Riset terbaru dari Statista memperkirakan jumlah pengguna pembayaran digital di Indonesia akan terus tumbuh, dengan e-commerce dan mobile payment meningkat masing-masing lebih dari 45 persen dan 18 persen dari tahun 2022 hingga 2027.
Sementara menurut Mastercard New Payments Index 2022, konsumen di kawasan Asia Pasifik termasuk pengguna pembayaran digital paling antusias di dunia, dengan 69 persen dari mereka menambah penggunaan setidaknya satu metode pembayaran digital dalam setahun terakhir.
Demikian disampaikan sejumlah narasumber di Media Gathering Ayoconnect dan Mastercard, Selasa, 31 Januari 2023, di Jakarta membahas mengenai kondisi Open Finance dan ekosistemnya dalam kondisi tech winter, dampak kerja sama sinergis Ayoconnect dan Mastercard, dan peluang di masa mendatang.
Acara itu menampilkan narasumber: Navin Jain, President Director, Mastercard Indonesia; Vishal Gupta, VP Products and Solutions, Mastercard Indonesia; Sahil Sondhi, VP Strategy and Corporate Development of Ayoconncet; Jakob Rost, Founder dan CEO Ayoconnect.
Hasil kedua riset itu tentu jadi kabar baik di tengah maraknya berita tentang sejumlah usaha rintisan dan e-commerce yang gulung tikar di Tanah Air.
Peluang Bagi Open Banking
Dalam acara ini juga, para narasumber menyatakan bahwa open banking di Indonesia berpeluang berkembang semakin pesat.
Seiring meningkatnya harapan konsumen untuk mendapatkan pengalaman pembayaran yang lebih baik, lanskap open banking yang berkembang pesat berpotensi menjadikan proses ini menjadi lebih sederhana dan lebih aman, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi dan inklusi keuangan, khususnya di Indonesia, di mana 51 persen populasinya belum tersentuh layanan perbankan.
Dengan open banking, masyarakat yang belum tersentuh layanan perbankan tersebut akan dapat mengakses berbagai produk keuangan, karena open banking mendorong terciptanya solusi alternatif dan inovatif yang lebih mudah diakses oleh konsumen.
Selain itu, para konsumen juga bisa memiliki akses penuh ke jejak finansial digital mereka, dan menggunakan data keuangan tersebut untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang keadaan finansial mereka secara keseluruhan, mulai dari tabungan dan deposito hingga kebiasaan belanja dan pembayaran bulanan seperti membayar tagihan langsung dari rekening bank mereka.
Baca: Ini Kata Ayoconnect tentang Strategi Hadapi Tech Winter dan Prediksi Ekosistem Fintech di 2023