ItWorks
  • Home
  • TOP Digital Awards
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • TIK Talks
  • More
    • Expert
    • ICT Profile
    • Fintech
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto
No Result
View All Result
  • Home
  • TOP Digital Awards
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • TIK Talks
  • More
    • Expert
    • ICT Profile
    • Fintech
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto
No Result
View All Result
ItWorks
No Result
View All Result

Riset CleverTap: Strategi Marketing Lintas Channel Dongkrak Tingkat Konversi Hingga 31%

Fauzi
12 August 2024 | 16:00
rubrik: Research
Riset CleverTap: Strategi Marketing Lintas Channel Dongkrak Tingkat Konversi Hingga 31%
Share on FacebookShare on Twitter

Platform engagement all-in-one, CleverTap, hari ini merilis laporan penelitian pasar, “Unraveling the Cross-Channel Marketing Strategy”. Laporan ini menyoroti perlunya untuk melakukan penyesuaian pendekatan marketing supaya menarik perhatian audiens regional sekaligus menjaga keberadaan global yang kohesif. Ini menegaskan pentingnya memahami nuansa lokal dan spesifik dalam industri untuk mengoptimalkan strategi lintas channel seiring dengan tumbuhnya bisnis.

Laporan ini meneliti lebih dari 600 perusahaan di dunia dan mengamati faktor-faktor yang bisa mempengaruhi atau membentuk strategi omni-channel seperti fase pertumbuhan bisnis, nuansa geografis, dinamika industri, pencapaian gaya hidup pelanggan, dan retensi pengguna. Strategi lintas channel bisnis melibatkan pemilihan jumlah channel yang benar dan campuran yang tepat – tergantung pada tahap pertumbuhan bisnis di titik manapun dan di manapun posisi pelanggan dalam lifecycle mereka. Indikator kunci tahap pertumbuhan satu perusahaan adalah jumlah pengguna aktif bulanan. Terlihat bahwa perusahaan mengalami peningkatan tingkat konversi hingga 49% dengan menggunakan empat atau lebih channel sebagai bagian dari strategi omni-channel mereka.

Meskipun email tetap dominan di pasar-pasar seperti Amerika Serikat dan Inggris, SMS masih memiliki pengaruh yang signifikan di wilayah-wilayah seperti China dan Amerika Serikat, dan WhatsApp muncul dengan kekuatan besar di Amerika Selatan dan Asia. Laporan ini menemukan bahwa mengadopsi strategi marketing omni-channel memengaruhi beberapa area kunci berikut: app stickiness, tingkat konversi, dan tingkat orientasi. Sorotan utama meliputi-

Engagement:

  • Peningkatan dalam engagement sebesar 23% di platform Fintech dengan email, push notification dan pesan dalam aplikasi.
  • Peningkatan engagement sebesar 16% untuk platform Berlangganan dengan email, sementara menggabungkannya dengan channel lain bisa melebihi 20%
  • Peningkatan sebesar 13% dalam platform Gaming dengan gabungan dari email, push-notification, pesan dalam aplikasi, dan inbox aplikasi.
BACA JUGA:  Gawat, Ada Ribuan Serangan Phishing di Indonesia

Tingkat Konversi:

  • Peningkatan tingkat konversi hingga 31% di aplikasi Fintech, di mana email, push notification, dan pesan dalam aplikasi menjadi sangat penting
  • Peningkatan konversi sebesar 16% di aplikasi Berlangganan dari push notification dan pesan dalam aplikasi
  • Peningkatan konversi sebesar 10% di industri Gaming dari push notifications dan pesan dalam aplikasi
  • Peningkatan konversi sebesar 6% di Ecommerce sebagai hasil dari strategi lintas channel yang menggabungkan in-app, app inbox, email dan push notifications.

App-stickiness:

  • Peningkatan lebih dari 28% untuk platform Fintech dengan lebih dari tiga channel.
  • Peningkatan stickiness sebesar 30% hingga 70% di platform Berlangganan, seperti platform streaming, atau belanja kebutuhan rumah tangga, dengan dua hingga empat channels.
  • Peningkatan stickiness dalam platform gaming sebesar 32%, dengan lebih dari tiga channels.
  • Peningkatan stickiness di platform ecommerce sebesar 26%, dengan lebih dari tiga channels.

Mengomentari laporan ini, Joe Harahap, Country Manager Indonesia, CleverTap mengatakan, “Banyak perusahaan seringkali mendalami engagement pelanggan dengan fokus yang lebih sempit, yang walaupun penting, bisa membatasi efektivitasnya. Laporan terbaru kami menyoroti kebutuhan yang sangat penting akan pendekatan holistik supaya dapat sepenuhnya mendorong hasil yang memberikan dampak. Dengan memanfaatkan sejumlah channel secara strategis, perusahaan bisa meningkatkan upaya engagement mereka secara signifikan.”

“Temuan ini menunjukkan bahwa teknologi MarTech yang lengkap dan komprehensif sangat penting untuk marketer yang harus menavigasi kompleksitas channel yang berbeda. Pendekatan ini tidak hanya menjawab beberapa tantangan namun juga memperkuat engagement dan efektivitas secara menyeluruh, memastikan bahwa tidak ada touchpoint pelanggan yang diabaikan dan setiap interaksi dioptimalkan untuk mencapai kesuksesan,” sambungnya.

Tags: CleverTapCRMfintech
Previous Post

realme Siap Ungkap Teknologi Pengisian Daya Tercepat di Ajang 828 Fan Festival 2024

Next Post

Berantas Judi Online, Kemenkominfo Evaluasi Sistem Pembayaran Digital

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TOP DIGITAL AWARDS

Hanwha Life)

Terus Berinovasi, Hanwha Life Raih Golden Star Trophy di TOP Digital Awards 2024

Teguh Imam Suyudi
23 December 2024 | 19:00

BPJS Kesehatan Sabet Golden Trophy TOP Digital Awards 2024

BPJS Kesehatan Sabet Golden Trophy TOP Digital Awards 2024

Ahmad Churi
14 December 2024 | 23:19

Kazee Digital Indonesia Borong Dua Penghargaan di Ajang TOP Digital Awards 2024

Kazee Digital Indonesia Borong Dua Penghargaan di Ajang TOP Digital Awards 2024

Ahmad Churi
6 December 2024 | 21:25

Kesia Raih Penghargaan Bintang 4 TOP Digital Awards 2024

Kesia Raih Penghargaan Bintang 4 TOP Digital Awards 2024

Ahmad Churi
6 December 2024 | 06:35

Sharing Session TOP Digital Awards 2024

TOP Leader Berbagi Kisah Sukses Digitalisasi di Sharing Session TOP Digital Awards 2024

Teguh Imam Suyudi
5 December 2024 | 17:00

Load More

TERPOPULER

  • Amar Bank: “Layanan Bank Digital Bukan Hanya untuk Menambah Jumlah Nasabah, yang Terpenting untuk Edukasi Keuangan”

    Amar Bank: “Layanan Bank Digital Bukan Hanya untuk Menambah Jumlah Nasabah, yang Terpenting untuk Edukasi Keuangan”

    1 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Cara Mudah Mengurus Surat Pindah Domisili secara Online

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Juara VCT Pacific 2025 Stage 1, RRQ Siap Tampil di Masters Toronto dan Esports World Cup 2025

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • TOP Digital Awards 2024: Digitalisasi dan Inovasi Bank Jateng Dukung Pembangunan Ekonomi Daerah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Begini Cara Bikin Paspor Pakai Aplikasi M-Paspor

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
iklan bni

ICT PROFILE

Cloudera Tunjuk Leo Brunnick Jadi Chief Product Officer

Cloudera Tunjuk Leo Brunnick Jadi Chief Product Officer

Fauzi
28 March 2025 | 14:00

Cloudera, platform true hybrid untuk data, analitik dan AI, mengumumkan penunjukan Leo Brunnick sebagai Chief Product Officer, hari ini (28/3/2025)....

Nutanix Tunjuk Jay Tuseth Jadi Vice President & General Manager APJ

Nutanix Tunjuk Jay Tuseth Jadi Vice President & General Manager APJ

Fauzi
19 March 2025 | 16:00

Perusahaan komputasi hybrid multicloud, Nutanix, memberikan pengumuman terkait ditunjuknya Jay Tuseth sebagai Vice President dan General Manager Asia Pasifik dan...

EXPERT

Pemilu dan Pandemi Bikin Ransomware Jadi Ancaman Serius

Risiko Keamanan Siber Terkait Situasi Perang Tarif AS

Ahmad Churi
21 April 2025 | 10:58

Oleh Roman Dedenok, Pakar Keamanan Kaspersky Threat Research Selama periode ketidakpastian ekonomi, baik yang disebabkan oleh tarif, peristiwa geopolitik, atau...

INATEX-INDO INTERTEX 2025 Hadirkan Beragam Inovasi Produk Dan Teknologi Baru

INATEX-INDO INTERTEX 2025 Hadirkan Beragam Inovasi Produk Dan Teknologi Baru

Ahmad Churi
15 April 2025 | 16:38

Jakarta,ItWorks- Peraga Expo kembali menyelenggarakan pameran INATEX-INDO INTERTEX 2025 yang resmi dibuka hari ini (15/04) di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Beragam...

TIK TALKS

Stephanus Oscar – Data Center dengan Kapasitas 6 Megawatt di Jakarta | It Works Podcast #5

Stephanus Oscar – Data Center dengan Kapasitas 6 Megawatt di Jakarta | It Works Podcast #5

redaksi
16 August 2022 | 15:30

Di masa akan datang banyak aplikasi yang akan membutuhkan low latency connectivity. Lalu apa kaitannya dengan Edge DC yang hadir...

Edward Samual – Memproses Data dari Hulu Sampai Hilir | It Works Podcast #4

Edward Samual – Memproses Data dari Hulu Sampai Hilir | It Works Podcast #4

redaksi
15 August 2022 | 12:30

Bagaimana cara mengolah Big Data sehingga dapat divisualisasikan, serta bagaimana dapat melakukan analitik dan dapat memprediksikan apa yang harus dilakukan...

  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Email

Itworks - Inspire Great & Telco for Business Performance | All Rights Reserved

  • Home
  • TOP Digital Awards
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • TIK Talks
  • More
    • Expert
    • ICT Profile
    • Fintech
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto