Penulis: Nurdian Akhmad
Sejak pandemii covid-19 melanda Indonesia awal tahun lalu, PT Bussan Auto Finance (BAF) gencar melakukan digitalisasi dalam kegiatan operasional dan layanan perusahaan. Ada beberapa solusi digital unggulan yang dikembangkan dan diaplikasikan BAF, sehingga perusahaan tetap bertahan dan melaju di tengah pandemi.
Satu solusi digital unggulan itu adalah Sandia. Aplikasi yang dikembangkan developer internal ini mulai diimplementasikan BAF pada April 2020. “Aplikasi ini digunakan oleh sales BAF untuk melakukan input data order dan monitor status order,” ujar Enrico, IT Digital Product Owner Head BAF dalam presentasi penjurian TOP DIGITAL Awards 2021 yang dilakukan secara virtual, Selasa (16/11/2021).
Dalam sesi presentasi tersebut, Enrico didampingi Ivandy Lianto (IT Infrastructure Specialist) dam P Vienadici (Marketing Communication & Branding) BAF. Bertahan Sambil Melaju di Pandemi. Tim IT BAF membawakan materi presentasi berjudul Bertahan Sambil Melaju di Pandemi.
Beberapa fitur unggulan Sandia adalah validasi handphone konsumen, validasi email konsumen, terintegrasi dengan decision support system. “Di decision support system inilah yang nantinya akan me-reject atau meng-approve aplikasi yang diajukan sales,” kata Enrico yang akrab disapa Rico.
Sandia ini tidak hanya digunakan oleh sales di lapangan, tapi juga partner, agent, dan merchant BAF. “Contoh ada dealer yang cukup mature menggunakan aplikasi, kita tawarkan Sandia ini supaya tidak susah lagi mengetahui order mereka. Mereka juga bisa input order sendiri,” ujarnya.
Implementasi Sandia berdampak positif bagi perusahaan, karena mempermudah sales untuk melakukan penginputan order. Selain itu juga mempermudah sales leader dalam memonitor tim dan performance karena semua tercatat, serta ada audit trail. “Misal order ini kenapa dicancel, itu bisa kita lihat di audit trail Sandia,” ucap Rico.
Selain Sandia, BAF juga memiliki aplikasi BAF Mobile yang merupakan solusi bisnis untuk konsumen. Awalnya, aplikasi tersebut dibuat pihak eksternal pada Agustus 2016, tapi sejak awal 2021 dikembangkan ulang oleh IT internal BAF.
“BAF Mobile hadir untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan layanan bagi BAF Friends (konsumen BAF) dalam mengajukan pembiayaan. Selain dapat diakses di manapun dan kapan pun, BAF Mobile akan memberikan layanan branchless dan berbagai promo,” ujar Rico.
Fitur unggulan BAF Mobile ini antara lain pengajuan dan simulasi pembiayaan, pengecekan nomor kontak, informasi produk dan promo terbaru, simulasi pembiayaan, dokumen perjanjian pembiayaan, BAF Care, serta Loyalty point.
“Manfaat untuk perusahaan adalah touchpoint dengan pelanggan, self service konsumen untuk efisiensi. Misalnya booking untuk pengambilan BPKB, kemudian download dokumen perjanjian itu akan efisiensi karena tidak lewat cabang, konsumen cukupa lewat BAF Mobile,” tuturnya.
Solusi bisnis yang juga diimplementasikan BAF pada masa pandemi ini adalah Microsoft Teams. Aplikasi tersebut sebenarnya sudah digunakan perusahaan pada Oktober 2019. “Ini adalah aplikasi kolaborasi untuk membantu karyawan agar tetap saling terhubung dalam komunikasi antarteam,” kata dia.
Beberapa fitur unggulan dari Microsoft Team ini adalah rapat secara online, ada fungsi komunikasi/chat, penyimpanan dokumen pada sharepoint online, dam teams Webinar. “Aplikasi ini mempermudah karyawan untuk melakukan komunikasi antarteam serta meningkatkan kolaborasi dan produktivitas karyawan saat WFH,” ujar Rico.
Infrasturktur dan Keamanan IT
Keberhasilan implementasi IT di internal perusahaan didukung pula oleh infrastruktur IT yang mupuni karena sudah menggunakan VPN dan Hyperconverged Infrastructur (HCI). Dari sisi keamanan sistemnya juga terlindungi karena menggunakan multifactor authentication (MFA) dan Intrusion Prevention System (IPS).
“Di era saat ini, user banyak bekerja di luar kantor sehingga risk-nya juga tinggi. Model pasword saja sudah tidak cukup, apalagi untuk level enterprise seperti bank. Sebab itu, kami inisiatif meningkatkan cyber security dengan MFA untuk mengamankan account karyawan agar terhindar dari kebocoran password atau serangan malware. Sedangkan IPS untuk mendeteksi ancaman jaringan dan anomali dalam jaringan,” paparnya.
BAF juga sudah mengimplementasikan Cloud untuk penggunaan Microsoft 365 dan salesforce CRM.
BAF merupakan perusahaan pembiayaan dengan aktivitas bisnis antara lain pembiayaan motor baru Yamaha, BAF Dana Syariah, pembiayaan elektronik, gadget dan furniture, pembiayaan mobil bekas dan pembiayaan mesin pertanian. Perusahaan yang didirikan pada 1997 ini memiliki total aset Rp 12 triliun per Desember 2020.