ItWorks
  • Home
  • TOP Digital Awards
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • TIK Talks
  • More
    • Expert
    • ICT Profile
    • Fintech
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto
No Result
View All Result
  • Home
  • TOP Digital Awards
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • TIK Talks
  • More
    • Expert
    • ICT Profile
    • Fintech
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto
No Result
View All Result
ItWorks
No Result
View All Result

Ini Tren Belanja Ritel di Tanah Air Selama Idul Fitri 2021

Teguh Imam Suyudi
18 May 2022 | 17:00
rubrik: Research
Ini Tren Belanja Ritel di Tanah Air Selama Idul Fitri 2021

Criteo Media Briefing secara daring, 18/05/2022 (Foto: Teguh IS/IT Works)

Share on FacebookShare on Twitter

Data Asosiasi E-commerce Indonesia (IdEA), 2021 memperlihatkan di Indonesia terdapat tren belanja online yang meningkat pada minggu pertama Ramadan 2021, yang menunjukkan bahwa secara umum terjadi peningkatan signifikan dalam pembelian beberapa produk, seperti makanan dan kebutuhan sehari-hari, baju muslim atau baju lainnya, serta produk TV & Home Studio.

Dari sisi transaksi, rata-rata terjadi peningkatan dua kali lipat dibandingkan transaksi harian sebelum Ramadan. Selain itu, karena situasi pandemi, terdapat lebih banyak pembeli yang beralih dari pembelian offline ke online untuk perayaan Idul Fitri.

Pada tahun 2021, terjadi peningkatan penjualan ritel di Asia Tenggara yang stabil selama bulan Ramadan (+21%). Data Criteo Product Insights Finder, Asia Tenggara memperlihatkan bahwa penjualan unit terindeks di seluruh kategori produk juga mencapai puncaknya selama penjualan double days di bulan Mei – pada 5 Mei – sebelum turun lagi menjelang Idul Fitri 2021.

Tiga kategori produk tertinggi yang mengalami lonjakan penjualan ritel pada tanggal 5 Mei adalah Kesehatan & Kecantikan (+199%), Furnitur (+119%) dan Elektronik (+107%).

Pada Idul Fitri 2021, penjualan ritel di beberapa kategori produk bangkit kembali dengan Tasbih dan Kelengkapan Keagamaan mengalami peningkatan penjualan terbesar di saat Idul Fitri. Pasar seperti Indonesia dan Malaysia juga mengalami peningkatan 40% dalam penjualan ritel pasca Idul Fitri 2021, menandakan pentingnya kampanye penjualan ritel yang berkelanjutan.

Data Asosiasi E-commerce Indonesia (IdEA), 2021 mengungkapkan bahwa bagi konsumen Indonesia sendiri, pengiriman gratis menjadi motivator terkuat untuk pembelian online mereka (78%) diikuti dengan diskon dan promosi. Sedangkan penggunaan voucher dan cashback kurang diminati banyak konsumen.

“Yang menarik, penjualan ritel pada tanggal 5 Mei tahun lalu tampak lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya. Karena penjualan pada double days terus mendapatkan popularitas yang lebih besar di tengah COVID-19, momentum double days tahun ini kemungkinan akan menjadi hit yang lebih besar,”  Mark Gubbels, Head of Commercial, Southeast Asia at Criteo dalam Media Briefing secara daring, 18/05/2022.

BACA JUGA:  Melihat Tren Belanja Online 2020 di Tokopedia

Baca: Penjualan Ritel Online di Indonesia Melonjak di Dua Minggu Pertama Ramadan 2022

“Meskipun kampanye berkelanjutan itu penting, brands dan pengecer juga harus mengarahkan upaya mereka untuk membuat kampanye iklan dan penjualan double days yang berbeda, sehingga dapat memanfaatkan momen ini dan mendorong pembelian dengan jumlah besar. Secara lokal, pengecer juga harus mempertimbangkan faktor motivasi yang akan mendorong pembelian di kalangan konsumen Indonesia, termasuk menyediakan pengiriman gratis serta diskon dan promosi lainnya,” tambahnya.

“Jam 4 Pagi sebagai Jam Berbelanja Ajaib” Selama Ramadan

Dibandingkan dengan Maret 2022, tepat sebelum Ramadan, Criteo mengamati adanya lebih dari 3 kali lipat peningkatan penjualan dari para pembeli Indonesia pada larut malam – tren ini terutama terlihat pada jam 4 pagi. Ini menyiratkan bahwa konsumen kemungkinan besar menelusuri platform online untuk berbelanja keperluan Lebaran ketika sahur.

Terkhusus ketika melihat penjualan per jam selama 7 hari diantara tanggal 13 April dan 19 April 2022, tren peningkatan yang paling terlihat yaitu antara pukul 02.00 dan 04.00 di semua jenis situs, terutama di aplikasi selular. Penjualan melalui desktop mencapai puncaknya pada sekitar pukul 10 pagi dan mendominasi pada jam kerja di hari biasa.

“Melihat perilaku konsumen selama Ramadan ini, brands dan ritel memiliki peluang untuk mengembangkan strategi media perdagangan yang berfungsi untuk semua situs dan aplikasi. Saat pembeli Indonesia memulai perjalanan berbelanja outside of walled gardens, situs web ritel sekarang cenderung menjadi pilihan pertama bagi masyarakat Indonesia yang ingin berbelanja secara online. Selain itu, memiliki kampanye iklan dan promosi yang kuat pada jam-jam puncak berbelanja akan membantu mendorong penjualan dan memaksimalkan titik kontak konsumen selama Ramadan dan Idul Fitri,” ungkap Mark.

BACA JUGA:  Singles Day 2022 Menunjukkan Perubahan Cara Berbelanja Konsumen Indonesia

Baca: 9 Tips Aman Belanja Online Ramadan di Tengah Pandemi Corona

Tags: Criteo
Previous Post

Meluncur di Indonesia, Huawei FreeBuds SE Dijual Rp460 Ribuan

Next Post

Selama Ramadan Tahun Ini, Transaksi Layanan Integrasi GoTo Bertumbuh

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TOP DIGITAL AWARDS

Hanwha Life)

Terus Berinovasi, Hanwha Life Raih Golden Star Trophy di TOP Digital Awards 2024

Teguh Imam Suyudi
23 December 2024 | 19:00

BPJS Kesehatan Sabet Golden Trophy TOP Digital Awards 2024

BPJS Kesehatan Sabet Golden Trophy TOP Digital Awards 2024

Ahmad Churi
14 December 2024 | 23:19

Kazee Digital Indonesia Borong Dua Penghargaan di Ajang TOP Digital Awards 2024

Kazee Digital Indonesia Borong Dua Penghargaan di Ajang TOP Digital Awards 2024

Ahmad Churi
6 December 2024 | 21:25

Kesia Raih Penghargaan Bintang 4 TOP Digital Awards 2024

Kesia Raih Penghargaan Bintang 4 TOP Digital Awards 2024

Ahmad Churi
6 December 2024 | 06:35

Sharing Session TOP Digital Awards 2024

TOP Leader Berbagi Kisah Sukses Digitalisasi di Sharing Session TOP Digital Awards 2024

Teguh Imam Suyudi
5 December 2024 | 17:00

Load More

TERPOPULER

  • Amar Bank: “Layanan Bank Digital Bukan Hanya untuk Menambah Jumlah Nasabah, yang Terpenting untuk Edukasi Keuangan”

    Amar Bank: “Layanan Bank Digital Bukan Hanya untuk Menambah Jumlah Nasabah, yang Terpenting untuk Edukasi Keuangan”

    1 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Cara Mudah Mengurus Surat Pindah Domisili secara Online

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • ADVAN Luncurkan TBOOK x Transformers, Laptop dengan Spek dan Desain Apik

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • AdMedika Hadirkan Solusi Digitalisasi Kesehatan Lewat Integrasi SIM Healthical dan AdKes

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Halodoc Berikan Layanan Konsultasi Gratis

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
iklan bni

ICT PROFILE

Kaspersky Tunjuk Country Manager Pertamanya untuk Indonesia

Kaspersky Tunjuk Country Manager Pertamanya untuk Indonesia

Fauzi
28 May 2025 | 11:15

Perusahaan keamanan siber, Kaspersky, mengumumkan penunjukan Defi Nofitra sebagai Country Manager pertamanya untuk Indonesia, dengan fokus strategis pada segmen perusahaan...

Cloudera Tunjuk Leo Brunnick Jadi Chief Product Officer

Cloudera Tunjuk Leo Brunnick Jadi Chief Product Officer

Fauzi
28 March 2025 | 14:00

Cloudera, platform true hybrid untuk data, analitik dan AI, mengumumkan penunjukan Leo Brunnick sebagai Chief Product Officer, hari ini (28/3/2025)....

EXPERT

Bukan Sekedar ‘Anjing Penjaga’, Data dalam Lingkungan AI Butuh Pengamanan Unik

Fauzi
7 July 2025 | 16:29

Oleh: Sherlie Karnidta, Country Manager Indonesia, Cloudera AI sedang mendorong revolusi dunia bisnis, membantu berbagai perusahaan mengotomatiskan berbagai tugas, menghasilkan...

Menjembatani Teknologi Masa Kini dan AI di Masa Depan

Fauzi
16 June 2025 | 13:59

Oleh Matt Hicks, President and Chief Executive Officer, Red Hat Di kalender, ada 365 hari dalam satu tahun. Namun dalam...

TIK TALKS

Stephanus Oscar – Data Center dengan Kapasitas 6 Megawatt di Jakarta | It Works Podcast #5

Stephanus Oscar – Data Center dengan Kapasitas 6 Megawatt di Jakarta | It Works Podcast #5

redaksi
16 August 2022 | 15:30

Di masa akan datang banyak aplikasi yang akan membutuhkan low latency connectivity. Lalu apa kaitannya dengan Edge DC yang hadir...

Edward Samual – Memproses Data dari Hulu Sampai Hilir | It Works Podcast #4

Edward Samual – Memproses Data dari Hulu Sampai Hilir | It Works Podcast #4

redaksi
15 August 2022 | 12:30

Bagaimana cara mengolah Big Data sehingga dapat divisualisasikan, serta bagaimana dapat melakukan analitik dan dapat memprediksikan apa yang harus dilakukan...

  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Email

Itworks - Inspire Great & Telco for Business Performance | All Rights Reserved

  • Home
  • TOP Digital Awards
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • TIK Talks
  • More
    • Expert
    • ICT Profile
    • Fintech
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto