Bank Indonesia (BI) memperkirakan total nilai transaksi e-commerce di tahun 2021 ini bisa mencapai Rp 395 triliun, atau tumbuh 48,4% secara tahunan (yoy). Sebelumnya, BI memperkirakan total nilai transaksi e-commerce hingga akhir tahun 2021 bisa mencapai Rp 370 triliun, atau tumbuh 39,1% yoy.
“Meningkatnya prediksi ini seiring dengan peningkatan preferensi masyarakat untuk berbelanja secara daring. Hal ini bisa meningkatkan transaksi ekonomi dan keuangan digital,” kata Perry Warjiyo, Gubernur BI dalam paparan virtual, 6/8/2021.
Ia menambahkan, peningkatan prediksi ini juga seiring dengan kinerja industri e-commerce pada di semester I-2021 yang capai Rp 186,75 triliun atau tumbuh 63,36% yoy.
Sementara, berdasarkan data Similarweb periode Januari-Juni 2021, jumlah kunjungan platform e-commerce terus meningkat setiap bulannya.
Tokopedia tercatat paling banyak dikunjungi, di mana setiap bulannya total kunjung mencapai 132,8 juta kali. Berikutnya, masing-masing secara berurutan menempati peringkat 2 hingga 5 yaitu Shopee mencatat kunjungan bulanan 116 juta kali, Bukalapak 28,9 juta kali, Lazada mencapai 25,69 juta kali, dan Blibli dengan 17,98 juta.
Di periode Januari-Maret (kuartal I), rata-rata jumlah pengunjung per bulan Tokopedia mencapai 126,4 juta kali. Berikutnya, Shopee yang diakses rata-rata 117 juta kali, Bukalapak 31,27 juta kali, Lazada 28,2 juta kali, dan Blibli 18,52 juta kali pda kuartal I-2021.
Untuk Monthly Unique Visitors (MUV) atau pengunjung unik setiap bulan periode kuartal I, Tokopedia juga ada di posisi teratas dengan 38,93 juta MUV. Diikuti, Shopee 35,75 juta MUV, Bukalapak 12,83 juta MUV, Lazada 11,22 juta MUV, dan Blibli dengan 9,642 juta MUV.
Berikutnya, untuk kuartal II (April -Juni), rata-rata kunjungan Tokopedia per bulan mencapai 139,2 juta kali atau naik 12,8 juta dari rata-rata kunjungan pada kuartal I. Shopee tercatat mengantongi kunjungan bulanan 115 juta kali atau turun 2 juta dari kuartal I, Bukalapak 26,54 juta atau turun 4,73 juta, Lazada 25,19 juta atau turun 3,01 juta, dan Blibli 17,44 juta atau turun 1,08 juta dari rata-rata kunjungan bulanan di kuartal I. Berikutnya, Tokopedia mencapai 42,98 juta, Shopee 34,95 juta, Bukalapak 10,91 juta, Lazada 9,938 juta, dan Blibli dengan 9,001 juta.
Untuk pangsa trafik e-commerce di Indonesia pada kuartal II 2021 adalah Tokopedia dengan 27,68%, Shopee mencapai 22,86%, Bukalapak sebesar 5,28%, Lazada mencapai 5,01% dan Blibli sebanyak 3,47%.
Baca: Bank Indonesia: “Pandemi Bikin Laju Transaksi Digital di e-commerce Meningkat”