BSN Manfaatkan Aplikasi IT Unggulan untuk Memudahkan Pelayanan

Penulis redaksi
TOP DIGITAL Awards 2020

Reporter: Miroji

Editor: Teguh Imam S.

Badan Standardisasi Nasional (BSN) merupakan lembaga pemerintah non-kementerian di Indonesia yang mempunyai tugas pokok melaksanakan tugas pemerintahan di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian. Untuk mendukung tugas pokoknya tersebut, pemanfaatan Teknologi-Informasi (TI) menjadi solusi.

“IT di BSN saat ini sudah mempengaruhi dan mengubah perilaku pegawai BSN dalam menjalankan kegiatan operasional sehari-hari,” ujar Slamet Aji Pamungkas, Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Badan Standardisasi Nasional (BSN) saat penjurian TOP Digital Awards 2020 oleh Majalah ItWorks secara online, Jum’at (16/10).

“Apalagi di masa pandemi Covid-19, IT mampu mendukung perubahan perilaku pegawai BSN dalam pemanfaatan TIK,” tambah Slamet Aji Pamungkas.

IT master plan di BSN sudah dibuat sejak tahun 2018 dan mengalami perbaikan tiap tahunnya sesuai perkembangan zaman.

Kepala BSN Kukuh S. Achmad juga mendukung penuh pemanfaatan TIK untuk meningkatkan kinerja internal BSN maupun peningkatan kualitas layanan masyarakat. Slamet mengungkapkan, “Dalam pemanfaatan TIK ini dukungan Kepala BSN sangat tinggi.”

Baca: TOP DIGITAL Awards 2019: BSN Permudah Pengajuan SPPT SNI Melalui Bangbeni

Berikut Sejumlah Aplikasi Unggulan BSN

BSN telah memanfaatan sejumlah aplikasi TIK baik untuk kepentingan internal maupun eksternal, antara lain:

Aplikasi s-Sign (Tanda Tangan Digital), Aplikasi s-Sign merupakan Fasilitas penanda tanganan digital terhadap suatu dokumen secara online. Ini dimaksudkan untuk meningkatkan level keamanan dokumen dari pemalsuan dan menjadi solusi saat pandemi Covid-19 (WFH) seperti saat ini.

Aplikasi Presensi Online untuk absensi pegawai secara online guna identifikasi WFH dan WFO.

Aplikasi Dahara (Daftar Hadir Rapat Online) merupakan fasilitas absensi rapat secara online.

Pusat Data dan Sistem Informasi Badan Standardisasi Nasional (BSN) saat sesi Wawancara dengan Dewan Juri secara online di ajang TOP DIGITAL Awards 2020 yang digelar Majalah IT Works, Jakarta, Jumat (16/10/2020). Foto: IT Works.

Aplikasi Simpeg (Sistem Informasi Kepegawaian) dimaksudkan untuk mengintegrasikan antara data pegawai, data absensi dan data kinerja pegawai.

Aplikasi Sipakar (Sistem Informasi Pelaksanaan Kegiatan dan Anggaran) ialah fasilitas perencanaan, realisasi dan monev anggaran dan kegiatan.

Aplikasi Akses SNI adalah fasilitas membaca dokumen SNI secara online yang terbuka untuk umum.

Aplikasi Bang Beni (Barang-barang Ber SNI) adalah Penerbitan SPT SNI secara online yang didukung dengan tanda tangan digital dan berisi data dan informasi barang-barang ber SNI yang bisa menjadi referensi bagi pihak berwajib.

Aplikasi Pembimbingan SNI adalah Fasilitas bagi UMKM untuk pembimbingan penerapan sertifikasi SNI.

Aplikasi Pesta (Pemesanan Standar Online) merupakan fasilitas pemesanan atau pembelian dokumen SNI secara online untuk memberikan solusi bagi yang terkendala soal jarak dan waktu.

“Penyediaan layanan publik secara online ini untuk memudahkan masyarakat dalam menikmati layanan standardisasi dan penilaian,” pungkas Slamet.

Baca: BSN Dorong Obyek Wisata Alam Terapkan SNI

Baca: Melalui SPK, BSN Dukung Pemerintah Tangani Pandemi Covid-19

BACA JUGA

Leave a Comment