Intel Perkenalkan Thunderbolt 4 dengan Sejumlah Peningkatan

Penulis Fauzi

Intel memperkenalkan standar konektivitas baru, Thunderbolt 4. Untuk diketahui, sebelumnya Intel telah melepas Thunderbolt 3 yang memiliki kecepatan 40Gbps yang ditawarkan hingga USB 4.0.

Thunderbolt 4 disebut tidak terlalu jauh berbeda dengan pendahulunya, hanya saja ada peningkatan untuk spesifikasi minimum.

Thunderbolt 3 mendukung kecepatan 40Gbps dan dual display 4K, tetapi yang berbeda di sini datang dari spesifikasi minimum untuk Thunderbolt 4. Saat ini mungkin banyak perangkat ultrabook yang menggunakan Thunderbolt 3, tetapi dengan hanya setengah dari bandwidth. Dengan Thunderbolt 4, OEM tidak akan dapat melakukan hal demikian lagi.

Beberapa peningkatan yang dibawa Thunderbolt 4 di mana kini mendukung kabel hingga dua meter, dan bisa disambungkan ke layar 8K. Dock perangkat kini bisa memiliki hingga empat port Thunderbolt 4, dan ketika mouse atau keyboard terhubung ke dock, pengguna dapat mengklik untuk ‘menghidupi’ PC dari keadaan ‘sleep’.

Kapan PC dengan Thunderbolt 4 sudah bisa dibeli, belum diketahui? Kemungkinan baru akhir tahun ini. Seperti dilansir laman Neowin, teknologi baru ini disebut akan diintegrasikan ke dalam chip ‘Tiger Lake’ generasi ke-11 dari Intel. (Fauzi)

BACA JUGA

Leave a Comment