Menkeu Sri Mulyani Wisuda 3.231 Lulusan PKN STAN 2020

Penulis Churry

Jakarta, ItWorks- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menghadiri Wisuda Akbar Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) 2020 secara virtual yang digelar secara live dari Amphitheater Trans Studio Cibubur. Kepada 3.231 wisudawan, Menkeu berpesan agar lulusan PKN STAN mampu berkreasi dengan memliki loyalitas tinggi untuk institusi bagi kemajuan Indonesia ke depan.

Wisuda Akbar Politeknik Keuangan Negara STAN merupakan perhelatan wisuda yang diadakan setiap tahunnya untuk jenjang Diploma I, Diploma III Reguler, Diploma IV Reguler, dan Diploma III Alih Program. Kegitan Wisuda merupakan langkah awal sebelum mereka merambah dunia kerja.

Karena pandemi, tahun ini dirayakan berbeda dengan tahun sebelumnya. Menkeu Sri Mulyani dalam sambutananya berpesan agar momen pandemi COVID-19 ini dijadikan sebagai pembelajaran bagi wisudawan untuk bisa beradaptasi di masa mendatang. “Pandemi Covid-19 memaksa kita bertukar informasi, memberikan pelajaran yang luar biasa, kita diberikan tantangan dan dipaksa berubah,” ujar Menkeu Sri Mulyani dalam sambuatannya dihadapan wisudawan pada Rabu (14/10/2020), di Jakarta.

.
Lebih lanjut, Menkeu menyampaikan penringnya akemampuan untuk memiliki daya juang, daya tahan, berinovasi. Sesuai tema Wisuda “Tau Ratangga Mamimpin Bonar Anabye Adia” yang berasal dari bahasa beragam suku di Indonesia, Menkeu mengharapkan para wisudawan yang selanjutnya akan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), jika nantinya menjadi pemimpin, diharapkan menjadi pemimpin bangsa yang kuat, jujur, berbudi baik, dan adil serta memiliki wawasan kebangsaan.

Ditambahkan , setiap lulusan PKN STAN akan menghadapi tantangan berat dalam mengelola keuangan negara. Bahkan pada tahun ini, tantangan wisudawan menjadi semakin sulit karena adanya pandemi Covid-19. “Dalam suasana pandemi Covid, kalian yang nanti akan menekuni bidang keuangan negara, tantangan akan semakin besar. Walaupun kita sudah bekerja memberikan yang terbaik, tapi tidak selalu dihadapkan pada situasi yang selalu baik,” ungkapnya.

Dikatakan, Kementerian Keuangan menghadapi tantangan berat untuk menjaga keuangan negara sejak terjadi pandemi Covid-19. Tantangan itu, terutama terlihat pada APBN yang harus mengalami beberapa penyesuaian akibat wabah atau pandemi ini.

Sejak tahun lalu, lanjutnya, pemerintah telah merancang APBN 2020 secara sehat dengan tekad mengumpulkan pajak, menjaga belanja negara, dan menjaga utang negara. Namun, pandemi Covid-19 memberikan tantangan berat sehingga pemerintah harus mengubah seluruh rencana pengelolaan APBN tahun ini.

Dalam kondisi ini, menurutnya, insting pertama yang harus dimiliki pegawai Kemenkeu adalah bagaimana melindungi masyarakat dari dampak pandemi. Dengan instrumen fiskal, pemerintah ingin dan berupaya menjaga masyarakat tetap bisa produktif walaupun di tengah pandemi Covid-19. “Tantangan ini kita jawab dengan bekerja, berpikir, mencari solusi, berpikir kritis. Tidak berprasangka, apalagi mencari-cari kesalahan,”ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Menteri Sri Mulyani Indrawati juga sempat berdialog dengan beberapa lulusan terbaik PKN STAN 2020. Setelah berdialog, dia juga meminta semua wisudawan PKN STAN tetap mengedepankan integritas untuk negara dan rakyat. Apalagi, pendidikan mereka ini juga dibiayai menggunakan uang negara.

Tanggungjawab Besar

Menurutnya, bekerja di bidang keuangan negara memiliki tanggung jawab besar menjaga uang negara, sehingga tidak boleh tergelincir karena godaan. Dia juga mengingatkan para lulusan PKN STAN yang mungkin nanti akan menemui uang suap pada masa mendatang. Dalam hal ini, dia meminta semua lulusan PKN STAN dan pegawai Kemenkeu selalu jujur dan berintegritas.

“Anda dididik di PKN STAN dengan uang negara yang dikumpulkan dari masyarakat, mulai dari pajak, bea dan cukai, penerimaan negara lainnya. Anda dengan demikian telah menikmati uang negara. Saya senang tadi semua yang dididik berkomitmen untuk menyumbangkan yang terbaik bagi negara. Lulusan terbaik tidak menjamin, di sinilah pentingnya untuk selalu menjaga integritas dan komitmen untuk menyumbangkan yang terbaik bagi negara,” tandasnya. (AC)

BACA JUGA

Leave a Comment