ItWorks
  • Home
  • TOP Digital Awards
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • TIK Talks
  • More
    • Expert
    • ICT Profile
    • Fintech
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto
No Result
View All Result
  • Home
  • TOP Digital Awards
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • TIK Talks
  • More
    • Expert
    • ICT Profile
    • Fintech
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto
No Result
View All Result
ItWorks
No Result
View All Result

Laporan: “Manusia Penyebab Insiden Dunia Maya dengan Tingkat Keparahan yang Tinggi”

Teguh Imam Suyudi
29 May 2023 | 13:00
rubrik: Research
Ilustrasi Tim IT

Ilustrasi Tim IT (Gambar: Dok. Lenovo Indonesia)

Share on FacebookShare on Twitter

Pada tahun 2022, lebih dari tiga insiden dengan tingkat keparahan yang tinggi disebabkan oleh keterlibatan langsung manusia setiap harinya. Demikian temuan analis Security Operations Center (SOC) yang melakukan penelitian berdasarkan analisis insiden yang dilaporkan kepada pelanggan Kaspersky Managed Detection and Response (MDR).

“Laporan MDR menunjukkan bahwa serangan canggih yang digerakkan oleh manusia terus berkembang. Mereka membutuhkan lebih banyak sumber daya untuk diselidiki dan mereka menyita lebih banyak waktu para analis SOC karena jenis serangan ini cenderung otomatisasi pada tingkat yang lebih rendah,” dikutip dari siaran pers Kaspersky, 26/05/203.

Laporan Analis Deteksi dan Respons Terkelola (Managed Detection and Response) tahunan Kaspersky menunjukkan bahwa insiden dengan tingkat keparahan tinggi membutuhkan waktu rata-rata 43,8 menit untuk dapat dideteksi oleh Kaspersky MDR. Karena peningkatan serangan yang didorong oleh factor manusia, waktu pemrosesan ini meningkat sekitar 6% dibandingkan tahun sebelumnya, karena memakan lebih banyak waktu para analis SOC.

Mengenai tipe-tipe insiden tersebut, 30% di antaranya terkait dengan APT, 26% merupakan serangan malware, dan lebih dari 19% dihasilkan dari “peretasan etis” (pentest, tim merah/red teaming, atau jenis latihan dunia maya lainnya yang dilakukan di ruang lingkup pelanggan baik untuk penilaian keamanan sistem TI maupun pengujian kesiapan operasional layanan MDR). Proporsi insiden yang diakibatkan kerentanan kritis secara umum dan deteksi jejak serangan sebelumnya yang melibatkan manusia adalah sekitar 9%. Insiden yang tersisa dihasilkan dari keberhasilan penggunaan teknik rekayasa social (social engineering) atau terkait dengan ancaman orang dalam.

Baca juga: Hampir 50 Juta Insiden Lokal Terhadap Bisnis Di Asia Tenggara di 2022 Berhasil Digagalkan

BACA JUGA:  CIPG dan Fairwork Rilis Hasil Riset Fairwork Indonesia Rating 2023
Tags: Kaspersky
Previous Post

Kominfo dan MASTEL Tegaskan Perlunya Perkuat Kolaborasi Menuju Transformasi Digital yang Lebih Sehat dan Berkelanjutan

Next Post

Ini Jajaran Smartphone realme C Series yang Layak Diburu

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TOP DIGITAL AWARDS

Hanwha Life)

Terus Berinovasi, Hanwha Life Raih Golden Star Trophy di TOP Digital Awards 2024

Teguh Imam Suyudi
23 December 2024 | 19:00

BPJS Kesehatan Sabet Golden Trophy TOP Digital Awards 2024

BPJS Kesehatan Sabet Golden Trophy TOP Digital Awards 2024

Ahmad Churi
14 December 2024 | 23:19

Kazee Digital Indonesia Borong Dua Penghargaan di Ajang TOP Digital Awards 2024

Kazee Digital Indonesia Borong Dua Penghargaan di Ajang TOP Digital Awards 2024

Ahmad Churi
6 December 2024 | 21:25

Kesia Raih Penghargaan Bintang 4 TOP Digital Awards 2024

Kesia Raih Penghargaan Bintang 4 TOP Digital Awards 2024

Ahmad Churi
6 December 2024 | 06:35

Sharing Session TOP Digital Awards 2024

TOP Leader Berbagi Kisah Sukses Digitalisasi di Sharing Session TOP Digital Awards 2024

Teguh Imam Suyudi
5 December 2024 | 17:00

Load More

TERPOPULER

  • Amar Bank: “Layanan Bank Digital Bukan Hanya untuk Menambah Jumlah Nasabah, yang Terpenting untuk Edukasi Keuangan”

    Amar Bank: “Layanan Bank Digital Bukan Hanya untuk Menambah Jumlah Nasabah, yang Terpenting untuk Edukasi Keuangan”

    1 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Garmin Luncurkan Duo Smartwatch dan HRM Terbaru, Intip Fitur dan Harganya

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • realme C71 NFC Rilis di Indonesia, Smartphone dengan Baterai Terbesar di Bawah 2 Jutaan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Telkom Gelar Program Digistar Class Intern 2025 Batch 3 untuk Mahasiswa

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Digital Dorong Percepatan Pemulihan Ekonomi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
iklan bni

ICT PROFILE

Kaspersky Tunjuk Country Manager Pertamanya untuk Indonesia

Kaspersky Tunjuk Country Manager Pertamanya untuk Indonesia

Fauzi
28 May 2025 | 11:15

Perusahaan keamanan siber, Kaspersky, mengumumkan penunjukan Defi Nofitra sebagai Country Manager pertamanya untuk Indonesia, dengan fokus strategis pada segmen perusahaan...

Cloudera Tunjuk Leo Brunnick Jadi Chief Product Officer

Cloudera Tunjuk Leo Brunnick Jadi Chief Product Officer

Fauzi
28 March 2025 | 14:00

Cloudera, platform true hybrid untuk data, analitik dan AI, mengumumkan penunjukan Leo Brunnick sebagai Chief Product Officer, hari ini (28/3/2025)....

EXPERT

Menjembatani Teknologi Masa Kini dan AI di Masa Depan

Fauzi
16 June 2025 | 13:59

Oleh Matt Hicks, President and Chief Executive Officer, Red Hat Di kalender, ada 365 hari dalam satu tahun. Namun dalam...

Tiga Prioritas untuk Rumah Sakit Cerdas Masa Depan

Tren Kendaraan Terkini Buka Peluang Bagi Perombakan Software Machine Vision

Fauzi
5 June 2025 | 13:38

Oleh: Eric Ananda, Country Lead Indonesia, Zebra Technologies Pasar kendaraan listrik dan hybrid di Indonesia mengalami pertumbuhan luar biasa dalam...

TIK TALKS

Stephanus Oscar – Data Center dengan Kapasitas 6 Megawatt di Jakarta | It Works Podcast #5

Stephanus Oscar – Data Center dengan Kapasitas 6 Megawatt di Jakarta | It Works Podcast #5

redaksi
16 August 2022 | 15:30

Di masa akan datang banyak aplikasi yang akan membutuhkan low latency connectivity. Lalu apa kaitannya dengan Edge DC yang hadir...

Edward Samual – Memproses Data dari Hulu Sampai Hilir | It Works Podcast #4

Edward Samual – Memproses Data dari Hulu Sampai Hilir | It Works Podcast #4

redaksi
15 August 2022 | 12:30

Bagaimana cara mengolah Big Data sehingga dapat divisualisasikan, serta bagaimana dapat melakukan analitik dan dapat memprediksikan apa yang harus dilakukan...

  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Email

Itworks - Inspire Great & Telco for Business Performance | All Rights Reserved

  • Home
  • TOP Digital Awards
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • TIK Talks
  • More
    • Expert
    • ICT Profile
    • Fintech
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto