Jakarta, ItWorks- Sebagai leading digital telco company dengan jumlah pelanggan saat ini lebih dari 177 juta, Telkomsel tak henti terus menghadirkan terobosan dan inovasi baru untuk pelanggan. Tak terkecuali solusi dan inovasi bagi pelanggan di tengah pandemi Covid-19 untuk mendukung produktivitas dan penyesuaian kerja secara fleksibel di era new normal dengan dukungan teknologi digital.
Inovasi dan solusi baru dihadirkan, baik untuk pelanggan perorangan (individu) maupun kalangan bisnis /enterprise (corporate), termasuk bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar mereka tetap bisa produktif di tengah pandemi covid-19 ini.
Beberapa inovasi yang dihadirkan seperti layanan internet dan paket data untuk memenuhi kebutuhan konektivitas dari rumah (connectivity demand from home), terutama untuk menunjang aktivitas kerja (work from home), belajar online, dan lainnya yang mengandalkan jaringan internet. Beberapa inovasi produk layanan baru juga hadirkan, seperti Telkomsel Orbit, myenterprise, cloudx meeting, dan beberapa lainnya, termasuk juga mengenalkan aplikassi baru- DigiPOSAja ! Mobile Application.
Hal ini terungkap dari presentasi dan paparan dari Tim Telkomsel di ajang penjurian “Top Digital Awards 2020” yang berlangsung Jumat (06/11) sore secara virtual melalui video conference. Kegiatan corporate rating bidang TI & Telco ini dihelat oleh Majalah ItWorks bekerjasama dengan Konsultan Independent, dan didukung sejumlah Asosiasi TI & TELCO Indonesia, seperti Mastel, Aspiluki, Apkomindo, Asosiasi Cloud Computing Indonesia, dan lainnya.
Presentasi dari Telkomsel disampaikan tim terdiri: Kristian WA Nugroho (Business Manager to Director IT), Deasy Apriani ( Manager Corporate Reputation ), Nana D Arianti (Manager Enterprise IT Business Partner), Muhammad Rayhan (GM IT Solution Architect), Tommy G Tanjung (Manager Digital IT Business Partner), dan Hafizh Hasrindra (Staff OSS & Office Automation).
Sedangkan tim dewan juri antara lain: Garuda Sugardo (Dewan TIK Nasional/ WanTIKnas), Ashwin Sasongko (Peneliti LIPI), Melani Harriman (Melani K Harriman Associate), Nurul Yakin Setyabudi (Indonesia Telecommunication User Group/ IDTUG), serta Febrizal Effendi (Asosiasi Piranti Lunak Indonesia/ ASPILUKI).
Kristian WA Nugroho (Business Manager to Director IT), mengungkapkan sejak terjadi pandemi Covid-19, Telkomsel terus berupaya keras dan proaktif untuk berperan sebagai connectivity enabler dan digital solution bagi masyarakat luas. Terutam mengahdirkan solousi digitak di saat pertemuan fisik menjadi terhalang. Telkomsel mengupayakan agar aktivitas digital berjalan lancar dengan meningkatkan kapasitas dan keandalkan konektivitas jaringan. Selain itu, perusahaan juga menghadirkan inovasi aplikasi pendukung, baik untuk pelanggan individu maupun corporate (perusahaan).
“Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendorong produktivitas masyarakat dan juga karyawan dalam menjalankan aktivitas kerja di mana saja dan kapan saja secara digital dalam menghadapi berbagai situasi dan kondisi yang ada,” ujarnya.

Di awal pandemi Covid -19 dan kenormalan baru yang membuat kebutuhan internet kian meningkat, perusahaan menghadirkan produk layanan – Telkomsel Orbit. Telkomsel Orbit merupakan solusi internet rumah serba digital berbasis jaringan 4G LTE dengan menggunakan perangkat modem wifi dan paket data yang tidak mengharuskan pelanggan untuk berlangganan.
Selain itu, untuk mendukung aktivitas dari rumah, baik belajar maupun bekerja (WFH), Telkomsel juga menghadirkan solusi melalui (CloudX Meeting). Teutama untuk mendukung adanya peningkatan kebutuhan untuk virtul meeting, video conference, dan sejensnya. Solusi ini dapat diakses secara fleksibel dari berbagai macam device, mulai dari desktop, perangkat mobile hingga laptop. Dengan demikian produktivitas tetap terjaga walaupun harus bekerja atau belajar dari rumah.
Untuk pelaku usaha, Telkomsel melalui unit bisnis Telkomsel myBusiness juga menghadirkan inovasi baru pada platform myenterprise sebagai solusi bagi pelanggan segmen korporasi (enterprise) atau business-to-business (B2B). Hadir dengan format self-service platform, layanan myenterprise memberikan kemudahan bagi pelanggan korporasi untuk mengakses berbagai produk solusi bisnis yang ditawarkan Telkomsel.
“Solusi ini merupakan salah satu bentuk komitmen perusahaan untuk terus memperkuat prinsip customer-centric yang lebih menyeluruh, termasuk dalam memenuhi kebutuhan soluisi bisnis berbasis digital di saat pandemi ini dengan menghadirkan inobasoi baru untuk mendukung operasional pelanggan ,” ungkap Nana D Arianti (Manager Enterprise IT Business Partner), menjawab pertanyaan dari Juri, Garuda Sugardo.
Ditambahkan, layanan myenterprise menjadi pusat pelayanan terpadu dari unit Telkomsel myBusiness yang merupakan unit layanan penyedia berbagai solusi bisnis untuk segmen bisnis dan korporasi di berbagai sektor bisnis hingga institusi pemerintahan. Selain melayani pembelian produk, myenterprise juga melayani konsultasi dan menjawab berbagai pertanyaan dari pelanggan melalui fitur chat yang akan memberikan rekomendasi solusi layanan terbaik sesuai dengan karakter dan kebutuhan bisnis pelanggan korporasi.
Untuk segmen korporasi, Telkomsel juga menghadirkan berbagai solusi digital berbasis internet of things (IoT) untuk mengakselerasi modernisasi dan digitalisasi lintas industri, mulai dari korporasi, Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM), hingga institusi Pemerintahan, dengan komitmen untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 melalui penerapan transformasi digital yang tepat guna.
Tak hanya terkait layanan eksternal, di internal Telkomsel juga terus melakukan inovasi baru untuk peningkatan sistem manajemen. Seperti peningkatan sistem ERP, CRM, HR (One Stop Employee Self-Service Apps), big data dan lainnya untuk peningkatan kapabilitas dan kemampuan dalam menggarap peluang-peluang bisnis baru di masa depan, termasuk tren e-commerced dan keuangan digital.
“Kami berharap, inovasi solusi di yang kami hadirkan dapat mengakselerasikan digitalilasi untuk berbagai kalangan, baik di korporasi maupun pemerintahan secara menyeluruh dan berkelanjutan. Terlebih, banyak bisnis dan instansi yang tengah melakukan penyesuaian di tengah masa yang penuh tantangan seperti sekarang ini agar kegiatan operasionalnya dapat terus berjalan secara efektif dan efisien. Telkomsel berkomitmen untuk terus mendukung adopsi teknologi digital secara holistic kepada semua pelanggan,” tandas Kristian WA Nugroho.
Saat ini Telkomsel telah hadir melayani pelanggan dengan infrastruktur jaringan lebih dari 209.000 BTS yang menjangkau lebih dari 95% wilayah populasi Indonesia, hingga ke wilayah terdalam, pulau terdepan, dan wilayah perbatasan negara. Sejak berdiri, 25 tahun silam, Telkomsel konsisten menjadi yang pertama dalam mengimplementasikan teknologi telekomunikasi terdepan, mulai dari menjadi pelopor teknologi GSM berbasis 2G sebagai dasar awal pengembangan industri telekomunikasi di Indonesia, hingga pemanfaatan teknologi mobile broadband mulai dari 3G dan 4G LTE sebagai pengembangan lebih lanjut akses telekomunikasi pendukung gaya hidup digital, hingga uji coba teknologi 5G pertama di Indonesia.
Berbekal infrastruktur jaringan terdepan tersebut, Telkomsel bertekad terus melangkah dengan mengembangkan berbagai Layanan Digital untuk mengakselerasi ekosistem digital untuk memberdayakan masyarakat di tanah Air. (AC)