Sebanyak 77% konsumen di Indonesia mengaku Shopee merupakan merek yang paling diingat atau menjadi top of mind saat ingin berbelanja kebutuhan keluarga maupun individu selama bulan Ramadan 2022.
Posisi berikutnya ditempati Tokopedia 18% dan Lazada 4%. Situs belanja online lain yang juga disebut konsumen adalah Bukalapak, Blibli, dan JD.ID
Demikian salah satu hasil riset yang dilakukan Snapcart terkait perilaku belanja online masyarakat selama bulan Ramadan 2022 di Indonesia. Riset konsumen ini dilakukan untuk untuk mengetahui tren perilaku masyarakat dalam berbelanja online selama tiga bulan terakhir. Di dalamnya meliputi bulan Ramadan hingga perayaan Hari Raya Idul Fitri. Riset tersebut dilakukan dengan metode online yang diikuti oleh 1000 responden dari usia 20-35 tahun, yang tersebar di berbagai area di Indonesia.
Astrid Wiliandry, Direktur Snapcart Indonesia mengatakan, di bulan suci Ramadan, situs belanja online semakin diminati dan menarik perhatian masyarakat. Di antara tiga pemain e-commerce, Shopee terlihat paling aktif dalam memperkuat posisinya melalui berbagai program yang dihadirkan, seperti iklan, acara TV, live stream, video, promo, dan kolaborasi lainnya.
“Hal itu yang menjadi salah satu alasan kuat yang menjadikan Shopee unggul dalam penilaian merek yang paling diingat selama bulan Ramadan dengan persentase yang cukup signifikan,” jelasnya dalam siaran pers, Kamis (26/05/2022).
Dari survei tersebut, terdapat tiga program yang paling diminati oleh responden. Shopee Big Ramadan Sale merupakan program yang paling diminati dimana 88% responden mengaku turut berbelanja dan memanfaatkan promo serta hiburan yang dihadirkan Shopee, diikuti dengan 41% belanja di Tokopedia Ramadan Ekstra, 19% berbelanja di Lazada Ramadan Festival, dan 3% tidak menyebut.
Tren perilaku belanja online juga dapat diamati melalui pilihan produk paling banyak dibeli selama Ramadan 2022. Riset Snapcart menunjukkan, fashion dan aksesoris tetap menempati posisi paling tinggi 68%, diikuti sebanyak 49% responden membeli produk-produk makanan dan minuman untuk melengkapi kebutuhan sehari-hari untuk sahur dan berbuka selama Ramadan. Kemudian sebanyak 45% responden membeli produk kosmetik dan perawatan, sedangkan 31% responden lainnya mengaku membeli peralatan rumah tangga.
“Ini sesuai dengan budaya Indonesia, Ramadan dan Lebaran identik dengan memakai baju baru. Produk fashion dan aksesoris pun menjadi peringkat nomor satu,” tutup Astrid.
Baca: Ini Tren Belanja Ritel di Tanah Air Selama Idul Fitri 2021