Gaet Facebook, Kemkominfo Bikin Chatbot WhatsApp untuk Covid-19

Penulis redaksi

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan merilis chatbot WhatsApp terkait Corona. Hal itu setelah Kemkominfo mengumumkan kerja samanya dengan Facebook dan Telkom Grup.

Lewat akun tersebut, masyarakat dapat berinteraksi dengan lembaga pemerintah untuk mendapatkan informasi terkait Covid-19. Dalam hal ini, pengguna cukup bertanya melalui chat pada akun yang disediakan dan secara otomatis akun tersebut akan menjawab pertanyaan terkait corona yang diajukan.

Chatbot itu nantinya akan menjawab pertanyaan pengguna WhatsApp dengan data dan konten yang sediakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kesehatan.

Seperti dikatakan Menkominfo, Johnny G Plate, akun chatbot WhatsApp tersebut bernama covid.go.id dan akan mulai diuji coba pada Jumat (20/3).

“Chatbot dan WhatsApp blast diharapkan bisa live trial mulai Jumat 20 Maret 2020 malam. Untuk nomornya, akan dipublikasikan secepatnya,” kata Johnny.

Lebih lanjut Menkominfo menyatakan sampai saat ini pemerintah hanya membuat akun chatbot melalui aplikasi pesan WhatsApp. Walau begitu, Johnny juga membuka untuk aplikasi lain seperti Telegram jikan ingin berkontribusi.

“Saat ini tidak ada akun lain. Apabila nanti Telegram ikut ambil bagian, tentu dengan senang hati kita bekerja sama,” papar Johnny.

Chatbot WhatsApp “Pusat Informasi Covid-19 Kemkominfo RI” saat ini sudah dapat diakses melalui link http://wa.me/6281133399000. Setelah masuk ke chat, pengguna cukup mengetikkan kata apapun, misalnya “halo” untuk mulai mendapatkan informasi seputar Covid-19. (Fauzi)

BACA JUGA

Leave a Comment