Jakarta, ItWorks- Selama tahun 2020, durasi panggilan grup di aplikasi LINE meningkat sebanyak 100% jika dibandingkan periode yang sama tahun 2019. Sedangkan durasi penggunaan layanan panggilan video mengalami kenaikan sebanyak 68% jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
Pandemi Covid -19 yang masih terjadi di berbagai negara di dunia, mendorong masyarakat untuk menggunakan berbagai aplikasi komunikasi agar tetap terhubung satu sama lain dengan aman dan mudah. Sebagai aplikasi komunikasi yang menyediakan beragam fitur menarik, sepanjang tahun 2020 LINE juga telah memperbarui layanan miliknya, sehingga bisa menjadi daya tarik bagi pengguna di tengajh kondisi pandemik.
Pada akhir tahun 2020 lalu, LINE melihat adanya kenaikan penggunaan dari salah satu layanan miliknya, panggilan grup. Dibandingkan Desember 2019, durasi penggunaan panggilan grup LINE meningkat sebanyak 100% pada Desember 2020 kemarin.
“Kondisi pandemik yang mendorong kita untuk tinggal di rumah dan tetap terhubung melalui layanan aplikasi komunikasi menjadi salah satu faktor meningkatnya penggunaan layanan panggilan di LINE,” kata Matthew Tanudjadja, Product & Engineering Lead LINE Indonesia,”dalam rilis persnya (25/01/2021), di Jakarta.
Selain itu, sepanjang tahun 2020 lalu LINE juga terus berinovasi dengan mengeluarkan ragam pembaruan untuk layanan panggilan miliknya bagi pengguna. Seperti Watch Together, di mana pengguna bisa menonton konten YouTube bersama-sama saat melakukan panggilan grup, LINE Meeting yang memungkinkan bertatap muka secara online hingga 500 orang, dan LINE Avatar yang membuat pengguna bisa berkomunikasi di grup dengan menggunakan avatar yang mereka buat di LINE.
Layanan komunikasi lain yang juga mengalami peningkatan adalah panggilan 1:1 jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Rata-rata durasi panggilan antar sesame pengguna LINE meningkat sebanyak 90% di akhir tahun 2020. Pun demikian, puncak penggunaan kedua fitur ini tidak terjadi pada bulan Desember. Angka tertinggi penggunaan panggilan grup di LINE terjadi pada bulan Agustus 2020.
Sementara durasi tertinggi panggilan 1:1 dan panggilan grup di LINE terjadi pada Desember 2020. Setali tiga uang, durasi penggunaan layanan panggilan video pada tahun 2020 juga mencapai puncaknya pada bulan September.
Selain karena situasi pandemik COVID-19, kehadiran sejumlah fitur baru pada layanan panggilan di LINE juga menjadi faktor penggunaan layanan yang lebih tinggi. Sejumlah fitur baru seperti fitur Watch Together memungkinkan penggunanya untuk bersama-sama menonton konten YouTube di panggilan grup tanpa harus berpindah platform.
Di samping itu, kebutuhan untuk rapat online yang meningkat juga mendorong LINE Corporation untuk merilis fitur LINE Meeting yang bisa menampung hingga 500 orang. Kehadiran LINE Avatar baru-baru ini yang memungkinkan pengguna untuk memiliki panggilan di grup secara lebih menarik dengan menggunakan avatar juga menjadi faktor unik yang membedakan layanan ini dengan layanan serupa lain.
“Kami akan terus menghadirkan pembaruan terbaru berdasarkan kebutuhan pengguna untuk menyediakan layanan komunikasi antar keluarga, teman, dan kerabat. LINE sekaligus akan menyediakan ragam layanan komunikasi lain serta ragam cara baru dalam mendapatkan informasi yang dioptimalkan bagi pengguna,” ujarnya. (AC)