Jakarta, ItWorks- Penyebaran pandemi COVID-19 telah menyebabkan pembatasan perjalanan ke berbagai negara dan daerah-daerah di Indonesia. Masyarakat yang sudah terlanjur membeli tiket via online pun banyak yang membatalkan atau melakuan pengembalian uang (refund), seperti yang dialami tiket.com
Anjuran melakukan physical distancing adalah salah satu bentuk usaha pemerintah untuk mencegah penyebaran pandemi COVID-19. Dalam kaitan ini, akan lebih baik jika masyarakat yang tidak memiliki kepentingan mendesak agar tetap berdiam diri di rumah dan menghindari bepergian atau perjalanan jarak jauh.
Mengikuti anjuran pemerintah ini, tiket.com memberikan layanan refund pejualan tiket yang sudah dibeli pelanggan. Hal ini berlaku baik yang telah membeli dan memiliki tiket pesawat atau booking hotel. “Tidak perlu khawatir, tiket.com akan membantu semua pengajuan pengembalian dana. Namun, perlu dipahami bersama, bahwa selama masa pandemi COVID-19, permintaan bantuan yang masuk ke Customer Care kami mengalami lonjakan yang sangat signifikan. Hal ini menyebabkan Customer Care memerlukan waktu lebih untuk merespon permintaan bantuan. Untuk itu mohon pengertian dan kesabarannya dalam menunggu respon dari tim Customer Care kami,” ujar Metha Tri Rizka Public Relations Manager tiket.co dalam keteraan tertulisnya, baru-baru ini, di Jakarta.
Dikatakan, pelanggan dapat menghubungi Customer Care melalui tiga channel pilihan yaitu Whatsapp chat, email, dan telepon. Namun, di tengah tingginya permintaan bantuan yang masuk, pihaknya menyarankan untuk menghubungi Customer Care melalui platform email dan Whatsapp chat sebagai pilihan utama. “Jangan lupa untuk menginformasikan Order ID dan detail perubahan yang diinginkan agar setiap permintaan bantuan yang masuk tercatat di sistem tiket.com dan akan segera ditindaklanjuti,” ujarnya.
Setelah mengajukan permintaan bantuan, pelanggan juga diimbau untuk tidak melakukan pengulangan permintaan bantuan berkali-kali untuk nomor Order ID yang sama. Hal ini untuk menghindari lebih panjangnya antrian permintaan bantuan di Customer Care dan penanganan bantuan yang lebih lama karena verifikasi yang harus berulang.
Bagi pelanggan yang ingin mempersingkat waktu, disarankan mengajukan pembatalan pemesanan tiket pesawat dan hotel dengan melakukan pengajuan secara mandiri melalui fitur Smart Refund yang tersedia di aplikasi tiket.com. Untuk pengajuan menggunakan fitur Smart Refund dapat dilakukan dengan cara membuka My Order, lalu pilih penerbangan ke destinasi yang terkena dampak wabah atau larangan perjalanan, kemudian klik opsi Refund, dan pilih alasan Force Majeure.
Adapun waktu penanganan permintaan bantuan yang bisa menjadi acuan pelanggan dalam menunggu proses refund:
● Jika jadwal keberangkatan di tiket pelanggan kurang dari 72 jam, maka permohonan akan diproses maksimal dalam 72 jam.
● Jika jadwal keberangkatan di tiket pelanggan masih lebih dari 72 jam, maka permintaan akan diproses dalam waktu 72 jam sebelum tanggal keberangkatan tersebut.
● Untuk pelanggan yang sudah mengajukan refund untuk tanggal penerbangan yang sudah berlalu, pihak tiket.com akan tetap memproses pengajuan refund. Pelanggan akan dihubungi kembali melalui email dalam waktu 72 jam. (AC)