Alibaba Cloud Bangun Pusat Data Ketiga di Indonesia

Penulis Teguh Suyudi

Alibaba Cloud mulai membangun pusat data ketiga di Indonesia. Pusat data itu berupa Availibility Zone dan Data Scrubbing Center diharapkan dapat diresmikan pada awal tahun 2021.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyambut baik dimulainya pembangunan pusat data ketiga Alibaba itu. “Melalui kesempatan ini, saya ingin mengucapkan selamat kepada Alibaba Cloud atas dimulainya pembangunan Availibility Zone dan Data Scrubbing Center di Indonesia, yang diharapkan dapat diresmikan pada awal tahun 2021,” ujar Johnny dalam acara Alibaba Cloud Summit 2020 yang digelar virtual, 2/7.

Ia mengharapkan proses pengelolaan data nantinya dapat dilakukan selaras dengan prinsip-prinsip pengelolaan data pemerintah Indonesia, yakni prinsip yang sah secara hukum, patut, dan transparan. Prinsip-prinsip itu secara konsisten telah disampaikan di berbagai forum internasional, seperti International Telecommunication Union (ITU), World Economic Forum, G20 Digital Economy Taskforce di ITF Forum, dan Asian China Year on Digital Economy yang berlangsung beberapa bulan terakhir ini.

“Saya meyakini bahwa kolaborasi antara pemerintah, pelaku usaha, akademisi, masyarakat sipil dan seluruh pemangku kepentingan adalah kunci dalam akselerasi transformasi digital, terlebih di masa pandemi COVID-19 yang turut mempercepat proses transformasi digital ini,” ujar Johnny.

“Dengan keberadaan tiga data center di Indonesia, Alibaba Cloud memimpin dalam praktik industri. Kami berupaya keras untuk dapat menyediakan infrastruktur cloud terpercaya, aman, dan berkinerja tinggi dan tetap mematuhi peraturan lokal, termasuk persyaratan ketat dari sektor keuangan,” kata Country Manager Alibaba Cloud Indonesia, Leon Chen.

Pusat data baru tersebut juga akan memperkaya penawaran Alibaba Cloud untuk pelanggan lokal, menyediakan rangkaian produk dan layanan cloud yang komprehensif dari basis data, keamanan, jaringan ke pembelajaran mesin dan analisis data.

“Kami berupaya untuk terus memperluas produk-produk unggulan kami dan layanan inovatif untuk memenuhi beragam permintaan dari pelanggan kami di berbagai sektor, seperti e-commerce, keuangan, media online, pendidikan dan game,” ujar Leon Chen.

BACA JUGA

Leave a Comment