Workshops AI Untuk Dorong Ekonomi dan Industri

Penulis Churry

Jakarta, ItWorks- Teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) memegang peran penting di era digital untuk peningkatan efisiensi dan daya saing industri bagi pertumbuhan ekonomi. Dalam kegiatan industri yang dditopang mekanisme robotik yang dimotori kecerdasan buatan, memungkinkan adanya peningkatan kinerja dan efisiensi.

Inovasi dan produktivitas merupakan kunci peningkatan daya saing bagi pertumbuhan ekonomi sebuah negara. Di era teknologi saat ini, setiap perusahaan atau organisasi, sangat membutuhkan teknologi digital untut mendukung proses produksi maupun operasional agar dapat terus bertahan dan bahkan bersaing di era yang kompetitif ini.

Hal tersebut terungkap dalam acara “Workshop Artificial Intelligence (AI) for Economic Growth and Social Good in The Digital Era” yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan International Institute of Communications (IIC) dan Australia Indonesia Partnership for Economic Development (PROSPERA) yang berlangsung (20/2), di Ballroom, Hotel Ashley, Menteng, Jakarta Pusat.

Sebagaimana diungkapkan Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu dalam siaran pers, kegiatan ini dimaksudkan untuk mendapatkan pemahaman bersama terkait perkembangan Kecerdasan Buatan dan penerapannya di Indonesia. Topik-topik diskusi dalam workshop ini membahas AI dalam perspektif yang lebih luas mencakup perkembangan teknologi, dampak ekonomi dan sosial, implikasi terhadap infrastruktur TIK dan upaya kolaborasi yang perlu dilakukan.

Dalam kesempatan itu, Kasubdit Pengembangan Ekonomi Digital, Ditjen Aptika, Luat Sihombing menyatakan, kecerdasan buatan merupakan salah satu teknologi yang diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat melalui inovasi-inovasi di berbagai sektor industri. Cara hidup masyarakat juga berubah setelah berbagai perusahaan startup berlomba-lomba menyediakan berbagai kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses berbagai layanan dan jasa yang mereka tawarkan.

Fenomena ini lanjutnya, juga mendorong masyarakat berharap mendapatkan kualitas pelayanan yang sama dari berbagai lembaga di kepemerintahan. Dalam kaitan ini, pemerintah juga mulai melakukan transformasi digital untuk meningkatkan kemampuan layanan pemerintah bagi masyarakat. “Pemerintah pusat berkomitmen membantu pemerintah daerah dan semua sektor industri mencapai mimpi tersebut,” tegasnya.

Dalam kesematan itu, ia juga mengapresiasi para narasumber yang hadir dalam workshop ini dan berharap pengetahuan yang didapat bisa mendorong transformasi digital di Indonesia.

Acara ini menghadirkan beberapa narasumber yang berasal dari Kementerian/Lembaga serta sektor swasta yang bergerak di bidang IT dan startup diantaranya BPPT, Google, Halodoc, dan Cisco. Workshop ini dihadiri oleh peserta dari berbagai Kementerian/Lembaga. Di antaranya Kementerian Kominfo, BRTI, dan Kementerian/Lembaga lain yang terkait dengan TIK dan perdagangan, serta beberapa asosiasi dan pelaku usaha terutama yang bergerak di bidang teknologi. (AC)

BACA JUGA

Leave a Comment