PAYFAZZ, Layanan Keuangan untuk UMKM dan Masyarakat Unbanked

Penulis Fauzi

PT Payfazz Teknologi Nusantara merupakan salah satu perusahaan pengembang fintech (financial technology) di Indonesia dengan layanan bernama PAYFAZZ.

Berdiri sejak empat tahun lalu, PAYFAZZ merupakan Super Application yang menyediakan layanan keuangan untuk masyarakat yang saat ini belum punya akses layanan keuangan atau belum memiliki rekening bank/unbanked.

Seperti tertuang dalam laman resmi perusahaan disebutkan bahwa teknologi yang dikembangkan oleh PAYFAZZ merupakan layanan keuangan dalam bentuk aplikasi berbasis keagenan untuk menjadi solusi utama pembayaran sehari-hari bagi masyarakat Indonesia.

“Jadi, secara bisnis kita menyediakan fitur-fitur atau aplikasi untuk dipakai oleh UMKM atau kita menyebutnya (sebagai) agen. Nah, agen ini merepresentasikan sejenis bank cabang untuk menyediakan layanan keuangan bagi mereka yang belum bisa mengakses layanan keuangan dengan baik,” ungkap Ricky Winata, Chief Technology Officer, PT Payfazz Teknologi Nusantara dalam sesi Presentasi dan Wawancara dengan Dewan Juri TOP DIGITAL Awards 2020 secara online yang diselenggarakan majalah IT Works.

Lebih lanjut Ricky menjelaskan bahwa sebagai perusahaan aggregator, tentu banyak layanan yang di-agregat, (mulai) dari penyedia layanan keuangan dan juga telekomunikasi.

“Beberapa bisnis yang kita masukkan ke dalam aplikasi yang bisa dimanfaatkan oleh agen kita, seperti (layanan jual) pulsa, (token) PLN, transfer dana, dan ada beberapa hal lainnya yang cukup banyak kita sediakan di dalam aplikasi yang bisa dimanfaatkan oleh agen kita untuk bisa menyediakan layanan ke masyarakat di sekitar mereka,” tandas Ricky.

Selain itu, ucap Ricky, pihaknya juga memberikan solusi untuk agen PAYFAZZ sendiri untuk mengembangkan bisnis mereka. “Misalnya dengan memberikan pinjaman yang mana kita bekerja sama dengan peer to peer lending yang ada,” jelas Ricky.

Sementara berkaitan dengan era new normal, Ricky menegaskan bahwa PAYFAZZ tidak banyak memakai aplikasi yang berbeda untuk menjalankan operasional perusahaan.

“Karena dari awal kita memang sudah memanfaatkan begitu banyak teknologi yang memungkinkan kita untuk bisa menjalankan operasional dalam perusahaan dengan sangat baik, bahkan di dalam masa-masa seperti sekarang ini,” tutup Ricky. (Fauzi)

BACA JUGA

Leave a Comment