman weselpos.
Telah Diakses 100.000 User
Ihwan Sutardiyanta mengungkapkan,, sejak diluncurkan 2019 lalu, aplikasi PGM telah diakses 100.000 user.
Ke depan, pihaknya menargetkan 1,5 juta user dengan transaksi mencapai 15 juta transaksi.
Ceruk bisnis ini cukup potensial melihat captive market Pos dengan basis data mencapai 50 juta. Termasuk di dalamnya membidik pensiunan yang mencapai 700.000 member dan potensi tenaga kerja Indonesia (TKI).
Pos Indonesia juga terus melakukan penguatan sistem dengan terus melakukan update versi mobile dan penggunaan cloud sehingga mampu menampung transaksi dalam waktu bersamaan.
Termasuk penguatan oganisasi. Seperti helpdesk, sistem, dan organisasi di pusat atau cabang. Termasuk aspek security.
POSGIRO Mobile memiliki beberapa layanan. Pertama, Layanan Bill Payment atau Pembayaran berbagai Tagihan seperti Listrik, PDAM, Cicilan Motor, Mobil, BPJS, Pembelian pulsa, token atau voucher (kerjasama dengan lebih 400 biller).
Kedua, layanan Pengiriman Uang ke antar Rekening Giropos dan layanan Weselpos Instan bagi tujuan bukan pemegang rekening Giropos.
Ketiga, Fasilitas Scan QR Code untuk pembayaran/pembelian via merchant/Micro Payment dengan basis Rekening Giropos. Keempat,
Pengembangan Pengiriman Uang dari Para Pekerja Migran Indonesia (PMI) di manca negara ke tujuan kampung halamannya dan di mana saja wilayah Indonesia.
Untuk layanan ini, saat ini baru berjalan pada Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Taiwan.
Layanan ini masih terus dikembangkan agar Pemegang Rekening Giropos selain dapat mencairkan (menarik uangnya) di seluruh cabang Kantor Pos seluruh Indonesia, juga bisa menarik pada outlet Ritel Market seperti INDOMARET.
Seluruh fitu-fitur aplikasi POSGIRO Mobile masih terus dalam pengembangan yang dilakukan dengan berkordinasi kepada Regulator terkait mengatur ketentuan itu. Ke depan, aplikasi ini diharapkan betul-betul bisa menjawab kebutuhan masyarakat di era digital yang makin sibuk dan butuh proses layanan yang praktis dan serba cepat.