Maskapai nasional Garuda Indonesia melalui lini usaha layanan logistik kargo udara PT Garuda Tauberes Indonesia (GTI) meluncurkan terobosan terbaru aplikasi digital “tauberes” yang merupakan aplikasi digital pertama di Indonesia yang menghubungkan layanan kargo udara dengan agen pengiriman barang kepada masyarakat (end customers).
Adapun aplikasi Tauberes merupakan platform e-commerce yang menyediakan jasa pemesanan logistik, baik itu untuk kurir, air cargo gateway dan payment yang dikembangkan oleh PT Garuda Tauberes Indonesia (GTI).
Dalam siaran pers ke media, (11/9), Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha Garuda Indonesia, Mohammad Iqbal mengatakan bahwa hadirnya aplikasi “tauberes” ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Garuda Indonesia Group dalam menyediakan inovasi layanan digital yang dapat menjawab kebutuhan pengguna jasa dalam memenuhi kebutuhan pengiriman barang secara cepat, tepat, dan efisien serta adaptif terhadap perkembangan teknologi Informasi”.
“Perkembangan pesat industri e-commerce di Indonesia saat ini menjadikan sektor layanan logistik memiliki peran penting dalam menjembatani market e-commerce dengan masyarakat. Mengusung konsep smart logistic services, hadirnya aplikasi “tauberes” karya anak negeri ini kami harapkan dapat menjadi pilihan tersendiri bagi masyarakat yang membutuhkan layanan pengiriman barang secara online dengan basis layanan kargo udara yang terpercaya mulai dari akurasi waktu pengiriman, keamanan paket, hingga tarif yang kompetitif”.
Baca: Garuda Indonesia Cargo Mendukung Pertumbuhan Ekonomi serta Kargo Nasional
Sementara itu, Direktur Utama PT Garuda Tauberes Indonesia (GTI), Albert Burhan mengatakan bahwa Tauberes merupakan aplikasi yang didesain sebagai one-stop logistic solution yang akan memiliki tiga fitur utama, yaitu Kirim Paket, Kargo Udara, dan Belanja Online.
“Dengan dilengkapi fitur tracking antar pulau yang terkoneksi dengan sistem layanan penerbangan (maskapai), platform “tauberes” ini akan memudahkan para pengguna jasa untuk memonitor pergerakan paket kiriman secara real time. Berbeda dengan aplikasi lainnya, melalui aplikasi ini nantinya paket juga akan dapat dimonitor pada saat di airport dan di pesawat sehingga pengiriman barang akan dapat dimonitor secara keseluruhan”, jelas Albert.
Melalui aplikasi “tauberes” tersebut, para pengguna jasa dapat memilih penyedia jasa pengiriman barang yang telah bekerjasama dengan “tauberes”. Saat ini J&T Express, Lion Parcel, Aero Express, SAP dan Si Cepat telah menjadi partner, dan akan diikuti oleh partner2 yang lain, dengan pilihan metode pembayaran melalui LinkAja maupun pembayaran tunai.
Lebih lanjut Albert menambahkan bahwa pihaknya saat ini terus mengembangkan dan menyempurnakan aplikasi “tauberes” tersebut.
“Saat ini kami tengah mengembangkan fitur “market place” sebagai salah satu pilar utama pada aplikasi “tauberes” ini. Kedepannya aplikasi ini tidak hanya akan dapat menghubungkan penggemar kuliner nusantara dengan penyedia makanan favorit di berbagai daerah dengan jaminan pengiriman makanan maksimal dalam 8 jam, namun juga akan menghubungkan langsung nelayan dengan pasar domestik dan ekspor serta menunjang jaringan distribusi sektor UMKM nasional”, lanjut Albert.
“Pada tahapan pengembangan selanjutnya, aplikasi “tauberes” ini diharapkan tidak hanya akan memberikan kemudahan untuk berbelanja produk e-commerce namun juga menjadi solusi “one stop shopping” bagi pengguna jasa melalui fitur “market place”, dengan perangkat sistem smart logistic yang menghadirkan berbagai pilihan layanan jasa logistik yang dapat mempermudah pengguna jasa untuk memonitor proses pengiriman barang melalui smartphone dan perangkat tablet kapan saja dan dimana saja.”, tutup Albert.
Adapun saat ini aplikasi “tauberes” telah tersedia diseluruh platform mobile device, dapat digunakan baik IOS maupun android, dengan mengklik “tauberes.in “. Tauberes merupakan aplikasi berbasis Progressive Web Application (PWA); sehingga dapat memberikan keleluasan lebih penggunanya dalam menggunakan aplikasi tersebut di mobile device.