BSSN Raih Penghargaan Dari ANRI

Penulis Churry

ItWorks- Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menerima Anugerah Pengawasan Kearsipan Tahun 2019 dengan predikat “Memuaskan” dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Penghargaan diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Apara,ur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo pada (26/2), mewakili Presiden yang diterima oleh Sekretaris Utama BSSN, Syahrul Mubarak pada acara Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Kearsipan di The Sunan Hotel, Surakarta.

Anugerah Pengawasan Kearsipan merupakan salah satu upaya ANRI untuk meningkatkan kinerja dan mutu kearsipan pada institusi dan lembaga kepemerintahan. Seperti Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota secara berkelanjutan dengan menggunakan instrument yang terukur untuk mendorong peningkatan penyelenggaraan kearsipan, dimana nilai hasil pengawasan kearsipan merupakan salah satu komponen dalam penilaian reformasi birokrasi.

Berdasarkan publikasi Bagian Komunikasi Publik, Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat – BSSN, anugerah yang diterima BSSN tersebut mencerminkan penyelenggaraan kearsipan di BSSN telah sampai pada tingkat tercipta ketersediaan arsip yang autentik dan terpercaya, terwujudnya pengelolaan arsip yang andal, pelindungan kepentingan negara dan hak-hak keperdataan rakyat, keselamatan dan keamanan arsip, keselamatan aset nasional serta meningkatkan kualitas pelayanan publik BSSN. Acara yang dihadiri lebih 850 penggiat arsip berbagai institusi di seluruh Indonesia tersebut dibuka oleh Plt. Kepala ANRI M. Taufik dan dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Walikota Solo Hadi Rudyatmo dan pejabat perwakilan penerima penghargaan.

Syahrul Mubarak berharap BSSN dapat mempertahankan prestasi yang telah dicapai seraya memberikan ucapan selamat dan rasa terima kasih kepada semua arsiparis dan pengelola arsip di BSSN telah bekerja profesional sehingga BSSN mendapatkan penghargaan pengawasan kearsipan tahun 2019 dengan predikat memuaskan.

Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) BSSN melengkapi keamanan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) milik ANRI yang sudah digelar di beberapa pemerintahan daerah. Aplikasi SIKD/e-Surat merupakan aplikasi kearsipan berbasis web, hasil sinergi strategis dengan ANRI selaku instansi pembina kearsipan nasional dan BSSN sebagai pengemban tugas pengamanan informasi milik pemerintah.

Sertifikat Elektronik BSrE BSSN memberikan jaminan keutuhan data serta nir penyangkalan sebagai bentuk keamanan transaksi dokumen elektronik dalam mendukung tata pemerintah baik. Sertifikat Elektronik mudah dan praktis digunakan untuk melakukan tanda tangan digital sebagai sarana legalitas suatu dokumen dengan jaminan hukum. (AC)

BACA JUGA

Leave a Comment