PT BPR Bank Sleman (Perseroda) Rambah Layanan Digital Banking

Penulis Churry

Jakarta, ItWorks- Sejak awal tahun ini (per 1 Januari 2020 ), Bank Sleman resmi berubah badan hukum, dari sebelumnya Perusahaan Daerah (PD) BPR Bank Sleman menjadi PT BPR Bank Sleman (Perseroda). Sejak itu, berbagai terobosan dan inovasi dilakukan, salah satunya dengan meningkatkan transformasi digital bisnis menuju layanan perbankan yang lebih modern.

Seiring peningkatan status badan hukum usaha ini, sejumlah strategi inovasi bisnis juga dilakukan perusahaan. Di antaranya meningkatkan sistem manajemen untuk layanan perbankan dengan meningkatkan sistem aplikasi core banking dengan fitur dan dukungan teknologi yang lebih mumpuni. Termasuk dengan mengadopsi teknologi informasi terkini sebagai bagian dari strategi menuju layanan digital banking bagi para nasabah.

“Peningkatan kapasitas teknologi informasi sudah kami lakukan di sistem manajemen, dan juga operasional layanan dengan melakukan penggantian core banking system dengan teknologi dan versi yang lebih tinggi. Dari sisi teknologi, kami berusaha untuk terus maju. Dimulai dari internal, kami membangun portal internal sebagai sistem Informasi Bank Sleman multi aplikasi. Penerapan Informasi dengan program paperless, informasi melalui email-email dan lainnya. Terkait digitalisasi, kami juga sudah memiliki layanan elektronik banking di antaranya mobile Collection untuk marketing mobile dan layanan digital pembayaran (cashless)- KERIS Sembada yang dapat diaplikasikan melalui smartphone yang mulai kami aplikasikan untuk pedagang kuliner,” ujar Direktur Utama PT BPR Bank Sleman (Perseroda), Muhammad Sigit, SE, M.Si dalam paparan dan presentasi di ajang penjurian “Top Digital Awards 2020” yang berlangsung (12/11) secara virtual yang dihelat Majalah ItWorks bekerjasama dengan Konsultan Independent, dan didukung sejumlah Asosiasi TI & TELCO Indonesia, di Jakarta.

Menurut Sigit, dengan teknologi mobile collection, aktivitas marketing dan layanan bank bisa dilakukan secara cepat oleh petugas di lapangan. Inovasi mobile collection sudah dioperasikan sejak tahun lalu, dibuat untuk mempermudah para petugas dalam proses input setoran melalui smartphone dan EDC. Hal ini juga dimaksudkan agar layanan jemput bola semakin efektif dan nasabah bisa langsung mendapat bukti setoran tanpa harus datang ke kantor.

Beberapa fitur dalam aplikasi Mobile Collection antara lain: input setoran, laporan rekapitulasi keseluruhan dan laporan closing harian. Ada juga SMS Blast atau SMS Masking yang bisa digunakan untuk layanan kepada para nasabah untuk informasi tagihan, promosi, dan keperluan lainnya.

“Teknologi ini sangat bermanfaat untuk layanan jemput bola bagi para nasabah pedagang di pasar-pasar tradisional untuk cash collection. Meraka bisa melakukan setoran atau angsuran kepada dan bisa langsung mendapat bukti setoran yang langsung terintegrasi di sistem bank. Teknologi ini juga sangat bermanfaat untuk layanan sekaligus meminimalisir terjadinya fraud oleh kolektor,” ujarnya di hadapan dewan juri terdiri Hidayat Tjokrodjojo (Apkomindo), Dwinda Ruslan (Advisor Majalah ItWorks), Kusuma Prabandari (Dwika Consulting) dan Melani Hariman (Melani K Hariman Associate).

Sedangkan produk layanan KERIS Sembada yang mulai dibangun 2020 juga dalam rangka mendukung program transaksi non tunai. Layanan digital ini tak lain untuk semakin memudahkan nasabah dalam pembayaran (cashless) karena yang dapat diaplikasikan melalui smartphone. Fitur Unggulan : dapat menerima segala macam pembayaran online yang support dengan QRIS. Sehingga memudahkan dalam melakukan transaksi bagi nasabah Bank Sleman sekaligus meningkatkan Brand Image perusahaan.

PT BPR Bank Sleman (Perseroda) atau dikenal dengan Bank Sleman merupakan BUMD milik Pemerintah Kabupaten Sleman dengan komposisi kepemilikan saham sebesar 99,5 % milik Pemerintah Kabupaten Sleman dan 0,5% milik Koperasi Pegawai Republik Indonesia-Koperasi Pegawai Kabupaten Sleman (KPRI-KP2KS).

Sesuai dengan visi dan misi, Bank Sleman bertekad menjadi bagian usaha Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman dalam meningkatkan perekonomian daerah melalui sektor pembiayaan UMKM.Bank Sleman bergerak di bidang usaha jasa perbankan dengan produk utama berupa tabungan, deposito dan kredit. (AC)

BACA JUGA

Leave a Comment