ItWorks
  • Home
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • ICT Profile
  • Expert
  • TIK Talks
  • More
    • Fintech
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto
No Result
View All Result
  • Home
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • ICT Profile
  • Expert
  • TIK Talks
  • More
    • Fintech
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto
No Result
View All Result
ItWorks
No Result
View All Result

Simak Situs Belanja Online yang Paling Diminati Masyarakat Selama Ramadan 2022

Teguh Suyudi
26 May 2022
rubrik: Research
e-commerce

Ilustrasi e-commerce

Share on FacebookShare on Twitter

Sebanyak 77% konsumen di Indonesia mengaku Shopee merupakan merek yang paling diingat atau menjadi top of mind saat ingin berbelanja kebutuhan keluarga maupun individu selama bulan Ramadan 2022.  

Posisi berikutnya ditempati Tokopedia 18% dan Lazada 4%. Situs belanja online lain yang juga disebut konsumen adalah Bukalapak, Blibli, dan JD.ID

Demikian salah satu hasil riset yang dilakukan Snapcart terkait perilaku belanja online masyarakat selama bulan Ramadan 2022 di Indonesia. Riset konsumen ini dilakukan untuk untuk mengetahui tren perilaku masyarakat dalam berbelanja online selama tiga bulan terakhir. Di dalamnya meliputi bulan Ramadan hingga perayaan Hari Raya Idul Fitri. Riset tersebut dilakukan dengan metode online yang diikuti oleh 1000 responden dari usia 20-35 tahun, yang tersebar di berbagai area di Indonesia.

Astrid Wiliandry, Direktur Snapcart Indonesia mengatakan, di bulan suci Ramadan, situs belanja online semakin diminati dan menarik perhatian masyarakat. Di antara tiga pemain e-commerce, Shopee terlihat paling aktif dalam memperkuat posisinya melalui berbagai program yang dihadirkan, seperti iklan, acara TV, live stream, video, promo, dan kolaborasi lainnya. 

“Hal itu yang menjadi salah satu alasan kuat yang menjadikan Shopee unggul dalam penilaian merek yang paling diingat selama bulan Ramadan dengan persentase yang cukup signifikan,” jelasnya dalam siaran pers, Kamis (26/05/2022). 

Dari survei tersebut, terdapat tiga program yang paling diminati oleh responden. Shopee Big Ramadan Sale merupakan program yang paling diminati dimana 88% responden mengaku turut berbelanja dan memanfaatkan promo serta hiburan yang dihadirkan Shopee, diikuti dengan 41% belanja di Tokopedia Ramadan Ekstra, 19% berbelanja di Lazada Ramadan Festival, dan 3% tidak menyebut.

Tren perilaku belanja online juga dapat diamati melalui pilihan produk paling banyak dibeli selama Ramadan 2022. Riset Snapcart menunjukkan, fashion dan aksesoris tetap menempati posisi paling tinggi 68%, diikuti sebanyak 49% responden membeli produk-produk makanan dan minuman untuk melengkapi kebutuhan sehari-hari untuk sahur dan berbuka selama Ramadan. Kemudian sebanyak 45% responden membeli produk kosmetik dan perawatan, sedangkan 31% responden lainnya mengaku membeli peralatan rumah tangga.

“Ini sesuai dengan budaya Indonesia, Ramadan dan Lebaran identik dengan memakai baju baru. Produk fashion dan aksesoris pun menjadi peringkat nomor satu,” tutup Astrid.

Baca: Ini Tren Belanja Ritel di Tanah Air Selama Idul Fitri 2021

Tags: BlibliBukalapakJD.IDLazadashopeeSnapcart
Previous Post

Ini Rupanya Penyebab PHK Karyawan Perusahaan Startup di Tanah Air

Next Post

Ikutan Yuk Lomba Bikin “Microsite”

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TERPOPULER

  • Mempersiapkan Masa Depan UKM dan Startup Digital dengan Investasi Teknologi yang Tepat

    Cara Mudah Mengurus Surat Pindah Domisili secara Online

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • TOP Digital Awards 2023, Ajang Penilaian dan Penghargaan IT & Telco Terbesar Tingkat Nasional Siap Digelar

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Amar Bank: “Layanan Bank Digital Bukan Hanya untuk Menambah Jumlah Nasabah, yang Terpenting untuk Edukasi Keuangan”

    1 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Halodoc Berikan Layanan Konsultasi Gratis

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • TOP Digital Awards 2022, Ajang Penghargaan TI & TELCO Terbesar di Tanah Air Digelar

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
iklan bni
iklan cover januari 2023

ICT PROFILE

Ageng Purwanto

Ayoconnect Tunjuk Ageng Purwanto Sebagai Direktur Baru

Teguh Suyudi
13 November 2023

Ayoconnect resmi menunjuk Ageng Purwanto sebagai Direktur untuk memimpin penetrasi solusi Open Finance demi kemudahan transaksi ke seluruh lapisan masyarakat...

Bapak Siaran Digital Nasional

Presiden Joko Widodo Mendapat Gelar “Bapak Siaran Digital Nasional”

Teguh Suyudi
15 August 2023

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat gelar sebagai “Bapak Siaran Digital Nasional”. Penghargaan ini diberikan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) atas kontribusi...

EXPERT

Melepaskan Kekuatan Open Source di Asia Tenggara untuk Organisasi Sektor Publik yang Lebih Kuat

Melepaskan Kekuatan Open Source di Asia Tenggara untuk Organisasi Sektor Publik yang Lebih Kuat

Fauzi
13 November 2023

Oleh: Prem Pavan, VP for Southeast Asia and Korea, Red Hat Jelaslah bahwa dalam tahun-tahun terakhir, Asia Tenggara telah muncul...

Artificial Intelligence

Artificial Intelligence Bantu Industri Asuransi Tingkatkan Kualitas Layanan Nasabah

Teguh Suyudi
18 October 2023

Penggunaan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) telah mendisrupsi berbagai bisnis, termasuk industri asuransi. Para pelaku industri asuransi diisyaratkan sudah perlu...

TIK TALKS

Stephanus Oscar – Data Center dengan Kapasitas 6 Megawatt di Jakarta | It Works Podcast #5

Stephanus Oscar – Data Center dengan Kapasitas 6 Megawatt di Jakarta | It Works Podcast #5

redaksi
16 August 2022

Di masa akan datang banyak aplikasi yang akan membutuhkan low latency connectivity. Lalu apa kaitannya dengan Edge DC yang hadir...

Edward Samual – Memproses Data dari Hulu Sampai Hilir | It Works Podcast #4

Edward Samual – Memproses Data dari Hulu Sampai Hilir | It Works Podcast #4

redaksi
15 August 2022

Bagaimana cara mengolah Big Data sehingga dapat divisualisasikan, serta bagaimana dapat melakukan analitik dan dapat memprediksikan apa yang harus dilakukan...

  • Digital
  • E-Gov
  • Event
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Email

Itworks - Inspire Great & Telco for Business Performance | All Rights Reserved

  • Home
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • ICT Profile
  • Expert
  • TIK Talks
  • More
    • Fintech
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto