Penulis: Abi Abdul Jabbar
Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang terpilih sebagai salah satu finalis di ajang penjurian TOP Digital Awards 2022, sebuah ajang penghargaan tertinggi dibidang IT dan Telco yang diselenggarakan Majalah IT Works.
Dalam sesi penjurian yang berlangsung secara online pada Rabu 23 Oktober 2022 lalu, Perumda Tirta Mulia Kabupaten Pemalang yang diwakili oleh Manajer TI Perumda Tirta Mulia Kabupaten Pemalang Budi Harsudioni Seto Aji menyampaikan sejumlah strategi, inovasi dan terobosan khususnya dalam pemanfaatan teknologi informasi dalam hal operasional bisnis maupun pelayanan kepada masyarakat.
Budi mengatakan secara keseluruhan transformasi digital yang dilakukan Perumda Tirta Mulia berfokus pada tiga hal yakni; pertama, transformasi digital dalam Inovasi Produk, Pengembangan Bisnis dan Peningkatan Pendapatan, kedua; transformasi digital dalam peningkatan layanan konsumen, dan ketiga; transformasi digital dalam operasional bisnis.
Untuk transformasi digital dalam Inovasi Produk, Pengembangan Bisnis dan Peningkatan Pendapatan, Perumda Tirta Mulia telah mengimplementasikan sejumlah solusi bisnis. Ini seperti Billing Online System, Mobile Meter Reading (MMR) dan Bill on The Spot (aplikasi penagihan).
“Billing Online System adalah sistem untuk mengelola pembayaran rekening air dengan cakupan bisnis proses entri pemakaian air, penerbitan rekening, pembayaran rekening, laporan penerimaan, reduksi rekening dan status pelanggan (putus, sambung, surat peringatan),” kata Budi.
Budi menuturkan untuk memudahkan para pelanggan dalam melakukan pembayaran tagihan air, saat ini Perumda Tirta Mulia telah bekerjasama dengan berbagai bank dan platform pembayaran online lainnya seperti tokopedia, shopee, bukalapak, LinkAja!, GoPay, Bank Jateng dll.
Sementara MMR (Mobile Meter Reading) adalah aplikasi Catat Meter menggunakan aplikasi Android dengan memanfaatkan fitur GPS dan Foto meter dalam proses pencatatan meter air.
“Adapun tadi Bill On The Spot (Aplikasi Penagihan) ini adalah aplikasi penagihan tunggakan berbasis android dan printer Bluetooth untuk cetak resi pembayaran. Nah dengan tiga inovasi tadi punya manfaat bagi perusahaan seperti sentralisasi database, jangkauan pembayaran yang luas, realtime data, optimalisasi resource yang ada, mudah diimplementasikan,” kata Budi.
Adapun transformasi digital dalam peningkatan layanan konsumen, Perumda Tirta Mulia telah memiliki sejumlah solusi/inovasi TI unggulan seperti E-Customer Service, Aplikasi SITIRTA Mobile (Android base) dan Meter Air Prabayar.
“E-Customer Service adalah sistem informasi pengelolaan layanan pelanggan yang meliputi pasang baru, pengelalaan pengaduan pelanggan baik melalui online maupun offline dan informasi terkait layanan,” terang Budi.
“Sementara SITIRTA Mobile adalah aplikasi layanan pelanggan yang bisa di download melalui Google Play Store dimana terdapat fitur seperti info tagihan, info layanan, pengaduan pelanggan, monitoring pengaduan, pembayaran tagihan rekening air, pembelian token meter air prabayar, dan sebagainya,” sambung dia.
Menurut Budi salah satu fitur utama yang terdapat dalam aplikasi SITIRTA adalah, fitur pengaduan yang sangat bermanfaat bagi pelanggan atau masyarakat untuk menyampaikan keluhannya, bukan hanya sekedar menyampaikan pengaduan tapi pelanggan atau masyarakat yang mengirimkan aduannya dapat melakukan monitoring proses tindak lanjut pengaduan tersebut. Selain menu pengaduan, ada juga menu info tagihan yang lengkap dengan foto meter sehingga pelanggan dapat mencocokkan angka meter dirumah dengan foto meter yang ada pada aplikasi SITIRTA.
Selanjutnya adalah Meter Air Prabayar, yakni meter air berbasis digital dengan sistem token. Inovasi ini diluncurkan pada awal Juni 2022 lalu.
“Dalam sistem pembayaran air minum prabayar ini meteran air diubah menjadi digital. Di mana penggunaan meter air digital memungkinkan pelanggan untuk mengendalikan sendiri pemakaian airnya sesuai kebutuhan dan kemampuan dengan membayar token di awal.” jelasnya.
Nantinya pelanggan terlebih dahulu membeli token isi ulang untuk mendapatkan air dengan kubikasi tertentu. Nominal token Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu. “Token pembayaran air minum itu tersedia di Kantor Pelayanan Perumda Air Minum Tirta Mulia Pemalang dan mitra-mitra kami.” terangnya.
“Tiga solusi IT dalam peningkatan layanan konsumen di atas memberikan sejumlah Manfaat atau dampak untuk Perusahaan. Ini seperti memudahkan dalam pengelolaan pelayanan pelanggan, untuk pelanggan meter air prabayar manfaat bagi perusahaan adalah meminimalisir tunggakan air karena aliran air akan terhenti secara otomatis jika token pada meter air sudah habis,” papar dia.