Home Indeks Event TOP DIGITAL Awards 2019: Telkomsigma Hadirkan Total ICT Solutions

TOP DIGITAL Awards 2019: Telkomsigma Hadirkan Total ICT Solutions

Vice President (VP) Marketing & Customer Relation, Telkomsigma Bambang H. Purnomo (kanan berdiri) saat presentasi dan wawancara penjurian “Top Digital Awards 2019” di Gedung WTC I, Jl Jend, Sudirman, Jakarta, belum lama ini. (Rendy MR)

Jakarta. ItWorks-Tak hanya layanan Data Center (DC) dan Disaster Recovery Center (DRC), PT. Sigma Cipta Caraka atau Telkomsigma juga telah berhasil mengembangkan berbagai solusi dan aplikasi teknologi informasi (TI) sebagai penyedia end-to-end ICT (Information and Communication Technology) Solutions. Di tengah tingginya tuntutan transformasi digital dalam memasuki era industri keempat (Industri 4.0) yang sudah di depan mata, Telkomsigma siap menjadi partner (mitra) strategis dalam mendukung proses transformasi digital untuk berbagai kalangan,  baik dunia usaha, industri, dan lembaga atau institusi lainnya.

Di era teknologi informasi yang berkembang kian pesat dalam berbagai sendi kehidupan masyarakat, melakukan transformasi digital, bagi pelaku usaha atau industri, menjadi keniscayaan yang tak bisa dielakkan. Apalagi Pemerintah RI juga telah berkomitmen memasuki era industri keempat atau Industri 4.0 yang ditandai pencanangan “Making Indonesia 4.0” sebagai roadmap (peta jalan utama) menuju era Industri 4.0 yang sarat penggunaan teknologi informasi dan digitalisasi.

Tak hanya dunia usaha dan industri, tren digitalisasi dan tuntutan implementasi dan inovasi TIK di kalangan institusi atau lembaga kepemerintahan, juga makin tinggi. Apalagi berbagai kebijakan dan arah pengembangan sistem penyelenggaraan kepemerintahan juga mengarah pada layanan berbasis teknologi informasi dan digital. Hal ini juga sejalan dengan dikeluarkannya Peraturan Presiden (Perpres) No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Selain itu, dalam upaya mewujudkan sistem pemerintahan yang bersih, transparan, dan efisien , konsep smart city (kota pintar) berbasis teknologi informasi dan digitalisasi, juga kian banyak dikembangkan di sejumlah pemerintahan kabupaten maupun kota di seluruh Indonesia. Tak pelak jika proses transformasi digital kian bergairan dan marak, tak hanya di dunia usaha  dan industri, namun juga oleh Pemda di berbagai daerah.

Menyikapi tren meningkatnya tuntutan transformasi digital yang makin tinggi,Telkomsigma juga terus melakukan terobosan inovasi dan berkomitmen kuat menjadi bagian penting dari dinamika transformasi digital di Indonesia. Terutama melalui atau dengan menghadirkan berbagai layanan aplikasi ICT Solutions. Itulah makanya, Telkomsigma yang awalnya lebih dikenal sebagai penyedia solusi IT sektor usaha keuangan, belakangan telah merambaha ke berbagai sektor lain, mulai dari data center, DRC, cloud infrastruktur, dan berbagai solusi ICT melalui layanan system manage services.

“Saat ini Telkomsigma telah memposisikan diri menjadi ICT Total Solution Company bagi pelaku usaha, industri, dan berbagai lembaga dan institusi. Tak hanya data center dan DRC, saat ini Telkomsigma juga menyediakan berbagai aplikasi ICT untuk berbagai solusi korporat dan industri dalam melakukan transformasi digital. Mulai dari integrasi system management melalui aplikasi ERP, aplikasi core banking, layanan connectivity infrastruktur digital, dan berbagai IT Services lainnya. Intinya kami siap mendukung atau menjadi partner babgi banyak pihak dalam melakukan transformasi digital. Apalagi kami juga memiliki banyak mitra implementor ICT solution ini. Termasuk berbagai aplikasi berbasis cloud yang mulai banyak diminati sebagai strategi dalam mengakselerasi proses transformasi digital ini. Selama ini kami juga telah berperan besar dan menjadi bagian penting dari transformasi digital di Tanah Air. Hingga kini Telkomsigma memiliki 900 klien dari berbagai industri, termasuk layanan aplikasi ERP yang kami bangun sendiri bernama DG ERP atau dikenal dengan sebutan ERP Merah Putih” ungkap Vice President (VP) Marketing & Customer Relation, Telkomsigma Bambang H. Purnomo pada saat presentasi dan wawancara penjurian “Top Digital Awards 2019” yang diselenggarakan Majalah ItWorks bekerjasama dengan Konsultan Independent, dan sejumlah Asosiasi TI & TELCO yang berlangsung di Gedung WTC I, Jl Jend, Sudirman, Jakarta, belum lama ini.

Saat presentasi dan wawancara penjurian, Bambang H. Purnomo juga didampingi tim. Di antaranya General Marketing Off Marketing & Customer Relation Dewi Maharani, Head of Corcom Melinda Teja Astuti, Corporate Communication Adhimas Putra Dewangga, serta Keke dari marketing & Customer relation. Proses penjurian yang berlangsung sekitar 75 menit berjalan interaktif di depan empat tim dewan juri yang dimoderatori oleh M. Lutfi Handayani selaku CEO Majalah ItWorks.

Ditambahkan, saat ini Telkomsigma telah berhasil mengembangkan produk dan layanan untuk menjawab kebutuhan industri dan berbagai lembaga sesuai dengan tuntutan dan perkembangan teknologi global. Mulai dari data center, cloud services, hingga solusi back office untuk core industri bidang perbankan, keuangan, pertambangan, industri manufaktur, aplikasi e-ticketing untuk perusahaan transportasi, dan lainnya.”Dalam hal ini, kami juga didukung sumber daya manusia dan tenaga kerja yang berkompeten dan bisa diandalkan. Di seluruh Indonesia, saat ini kami memilki 1.800 karyawan yang tersebar di berbagai daerah,” ujarnya.

Dengan spirit menjadi urat nadi digitalisasi nasional, Telkomsigma telah mengembangkan fokus bisnisnya dengan mengembangkan berbagai solusi ICT. Sejak tahun 2011 telah mengembangkan layanan baru yaitu layanan Cloud Computing, antara lain Software as a Service dan Infrastructure as a Service, serta produk own software dengan merek Arium. Pada 2015, Telkom Sigma mengembangkan bisnis dan layanan yang hingga saat ini memfokuskan diri di empat bidang, yakni Data Center (DC), System Integration (SI), Cloud Solution, serta Managed Services.

Di bidang data center, TelkomSigma memiliki keunggulan dengan layanan data center Always on. Dalam operasinya Always on didukung 3 data center Telkom Sigma yakni di Serpong, Sentul, dan Surabaya. Telkom telah berhasil mengembangkan berbagai inovasi digital di berbagai sektor industri sehingga meningkatkan daya saing bangsa Indonesia. Termasuk mendukung pengembangan dan implementasi konmsep Smart City yang kini banyak dikembangkan di berbagai kota di Tanah Air.

Misalnya, IoT untuk Smart City yang diterapkan di Kota Bandung oleh pemerintahan melalui e-government untuk mengelola administrasi kota dan pelayanan publik dengan lebih efisien. Telkomsigma telah mendukung kota Bandung sebagai Smart City melalui layanan infrastruktur ICT untuk Kelurahan atau Desa melalui aplikasi e-kelurahan. Tujuannya, untuk mempermudah administrasi pelayanan kepada masyarakat secara praktis dan efisien dengan adanya aplikasi tersebut berbasis cloud computing.

Di sektor bisnis dan industri, Telkom sigma memliki portfolio luas, dengan melayani segmen solusi untuk berbagai industri, seprti perbakan, industri kesehatan, telekomunikasi, transportasi, dan sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN).(AC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here