Penulis: Irawan
Editor: Teguh IS
Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang telah memanfaatkan Teknologi Informatika (TI) untuk menghadirkan layanan pelanggan yang mengalir tiada henti, melayani sepenuh hati.
Pemanfaatan TI secara berkesinambungan dalam operasionalnya, termasuk menghadirkan solusi bisnis yang efektif dan efisien itu, untuk mendukung terwujudnya visi perusahaan yaitu menjadi perusahaan air minum yang sehat dan dibanggakan dengan pelayanan prima yang berkelanjutan,
“Untuk mengembangkan TI secara berkesinambungan, kami berpedoman pada IT Master Plan 2020-2024,” kata Depri Setiawan selaku Kepala Bidang Software dan Database Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota dalam Penjurian TOP Digital Awards 2022, secara online, (18/11/2022).
Sebagai informasi, TOP Digital Awards adalah ajang pembelajaran dan penghargaan bidang TI tingkat nasional, diselenggarakan majalah It Works sejak tahun 2016 bekerjasama dengan sejumlah asosiasi dan lembaga konsultan TI dan Telco.
Tema yang diangkat dalam TOP Digital Awards 2022 ini adalah “The Strategic Impact of Digital Transformation in Business & Government.”Dalam kesempatan ini, bertindak sebagai dewan juri yaitu Agnes Theres, Melani K. Harriman, Dwinda Ruslan, Nurul Yakin SB., dan Subandi.
Langkah Strategis dan Fokus Bidang TI
Dalam kesempatan ini, Depri Setiawan menjelaskan bahwa IT Master Plan 2020-2024 Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang memuat 2 langkah strategis perusahaan.
“Pertama, Perencanaan dan Pengembangan Sistem dan Teknologi Informasi di Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang.”
“Kedua, menyelaraskan arahan dan prioritas pengembangan Sistem dan Teknologi Informasi sesuai dengan arah bisnis (road map) perusahaan,”
Saat ini, lanjutnya, fokus pengembangan TI Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang meliputi: Pemasangan sensor SPAM (Physical Interface Level), Menghadirkan Software Development Level di lapangan dan kantor, Menghadirkan Control and Monitoring Level (SCADA) serta Executive Level, serta terakhir, membangun bisnis usaha lain IT (Software as Service).
Inovasi Digital Unggulan
Depri Setiawan menyatakan dalam memberikan layanan ke pelanggan dan menjalankan operasional perusahaan, pihaknya telah menghadirkan sejumlah solusi bisnis yang selaras dengan moto perusahaan yaitu “Mengalir Tiada Henti, Melayani Sepenuh Hati”.
Lebih lanjut, ia memaparkan solusi bisnis yang telah dihadirkan Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang antara lain:
Pertama, Androidnisasi. Dengan solusi ini transformasi proses bisnis menjadi lebih efektif, efisien, dengan mendukung mobilitas yang tinggi.
Kedua, menghadirkan sistem informasi yang terintegrasi dengan data GIS. Solusi ini dihadirkan untuk mempermudah memetakan gangguan layanan.
Ketiga, menghadirkan SCADA. Dengan solusi ini proses memonitoring dengan pencatatan kondisi sistem penyediaan air minum untuk nilai tekanan, level reservoir, kualitas air menjadi lebih mudah dan efektif.
Keempat, mengintegrasikan bisnis proses dengan Key Performance Indicator. Solusi ini dapat membuat target setiap pekerjaan, menjadi dapat diukur secara otomatis sebagai dasar penilaian kinerja.
Baca: TOP Digital Awards 2022: Smart City Kota Malang Dukung Pengembangan Konsep “The Future Of Malang”
Baca: Teknologi Pengolahan Air: PDAM Kabupaten Malang berencana mengolah air sungai menjadi air bersih