Mahasiswa STSN Diharapkan Bisa Perkuat Kedaulatan SDM Keamanan Siber

Penulis Churry

Jakarta, ItWorks- Menghadapi pesatnya dunia siber dan era Society 5.0, tantangan ke depan bagi Indonesia juga semakin kompleks. Diharapkan para mahasiswa Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) bisa memanfaatkan kesempatan belajar dengan sungguh-sungguh, agar ke depan bisa menjadi SDM di bidang keamanan siber dan sandi yang unggul untuk mendukung Indonesia berdaulat di bidang SDM keamanan siber.

Pernyataan itu disampaikan Wakil Kepala BSSN, Komjen Pol Dharma Pongrekun saat memberikan kuliah umum bagi mahasiswa Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) di Auditorium Kolonel Soemarkidjo, Bumi Sanapati, Bogor, baru-baru ini. Dalam presentasinya tersebut, Dharma menyampaikan materi dengan tema tentang “Penguatan Nilai Kebangsaan untuk Menciptakan SDM Unggul di Era Society 5.0”.

“Dalam Era Society 5.0 dunia nyata melebur dengan dunia maya melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Pada masa itu masyarakat menjadi masyarakat super cerdas (super smart society). Super smart society ini bertitik tolak pada SDM yang mampu mengelola perkembangan teknologi, sehingga terwujud kesejahteraan sebagai tujuan akhirnya”, ungkap Dharma sebagaimana yang dirilis Bagian Komunikasi Publik, Biro Hukum dan Kerjasama – BSSN, (10/2), di Jakarta.

Mengantisipasi tren yang terus perkembangan ini, Dharma berharap agar mahasiswa STSN mampu mengimbangi perkembangan teknologi dengan kecerdasan spiritual, mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan, peka terhadap lingkungan (hipokampus), inovatif, adaptif, dan menjadi pionir dalam perkembangan teknologi, serta selalu meningkatkan kompetensi.

Disebutkan, pemerintah Jepang dalam dokumen “5th Science and Technology Basic Plan” menginisiasi Society 5.0 sebagai kebijakan utama yang diterapkan untuk menciptakan industri di masa depan dengan mengubah cara pandang masyarakat. Kebijakan itu muncul di tengah permasalahan penduduk yang disebabkan oleh angka kelahiran yang terus menurun dan bertambah panjangnya harapan hidup lansia, di mana hal ini juga akan berpengaruh dalam kehidupan masyarakatnya.

Menutup presentasi kuliah umum ini, Dharma berharap agar mahasiswa STSN bisa menjadi SDM sandi dan siber yang unggul. Dia juga mengingatkan bahwa tujuan akhir para mahasiswa dan mahasiswi STSN adalah untuk menjadi SDM di bidang keamanan siber dan sandi yang unggul menuju Indonesia berdaulat di bidang SDM keamanan siber. (AC)

BACA JUGA

Leave a Comment