Home Indeks ICT Profile Haris Suparto Tome dikukuhkan sebagai Ketua Umum Forum Kepala Dinas Kominfo Kabupaten/Kota...

Haris Suparto Tome dikukuhkan sebagai Ketua Umum Forum Kepala Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se-Indonesia

Haris Suparto Tome dikukuhkan sebagai Ketua Umum Forum Kepala Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se-Indonesia
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Gorontalo Haris Suparto Tome, ST. MT., (kanan) dikukuhkan oleh oleh Dirjen Aptika Kominfo RI Semuel Abrijani Pangerapan (kiri) sebagai Ketua Umum Forum Kepala Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se-Indonesia, Rabu 6 November 2019, di Jakarta (Foto: Dokumentasi Kominfo Kabupaten Gorontalo)

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Gorontalo Haris Suparto Tome, ST. MT., dikukuhkan oleh Dirjen Aptika Kominfo RI Semuel Abrijani Pangerapan sebagai Ketua Umum Forum Kepala Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se-Indonesia, Rabu 6 November 2019, di Jakarta.

Haris terpilih sebagai Ketua Umum Forum Kadis Kominfo Kabupaten/Kota Se Indonesia dalam Munas Kadis Kominfo Kabupaten/Kota se-Indonesia bertempat di Hotel Aston Denpasar Kamis, 5 September 2019. Munas Kadis Kominfo Kabupaten/Kota se-Indonesia ini merupakan rangkaian dari kegiatan Forum e-Government yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI pada tanggal 4-6 September 2019.

Forum yang mewadahi Kadis Kominfo Kab/Kota dan Rekomendasi Munas itu memberi masukan bagi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dalam mengakomodasi kepentingan Dinas Kominfo Kabupaten/Kota.

Usai acara pengukuhan, kepada It Works yang mewawancarainya, Haris menjelaskan bahwa visi Forum Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten/Kota Se-Indonesia yaitu menjadikan Dinas Kementerian Komunikasi dan Informatika, khususnya di kabupaten dan kota, sebagai sebuah lembaga yang benar-benar punya peran yang signifikan di daerah.  Serta, membuat perkembangan teknologi betul-betul menjadi dambaan masyarakat dan digunakan sebaik-baiknya oleh masyarakat.

Untuk melakukan itu, langkah-langkah yang sudah dirumuskan oleh bersama-sama oleh teman-teman pengurus yaitu menjalin koordinasi dan komunikasi yang intens dengan kementerian yang berkaitan dengan perkembangan teknologi yaitu Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Dijelaskannya, langkah-langkah yang akan dilakukan dalam waktu dekat, menyelenggarakan rapat koordinasi di bulan Januari 2020 untuk sinergitas lembaga di pusat dan daerah. Di rapat ini akan dibicarakan prosedur penganggaran, prosedur regulasi untuk memperkuat peranan dan kelembagaan dinas kominfo di daerah.

Menurutnya, saat ini, secara umum tantangan yang masih dihadapi oleh dinas kominfo di kabupaten dan kota adalah aspek sumber daya manusia (SDM), penganggaran, dan kesadaran masyarakat.

“Untuk itu, kami berharap pemerintah pusat dalam hal ini Kominfo, Kemendagri, Kemenpan-RB, Bappenas, dan Kemenkeu dapat memperkuat sinergitas melalui dana dengan transfer ke daerah. Tujuannya, untuk menyeimbangkan antara penganggaran daerah dan pusat sehingga dinas kominfo memiliki peran yang lebih dilihat di daerah,” kata Haris.

Harapan saya kepada rekan-rekan kominfo di kabupatan dan kota untuk terus melakukan berbagai kreativitas dan inovasi yang baik yang selama ini sudah berjalan. Selanjutnya, kita perlu lebih menyatukan pikiran dan gerakan agar lembaga ini jadi kuat sehingga punya peran yang signifikan di daerah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here