Berkat Inovasi Digital Layanan WOM Finance Tetap Optimal Di Tengah Pandemi

Penulis Churry

Jakarta, ItWorks-Di tengah pandemi Covid-19, perusahaan pembiayaan – PT. Wahana Ottomitra Multiartha Tbk., (WOM Finance) melakukan inovasi-inovasi baru berbasis digital, baik di sistem manajemen maupun dalam kaitan hubungan pelanggan. Melalui strategi inovasi dan terobosan berbasis digital, layanan konsumen di tengah pandemi Covid-19 . tetap berjalan secara optimal.

Teknologi digital yang dulu dianggap sebagai pemicu disrupsi ekonomi, kini justru sangat didambakan dan memiliki peran besar di tengah masyarakat. Terlebih lagi di tengah pandemi Covid-19 yang membatasi aktivitas masyarakat di luar rumah. Terutama sejak adanya kebijakan pembatasan sosial skala besar, social distancing dan sejenisnya.

Sejak itu, masyarakat banyak mengandalkan perangkat digital untuk menunjang aktivitasnya. Mulai bekerja (Work Form Home), virtual meeting, belanja melalui market place atau online store, pembayaran melalui produk keuangan digital, dan lainya berbasis teknologi digital. Tak pelak pemanfaatan teknologi digital di kalangan masyarakat Indonesia kian melesat di saat pandemi Covid-19 ini.
Melihat adanya perubahan perilaku konsumen ini, banyak organisasi dan perusahaan yang juga juga fokus melakukan akselerasi transformasi digital. Baik di sistem manajemen maupun dalam kaitana hubugan pelanggan. Di sistem manajemen misalnya dengan mengaplikasikan Enterprise Rersource Planning (ERP) dan hubungan pelanggan melalui aplikasi Customer relationship management (CRM) untuk manajemen hubungan pelanggan.

“Mengantisipasi tuntutan perubahan ini, di tengah pandemi Covid-19, WOM Finance juga banyak melakukan inivasi digital, baik terkait sistem manajemen maupun dalam kaitan hubungan pelanggan.WOM Finance telah melakukan pengembangan Teknologi Informasi yang signifikan untuk mendukung operasional peruahaan dan bisnis di tengah pandemi ini, baik core system maupun pendukungnya. Di sistem manajemen, digitalisasi di antaranya dilakukan untuk mendukung WFH dengan menyediakan sarana pra sarana untuk Work by Virtual Tools. Sedangkan untuk hubungan pelanggan, kami juga menghadirkan aplikasi layanan online. Termasuk pembayaran cicilan melalui Apps Payment. Sehingga pembayaran bisa dilakukan dengan mudah, tanpa harus tatap muka. Melalui berbagai strategi inovasi digital ini, layanan kami tetap bisa berjalan optimal di masa pandemi ini,” ungkap Anthony Y Panggabean, Direktur Operasonal PT WOM Finance saat Presentasi dan Wawancara Penjurian “Top Digital Awards 2020” secara virtual yang dihelat Majalah ItWorks bekerjasama dengan Konsultan Independent, dan didukung sejumlah Asosiasi TI & TELCO Indonesia, di Jakarta, belum lama ini.

Ditambahkan, melalui inovasi digital payment ini, pembayaran angsuran cicilan, kini bisa dilakukan dengan menggunakan keuangan digital, Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) melalui kerja sama dengan bank, mobile banking dan produk uang digital sejenisnya.

“Selain menggunakan kode QR Code, untuk memudahkan pembayaran, WOM Finance juga telah bekerja sama dengan beberapa marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak,” ujar Anthony Y Panggabean, didampingi Felix Priscellius – IT Division Head, dan Rajalumayung – IT Security & Compliance Sub Division Head PT WOM Finance.

Digitalisasi yang dilakukan ini juga mampu meningkatkan performa manajemen, memudahan operasional bagi karyawan hingga efisiensi cost (biaya). Beberapa aplikasi digital untuk mendukung kerja karyawan, di antaranya terdapat mobile Collection Application, serta Mobile Survey Application. Terutama untuk menunjang aktivitas marketing di lapangan.

“Melewati tahun 2020 ini memang penuh tantangan. Meski demikian, kami tetap berupaya untuk menjaga kualitas portfolio bisnis dan layanan yang lebih baik. Di masa Pandemi Covid 19 ini, WOM Finance tetap memberikan pelayanan yang maksimal untuk para konsumennya,” ungkapnya di depan Juri.

PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk., yang awalnya bergerak di bidang pembiayaan sepeda motor, khususnya sepeda motor merek Honda kini telah berkembang luas sejalan dengan transformasi bisnis yang dilakukan. Kini Perseroan tidak hanya melayani pembiayaan sepeda motor merek Honda, namun melayani pula pembiayaan sepeda motor merek Jepang lainnya, seperti Yamaha, Suzuki dan Kawasaki.

Kegiatan Top Digital Awards 2020 merupakan kegiatan Corporate Rating atau Award tahunan yang diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi atau penghargaan tertinggi di Indonesia kepada perusahaan dan instansi pemerintahan (pusat, provinsi, kota dan kabupaten) dalam hal implementasi dan pemanfaatan TI TELCO/Solusi Teknologi Digital, untuk meningkatkan kinerja, layanan, daya saing bisnisnya serta memberikan layanan kepada masyarakat. (AC)

BACA JUGA

Leave a Comment