Layanan pembayaran digital, LinkAja, resmi menjadi salah satu mitra pembayaran aplikasi pangan yang tengah yang disiapkan oleh PT Bhanda Ghara Reksa (BGR Logistics). Perjanjian kerja sama ini dilangsungkan di Kantor Pusat BGR Logistics, yang tak lain adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa logistic.
Direktur Utama BGR Logistics, M. Kuncoro Wibowo, mengungkapkan bahwa aplikasi tersebut disiapkan untuk memfasilitasi program yang diinisiasi oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) dan didukung oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui ketersediaan rantai pasok, sebagai upaya untuk menjaga daya beli masyarakat terhadap produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), sekaligus mempermudah pemasokan kebutuhan bahan pangan masyarakat.
Untuk mendukung sistem pembayaran pada aplikasi pangan ini, BGR Logistics menjalin kerja sama dengan sejumlah layanan keuangan, mulai dari perbankan hingga platform uang elektronik seperti LinkAja, sebagai salah satu cara pembayarannya. “Kami berharap dengan adanya kerja sama ini dapat semakin memudahkan pengguna aplikasi dalam melakukan pembayaran secara aman,” ujar Kuncoro.
Kerja sama ini diharapkan dapat membantu mitra UMKM yang tergabung dalam aplikasi tersebut untuk menjual produk pangannya ke masyarakat. Selain itu, kolaborasi ini akan semakin menguatkan ekosistem aplikasi yang dibangun sebelum nantinya diluncurkan secara resmi.
Haryati Lawidjaja, Direktur Utama LinkAja mengatakan, “LinkAja mendukung penuh adanya sinergi antara Kemenkop UKM dengan Kementerian BUMN. Hadirnya LinkAja sebagai salah satu opsi pembayaran di aplikasi yang sedang disiapkan oleh BGR Logistics merupakan wujud komitmen kami sebagai uang elektronik nasional yang secara konsisten terus mengedukasi masyarakat untuk mengadopsi pembayaran elektronik dalam memenuhi kebutuhan harian. Hal ini juga tentunya sejalan dengan misi kami untuk membangun ekosistem dan platform layanan keuangan digital yang melayani kebutuhan masyarakat kelas menengah/aspiran dan UMKM di Indonesia.”
Untuk mendorong penggunaan uang elektronik dalam pemberdayaan UMKM, LinkAja memberikan promo cashback di aplikasi Warung Pangan sebesar 20% dengan minimal transaksi sebesar Rp 5.000,-. Periode promo cashback berlangsung sebanyak tujuh kali dalam seminggu mulai bulan Juli hingga Desember 2020.
Haryati menambahkan, “Kami harap kerja sama ini menjadi langkah strategis LinkAja untuk terus memperluas penyediaan kemudahan akses pembayaran elektronik bagi masyarakat, khususnya kelas menengah dan UMKM, untuk mewujudkan kualitas hidup masyarakat Indonesia yang tinggi, maju, sejahtera, serta mandiri.” (Fauzi)