Qualcomm Snapdragon 875 Dikabarkan Bakal Support Fast Charging 100W

Penulis Fauzi

Kabar soal Snapdragon 875 kembali datang, di mana kali ini mengulas seputar fitur yang akan menjadi salah satu nilai jual dari calon chip kelas flagship Qualcomm berikutnya itu. Disinyalir prosesor Qualcomm Snapdragon 875 bakal mendukung teknologi fast chargin 100W.

Mengutip kabar lansiran Sparrownews, selling point utama dari ponsel gaming di Q1 tahun depan adalah prosesor Qualcomm Snapdragon 875 dan fast charging 100W.

Lebih lanjut laman Sparrownews yang mengutip blogger teknologi di Weibo, mengungkap saat ini, tiga dari empat produsen ponsel gaming Cina sedang menguji untuk mempromosikan komersialisasi fast charging 100W dan baterai besar untuk bermain game lebih nyaman.

Menurut informasi sebelumnya, TSMC dikabarkan telah memulai produksi chipset papan atas Qualcomm berikutnya, Snapdragon 875. Chip Snapdragon 875 dikembangkan dengan proses pabrikasi 5nm, sehingga diharapkan chipset ini membawa peningkatan pada sisi hemat daya, kecepatan yang lebih tinggi, dan lebih banyak transistor.

Berdasarkan estimasi, Snapdragon 875 akan dikirim ke Qualcomm sekitar bulan September. Qualcomm diharapkan akan menampilkan chipset ini pada Desember 2020 di Snapdragon Summit untuk menunjukkan apa yang dapat dicapai oleh silicon barunya tersebut.

Chipset ini juga masih menggunakan komposisi CPU 1+3+4. Namun, kali ini core utama dari chipset akan menggunakan Cortex-X1 nan powerful bukan sekedar Cortex-A7x yang di-overclock seperti pada Snapdragon sebelumnya.

Cortex-X1 menjanjikan kinerja puncak 30% lebih tinggi dari A77 saat ini. Tiga core besar kemungkinan akan didasarkan Cortex-A78, yang 20% lebih cepat dari A77. Adapun untuk GPU-nya menurut rumor chipset Snapdragon 875 akan dipasangkan dengan Adreno 660. (Fauzi)

BACA JUGA

Leave a Comment