DANA Perbarui Fitur DANA Bisnis, untuk Mempercepat Digitalisasi UMKM

Penulis Teguh Suyudi

DANA, Dompet digital Indonesia, terus mendorong pelaku usaha, khususnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mengadopsi teknologi digital melalui pengembangan fitur DANA Bisnis, melakukan pendampingan serta membantu promosi. 

Mengawali tahun 2021, DANA kembali melakukan pembaruan pada fitur DANA Bisnis. Pengembangan fitur ini bukan saja untuk semakin memudahkan pengguna, tetapi juga guna menarik lebih banyak UMKM untuk bergabung.     

 “Digitalisasi adalah sebuah keniscayaan bagi pelaku usaha termasuk UMKM untuk bisa beradaptasi dengan dinamika yang terjadi. Sebagai sahabat UMKM, DANA berkomitmen dan terus mendorong UMKM untuk mengadopsi teknologi digital melalui tiga cara yang kami sebut 3D, yaitu selain diakomodasi dan diakselerasi oleh ‘DANA Bisnis’, para UMKM juga ‘Didampingi’, dan ‘Dipromosikan’ oleh DANA,” ,” ujar Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA, dalam siaran pers, 13/01/2021.

Baca: Permudah Transaksi Konsultasi Kesehatan Digital, KlikDokter Gandeng DANA

“Melalui pembaruan fitur DANA Bisnis, kami berharap semakin banyak UMKM yang memanfaatkan fitur ini untuk meningkatkan kapabilitas dan daya saing mereka,” tambahnya.

Dengan adanya pembaruan pada fitur DANA Bisnis, pelaku usaha atau merchant dapat membuat tautan pembayaran secara mudah untuk dibagikan ke multiplatform chat seperti Instagram, Whatsapp, Line, dan lainnya. Sementara dari sisi pembeli dapat membayar memakai tautan menggunakan DANA dan juga virtual cccount, jika bukan pengguna DANA.

DANA Bisnis yang diluncurkan pada 2019 merupakan fitur yang ditujukan untuk pemilik usaha yang memiliki bisnis online maupun offline. Keunggulannya, pelaku usaha dapat menerima pembayaran lewat berbagai jenis dompet digital yang memiliki QRIS tanpa biaya transaksi sehingga juga memudahkan konsumen, mitra DANA Bisnis dapat menerima pembayaran maupun melakukan penarikan dana secara langsung (real time) maupun memperoleh laporan transaksi terkini, adanya pendampingan melalui video edukasi bersertifikat dan promosi UMKM melalui fitur nearby di aplikasi DANA.

Untuk mendaftar ke DANA Bisnis, pengguna DANA cukup mendaftar dan melengkapi profil usahanya yang dilengkapi alamat dan foto toko atau produk tanpa harus mengeluarkan biaya pendaftaran maupun administrasi lainnya. Apabila persyaratan tersebut terpenuhi, dalam waktu 2×24 jam, pelaku usaha sudah bisa menggunakan akun DANA Bisnis-nya untuk menjangkau lebih banyak konsumen dalam transaksi digital.

Saat ini, sudah ada 200.000 pemilik usaha yang memanfaatkan DANA Bisnis untuk mengembangkan bisnisnya.  Sebagian besar mitra DANA bisnis berada di Jabodetabek, Surabaya, dan Medan. Sebagian besar mitra DANA Bisnis itu bergerak di bidang makanan dan minuman, pakaian, dan telekomunikasi.

Baca: Tingkatkan Keamanan, DANA Perluas Penggunaan Fitur Face Login

BACA JUGA

Leave a Comment