MediaTek Rilis Helio G80, Prosesor Gaming Kelas Menengah

Penulis redaksi

Menyusul dua chipset gaming yang telah dibesutnya, Helio G70 dan Helio G90, MediaTek kembali meluncurkan prosesor dari lini yang sama dan juga ditujukan untuk smartphone gaming.

Adalah Helio G80, system on chip (SoC) yang ditujukan sebagai solusi untuk smartphone gaming dengan harga lebih terjangkau. Helio G80, bisa dibilang berada di posisi antara Helio G90 dan G70 yang baru diluncurkan bulan lalu.

Seperti dilansir laman GSMarena, secara spesifik prosesor Helio G80 dikembangkan dengan proses produksi 12 nm dan menawarkan CPU octa-core dengan konfigurasi 2x Cortex-A75 berkepatan 2.0GHz ditandem dengan 6x Cortex-A55 berkecepatan 1.8GHz.

Untuk grafis, di dalam chipset ini telah tertanam GPU Mali-G52 yang menawarkan kecepatan 950 MHz.

Helio G80 dilengkapi dengan sejujlah fitur canggih milik MediaTek, seperti teknologi HyperEngine Game dan telah tertanam di dalamnya VoW (voice on wakeup). Sementara teknologi HyperEngine menjanjikan pengalaman game yang lebih halus, fitur VoW berguna untuk menurunkan konsumsi daya untuk layanan berbasis suara.

Selain menjajikan pengalaman game yang lebih baik, teknologi HyperEngine juga memiliki kemampuan untuk secara cerdas mengalihkan konektivitas LTE + WiFi selama game dimainkan ketika sistem mendeteksi koneksi internet lambat. Teknologi ini juga akan memberikan performa permainan stabil dengan secara aktif mengelola kinerja CPU dan GPU.

Bersama dengan Helio G70, chipset terbaru Helio G80 diperkirakan bakal diluncurkan dengan smartphone terbaru yang akan datang akhir bulan ini di India dan akan menjangkau ke pasar global setelahnya. (Fauzi)

BACA JUGA

Leave a Comment