Penulis: Mi’roji
PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk atau “CENT” merupakan group perusahaan yang menyediakan infrastruktur menara dan DAS (distributed antenna systems) untuk jaringan seluler, serta layanan fiberized broadband internet. Centratama Group memiliki visi menjadi penyedia infrastruktur dan broadband terkemuka di industri teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia.
“Saat ini kami di posisi ketiga perusahaan terkemuka di bidang kami. Kami berkomitmen untuk membangun Infrastruktur yang paling efisien dan berkualitas melalui perencanaan jaringan dan manajemen proyek yang tepat dan terus meinigkatkan layanan produk kami,” ujar Yan Raymond selaku President Director PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk saat sesi penjurian TOP Digital Awards 2021 secara online oleh Majalah It Works, Senin (15/11/2021).
Untuk mewujudkan visi misi tersebut, pemanfaatan IT menjadi salah satu solusinya. Karena itu digital cuture bagi setiap proses dan segenap insan Centratama Group menjadi keniscayaan.
“Kebijakan TI Centratama Group dinilai sebagai investasi berdasarkan kebutuhan perusahaan dan rencana pengembangan serta inisiatif TI. Kami juga menerapkan digital culture dengan mengembangkan aplikasi untuk menghilangkan proses manual dan integrasi data untuk menghindari kesalahan manusia,” kata Yan Raymond.
Selain itu penanaman nilai-nilai perusahaan juga tak kalah pentingnya, yaitu “CENT” atau singkatan dari Customer First, Enabling the Excellence, Noble Thoughts dan Teamwork as One Family.
“Kami fokus dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang positif. Kami percaya bahwa pelanggan adalah mitra kami dalam menciptakan nilai,” terang Yan Raymond.
Berikut beberapa yang dikembangkan Centratama Group dan diimplementasikan untuk internal perusahaan:
- eTravel, dikembangkan secara internal aplikasi ini digunakan untuk memvalidasi persetujuan perjalanan resmi. Dalam aplikasi ini terdapat fitur Permintaan dan persetujuan perjalanan bisnis serta Laporan pertanggungjawaban perjalanan bisnis.
“Manfaat dari aplikasi ini adalah tanpa menggunakan kertas dan proses persetujuan jadi lebih cepat,” ujar Setyo Wibowo selaku IT Department Head Centratama Group. - HC Portal, dikembangkan secara internal aplikasi ini digunakan untuk untuk dokumentasi terkait karyawan dengan fitur; Permintaan tenaga kerja, Proposal perpanjangan kontrak dan Basis data profil pekerjaan.
- KPI-Andal. KPI-Andal merupakan aplikasi untuk Manajemen Kinerja.
“Dalam aplikasi ini terdapat fitur Pengaturan dan distribusi KPI, Pelacakan Pencapaian KPI dan Penilaian Kinerja,” terang Setyo Wibowo. - eMS (electronic Manage Services), merupakan aplikasi untuk memelihara situs/aset milik perusahaan, seperti Pencegahan dan Perbaikan.
- eMeMo (electronic Memorandum). “Aplikasi ini digunakan untuk proses persetujuan dokumen antar departemen/divisi dan juga manajemen,” tutur Setyo Wibowo.