ItWorks
  • Home
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • ICT Profile
  • Expert
  • TIK Talks
  • More
    • Fintech
    • Expert
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto
No Result
View All Result
  • Home
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • ICT Profile
  • Expert
  • TIK Talks
  • More
    • Fintech
    • Expert
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto
No Result
View All Result
ItWorks
No Result
View All Result

Bea Cukai: Waspada Penipuan Belanja Online Memanfaatkan Moment Imlek

Churry
23 January 2023
rubrik: Event
Tekan Rokok Ilegal, Bea Cukai Malang Sosialisasikan Penggunaan Aplikasi Sirelog
Share on FacebookShare on Twitter

Jakarta, ItWorks- Tahun Baru Imlek , sebagai salah satu hari raya besar bagi masyarakat Tionghoa yang tahun ini jatuh (22/01/2023), kerap dijadikan moment untuk menawarkan beragam promo dan diskon menarik dalam aktivitas belanja. Bea Cukai menghimbau agar masyarakat waspada dan berhati-hati, agar tak terjerat penipuan di ranah belanja online yang berpotensi menyebabkan kerugian.

Salah satu jenis penipuan yang harus diwaspadai adalah penipuan mengatasnamakan Bea Cukai bermodus online shop. Dalam penipuan jenis ini, pelaku berkedok sebagai online shop yang menyasar pembeli barang secara online, baik pembelian dari luar negeri maupun dalam negeri. Modus ini cukup bervariasi, mulai dari menawarkan barang bermerek, jasa titipan, barang blackmarket, hingga barang yang diperoleh dari lelang.

“Pada intinya, pelaku menawarkan barang dengan harga tidak wajar yang kemudian diikuti pemberitahuan kewajiban pembayaran tagihan bea masuk, cukai, atau pajak. Penipuan ini kerap disertai ancaman dan ciri utamanya adalah adanya perintah pembayaran tagihan ke rekening pribadi dalam batas waktu yang sempit untuk menyelesaikan tagihan,” ungkap Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana dalam keterangan yang dirilis melalui portal web Cea Cukai, baru-baru ini.

Agar terhindar dari penipuan mengatasnamakan Bea Cukai dan tetap hoki di tahun Kelinci Air ini, ia membeikan lima tips berikut ini:

  1. Berbelanja online hanya di online shop yang terpercaya atau marketplace.
  2. Pahami cara kerja Bea Cukai. Untuk barang-barang yang diperjualbelikan di dalam negeri dan penjual mengatakan bahwa barang ditahan Bea Cukai, maka hal tersebut jelas merupakan penipuan. Bea Cukai memeriksa pengiriman barang dari luar negeri, bukan pengiriman barang antarpulau di dalam negeri, kecuali dari wilayah free trade zone.
  3. Jika berbelanja dari luar negeri, cek status barang kiriman pada www.beacukai.go.id/barangkiriman.
  4. Ketahui bahwa pembayaran bea masuk dan pajak impor tidak ditujukan ke rekening pribadi dan e-wallet. Namun, menggunakan kode billing sebagai referensi pembayaran di ATM, mobile banking, mesin EDC di terminal kedatangan Bandara, Bank/Pos Persepsi, hingga e-commerce yang bekerja sama dengan Kementerian Keuangan.
  5. Jangan panik! Indikasi penipuan dapat dikonfirmasi kebenarannya dengan menghubungi contact center Bravo Bea Cukai 1500225 dan email info@customs.go.id. Masyarakat juga dapat menghubungi Bea Cukai melalui saluran komunikasi resmi/media sosial, yaitu fanspage www.facebook.com/beacukaiRI, www.facebook.com/bravobeacukai, Twitter @BeaCukaiRI, Twitter @BravoBeaCukai serta Instagram @BeaCukaiRI.

“Siapa pun bisa menjadi korban penipuan. Di bulan Desember 2022 saja, kami menerima 543 pengaduan penipuan dengan total kerugian sekitar 733 juta Rupiah. Kami harap masyarakat dapat berhati-hati dan tidak segan untuk berkomunikasi dengan Bea Cukai, melalui saluran resmi yang telah kami sediakan, guna mempersempit ruang gerak pelaku dan mencegah penipuan terjadi,” pungkasnya. (AC)

Tags: belanja online
Previous Post

Peduli Lingkungan, Pertamina Hulu Rokan Gelar Susur Sungai Ciliwung

Next Post

Belanja Keamanan Siber Global Diproyeksi Meningkat 13,2% di 2023

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TERPOPULER

  • Amar Bank: “Layanan Bank Digital Bukan Hanya untuk Menambah Jumlah Nasabah, yang Terpenting untuk Edukasi Keuangan”

    Amar Bank: “Layanan Bank Digital Bukan Hanya untuk Menambah Jumlah Nasabah, yang Terpenting untuk Edukasi Keuangan”

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Tiga Tren E-commerce di 2021 yang Perlu Kita Ketahui

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Apa itu Saham Dengan Hak Suara Multipel yang Diterapkan di IPO GoTo?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Begini Cara Pindah ke Siaran TV Digital dari TV Analog

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Xiaomi Rilis Redmi 9A Versi RAM 6GB + 128GB, Harganya?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
iklan bni
iklan cover januari 2023

ICT PROFILE

Ozgur Erzincan Ditunjuk sebagai Presiden Direktur Nokia Indonesia
ICT Profile

Ozgur Erzincan Ditunjuk sebagai Presiden Direktur Nokia Indonesia

Teguh Suyudi
4 January 2023

...

Read more

EXPERT

Ini Empat Tren yang Memengaruhi Prioritas Bisnis di 2023
Expert

Ini Empat Tren yang Memengaruhi Prioritas Bisnis di 2023

Fauzi
27 January 2023

...

Read more

TIK TALKS

Stephanus Oscar – Data Center dengan Kapasitas 6 Megawatt di Jakarta | It Works Podcast #5
TIK Talks

Stephanus Oscar – Data Center dengan Kapasitas 6 Megawatt di Jakarta | It Works Podcast #5

redaksi
16 August 2022

...

Read more
  • Digital
  • E-Gov
  • Event
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Email

Itworks - Inspire Great & Telco for Business Performance | All Rights Reserved

  • Home
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • ICT Profile
  • Expert
  • TIK Talks
  • More
    • Fintech
    • Expert
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto