Jajaran Produk Unggulan dan Gebrakan PT Realta Saat Pandemi

Penulis Fauzi

PT Realta Chakradarma merupakan salah satu perusahaan pembesut software asal Indonesia yang kiprahnya terbilang cukup panjang. Bagaimana tidak, perusahaan ini telah mengembangkan bisnis software management system sejak tahun 1983. Tak heran berbagai produk pun telah ditelurkan PT Realta, baik itu untuk perhotelan, apartemen, mal, untuk sistem HRIS (Human Resource Information System), dan sebagainya.

Pertama di Indonesia Terapkan ISO 9001
Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang IT, PT Realta Chakradarma menjalankan aktivitas usaha pengembangan solusi TIK sebagai sarana Transformasi Digital bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia dan mancanegara.

“Karena tentunya sebagai perusahaan software, apa lagi kami ini masih lokal (belum ada investasi dari luar) kami harus bersaing, tidak hanya di Indonesia, sebagai satu pasar yang benar-benar diminati, tetapi juga dimancanegara. Terutama untuk sistem yang memang bisa Go Internasional, seperti sistem perhotelan kami,” ungkap Rizaldi Sistiabudi, Marketing Director PT Realta Chakradarma pada sesi Presentasi dan Wawancara dengan Dewan Juri TOP DIGITAL Awards 2020 secara online yang diselenggarakan majalah IT Works.

Untuk mendukung operasional, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang TIK, PT Realta didukung oleh karyawan yang sebagian besar memiliki latar belakang TIK dan terbiasa bekerja menggunakan bantuan sistem TIK. Sementara dengan tujuan agar Human Capital-nya terus-menerus terbarui angkatan muda (millennial), PT Realta bekerja sama dengan Universitas Bina Nusantara untuk memberikan peluang magang bagi mahasiswanya.

Sementara dari produk yang dihasilkan, terutama dalam prosedur pengembangan aplikasi/solusinya PT Realta telah menerapkan ISO 9001:2015.

“Kualitas merupakan sesuatu yang sangat penting, itulah mengapa Realta menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang mendapat ISO 9001, yang mendapat ISO sertification untuk kategori perusahaan software,” jelas Rizaldi.

Cepat Lakukan Adaptasi dan Adopsi Kala Pandemi
Seiring kiprah perusahaan yang sudah berusia 37 tahun, PT Realta tentunya memiliki berbagai solusi bisnis unggulan yang membuat perusahaan tetap eksis hingga saat ini. Di antara solusi bisnis unggulannya adalah SIAPP yang merupakan sistem SDM yang terintegrasi, untuk me-manage produktivitas karyawan secara efektif, menilai performance dan cost-saving perusahaan.

SIAPP memiliki fitur unggulan berupa mobile ESS, untuk employee self service yang dimungkinkan untuk melakukan absensi melalui ponsel. “Ini fitur yang sangat diunggulkan terutama di era new normal ini,” kata Rizaldi.

Selain itu, SIAPP juga memiliki fitur Payroll Modul, yang dengannya perusahaan bisa menghitung gaji dalam waktu singkat, laporan pajak & BPJS dalam format yang sudah siap kirim ke Dirjen Pajak dan BPJS. SIAPP juga memiliki kemampuan untuk beradopsi setiap peraturan-peraturan pajak secara otomatis. “(Fitur) ini telah kami deploy ke puluhan perusahaan pabrik-pabrik yang menerapkan dan mengadopsi insentif pajak dari pemerintah saat pandemi ini,” tandas Rizaldi.

Selanjutnya ada solusi bisnis perhotelan bernama Rhapsody. Diimplementasikan sejak tahun 1988, Rhapsody merupakan suatu sistem IT yang mengelola keseluruhan proses hotel dari awal proses reservasi tamu hingga proses pengelolaan di back office. Dengan Rhapsody, semua proses terintegrasi, saling samgung sehingga manajemen hotel menjadi mudah dikelola, dimonitor, efektif dan efisien.

“Ketika kita masuk masa pandemi, hotel-hotel juga butuh yang contactless, orangnya datang cek in sendiri pakai handphone, itu yang kita butuhkan sekarang. Tentunya dari sisi kami, karena sistem kami terintegrasi dari depan dan belakang, mudah sekali untk membuat satu integrasi seperti ini. Jadi, sistem yang diinginkan oleh klien kami, sudah kami terapkan di beberapa hotel dan kami sudah mulai rollout ke hotel-hotel yang sudah re-opening lagi,” ujar Rizaldi.

PT Realta juga membesut produk dengan nama Bimasakti As A Service yang merupakan sistem khusus untuk property management, yang berfungsi untuk menyederhanakan proses monitor, kontrol dan analisa dari setiap aktivitas operasional property.

Sementara untuk solusi bisnis yang diterapkan pada internal perusahaan, PT Realta memiliki beberapa solusi antara lain, Ivanti SO (pembuatan Sales Order dan approval atasan terhadap SO yang di-create oleh sales secara online; solusi video conference Microsoft Teams; Ivanti Ticketing System untuk klaim pengobatan, klaim pemakaian bensin/tol/parkir dan proses icare internal; serta Ivanti Daily Activity & Weekly Huddle yang merupakan solusi pencatatan terhadap aktivitas karyawan secara harian dan mingguan.

Rizaldi menegaskan dalam menghadapi tantangan Covid-19, Realta berhasil mengembangkan solusi-solusi baru juga. Solusi baru tersebut ada di produk-produk unggulannya seperti proses cek in (hotel) yang benar-benar harus contactless, (serta) proses untuk melakukan absensi ketika orang-orang itu bekerjanya tidak di suatu tempat.

Berkat kecepatan perusahaan dalam melakukan adaptasi dan adopsi sebagai hal yang patut dicontoh dari PT Realta. ”Layak dicontoh, karena yang diunggulkan saat ini adalah kecepatannya. Kecepatan di mana kami bisa beradaptasi dan beradopsi,” tutup Rizaldi. (Fauzi)

BACA JUGA

Leave a Comment