MPP Banda Aceh Diharapkan Jadi Contoh di Pulau Sumatera

Penulis Churry

ItWorks- Pemerintah Kota Banda Aceh berhasil menyulap pasar menjadi Mal Pelayanan Publik (MPP) untuk layanan terpadu yang terintegrasi dengan sistem IT (informatioan technology). Langkah tersebut diharapkan bisa diikuti atau bahkan dijadikan contoh bagi pemerintah kota lain, khususnya di Pulau Sumatera.

Hal tersebut diungkapkan Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Noviana Andrina, saat audiensi dengan Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman, Senin (14/09). “Semoga MPP Banda Aceh menjadi rujukan untuk wilayah Sumatra,” ungkapnya sebagaimana dilansir Humas KemenPANRB dalam portal web resmi KemenPANRB, baru-baru ini.

Disebutkan, MPP di ibu kota Provinsi Aceh ini memiliki 101 jenis layanan dari 26 instansi. Lokasinya yang strategis, yakni di area Pasar Aceh, sehingga juga bisa menggeliatkan perekonomian masyarakat Banda Aceh. Noviana juga memberikan beberapa rekomendasi perbaikan atau usulan agar layanan di MPP Banda Aceh lebih optimal. Noviana memberi masukan agar arus lalu lintas di sekitar atau menuju MPP ini dibenahi, agar tidak terjadi kemacetan arus lalu lintas.

Dalam audiensi tersebut, Noviana menyampaikan bahwa hasil evaluasi pelayanan publik tahun 2019, Kota Banda Aceh meraih indeks pelayanan publik (IPP) tertinggi di Provinsi Aceh, yaitu 4,05 dengan kategori A- (Sangat Baik). IPP merupakan hasil akumulasi dari tiga unit penyelenggara pelayanan yang menjadi lokus evaluasi tahun 2019. Di antaranya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). RSUD mendapatkan IPP 3,79 (kategori Baik), DPMPTSP meraih IPP 4,21 (kategori Sangat Baik), dan Disdukcapil dengan IPP 4,14 (kategori Sangat Baik).

Menurut Noviana, komitmen dan langkah strategis kepala daerah merupakan kunci utama dalam mewujudkan pelayanan prima suatu unit pelayanan publik. Pihaknya juga akan terus melakukan koordinasi untuk meningkatkan pelayanan publik dari berbagai sisi. (AC)

BACA JUGA

Leave a Comment