Penulis: Miroji
Editor: Teguh IS.
PT Jasa & Kepariwisataan Jabar (Perseroda), atau Jaswita Jabar, berkomitmen menjadi perusahaan properti dan pariwisata terbesar dan terpercaya di Jawa Barat pada tahun 2025. Untuk mewujudkannya, Jaswita Jabar telah mengoptimalkan pemanfaatan Teknologi-Informatika (TI).
“Kami menjadikan teknologi digital sebagai alat bantu utama untuk mencapai visi perusahaan,” ucap Naufal El Farisi M, S.T., M.T. selaku Pimpinan Departement TI PT Jasa & Kapariwisataan Jabar (Persero) saat sesi Penjurian TOP Digital Awards 2022 secara online, Jum’at, 25/11/2022.
Jaswita Jabar adalah Badan Usaha Milik Daerah Provinsi Jawa Barat dengan 4 bidang lini bisnis yaitu Bisnis Perhotelan dan Mall, Bisnis Properti, Bisnis Otomotif dan Perbengkelan serta Bisnis Jasa.
“Kami turut memberi sumbangsih kepada Pendapatan Asli Daerah serta menjadi Agent of Development yang memberikan economic multiplier effect bagi perekonomian Jawa Barat,” ungkap Naufal.
Sebagai informasi, TOP Digital Awards adalah ajang pembelajaran dan penghargaan bidang TI tingkat nasional, diselenggarakan majalah It Works sejak tahun 2016 bekerjasama dengan sejumlah asosiasi dan lembaga konsultan TI dan Telco.
Tema yang diangkat dalam TOP Digital Awards 2022 ini adalah “The Strategic Impact of Digital Transformation in Business & Government.”Dalam kesempatan ini, bertindak sebagai dewan juri yaitu Agnes Theres, Melani K. Harriman, Dwinda Ruslan, Nurul Yakin SB., dan Benyamin De Haan.
Inovasi Digital Jaswita Jabar
Dalam operasionalnya, Naufal memaparkan bahwa Jaswita Jabar menghadirkan terobosan dalam bentuk inovasi digital, antara lain:
Aplikasi SAREMAS Jaswita Jabar, merupakan Web Aplikasi berupa Dashboard sales report yang disertai target RKAP dari masing-masing unit bisnis. Keunggulan dari aplikasi ini yaitu bisa diakses oleh tiap karyawan atau bagian yang akan meng-input revenue.
“Salah satu manfaat dari aplikasi ini yaitu pihak manajemen bisa melihat secara realtime capaian target sales di bulan tertentu dibandingkan dengan targetnya dan juga bulan-bulan sebelumnya. Jika ada target yang belum tercapai, manajemen bisa langsung mengingatkan tim sales,” ujar Naufal.
Aplikasi iSeller, merupakan Aplikasi Point Of Sales (POS) untuk membantu dalam mengelola bisnis catering terutama meng-handle pesanan online. Keunggulan aplikasi ini yaitu bisa menerima pesanan dari GrabFood, GoFood, ShopeeFood. Selain itu adapula fitur pengelolaan produk, inventori, kerja shift karyawan, hingga laporan penjualan.
Sistem Informasi SDM Jaswita Jabar, merupakan Sistem Informasi HR terpusat berupa data karyawan berikut dengan perhitungan kehadiran, cuti, sakit izin, training, SK dan jabatan, dan juga untuk absensi karyawan secara digital.
“Aplikasi manajemen karyawan terpusat yang all in one solution dan mempunyai fitur lengkap sampai ke penilaian karyawan ini, sangat memudahkan manajemen untuk melakukan analisa dan evaluasi sumber daya manusia lebih lanjut,” pungkas Naufal.
Baca: TOP Digital Awards 2021: Jaswita Jabar Optimalkan Pemanfaatan TI dalam Bertransformasi