BI Jabar Dukung Inovasi Digital Pertanian Lewat Aplikasi Jual Sayuran

Penulis Teguh Suyudi

Sejalan dengan program Bank Indonesia yaitu membangun New UMKM yang berdaya saing, digital, dan berkontribusi optimal pada ekonomi, BI Jabar pun berkomitmen bersama-sama pemerintah daerah dan akademisi untuk terus menghasilkan klaster ketahanan pangan yang andal dan memiliki daya tahan terhadap perubahan global yang terjadi. 

Caranya dengan mendukung pemanfaatan teknologi digital oleh Gapoktan Lembang Agri untuk menghasilkan sinergi lebih luas. “Ini sejalan dengan semangat kita bersama untuk mengendalikan penyebaran virus Covid-19 tapi dengan tetap mendukung keberlangsungan bergeraknya perekonomian masyarakat,” kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jabar, Herawanto usai meluncurkan aplikasi dan laman www.jualsayuran.com, 5/6.

Laman dan aplikasi jualsayuran.com merupakan prestasi hasil gagasan kelompok petani Agri Muda yang merupakan bagian dari Gapoktan Lembang Agri

Mereka, meraih Juara 1 Klaster Championship Bank Indonesia Tahun 2018 dan Juara 1 Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Terbaik Tingkat Nasional pada tahun 2019.

Kelompok petani Agri Muda bukan hanya menghasilkan komoditas berkualitas ekspor, tapi juga menghasilkan berbagai inovasi pemanfaatan teknologi. Inovasi teknologi itu, salah satunya aplikasi Jual Sayuran, mereka manfaatkan untuk mendukung kegiatan digital farming baik dari hulu dan hilir serta memberikan kemudahan masyarakat dalam mengakses bahan pangan. 

“Pemasaran melalui daring mendukung implementasi transaksi nontunai di masyarakat yang sangat adaptif terhadap teknologi di era New Normal,” kata Herawanto.

Pemasaran daring juga bisa berkontribusi terhadap percepatan digitalisasi ekonomi dan keuangan di Indonesia yang juga menjadi salah satu program BI.

BACA JUGA

Leave a Comment